June 18, 2021
Manfaat Garam

15 Manfaat Garam Untuk Kebersihan Rumah

15 Manfaat Garam Untuk Kebersihan Rumah – Berikut beberapa manfaat garam untuk bersihkan perlengkapan sekitaran rumah.

 

Baca juga: Manfaat lobak putih

 

  1. Bersihkan vas bunga

Sesudah serangkaian bunga layu, terkadang sisa air pengendapan bunga dapat tinggalkan tapak jejak sisa lusuh di dasar vas yang tidak lezat dilihat mata. Langkahnya: Gosokkan garam ke semua dinding sisi dalam vas, lalu bersihkan sama air sabun. Bila tangan Anda tidak muat untuk masuk ke, penuhi vas sama air garam, kocok bersih atau gosok dengan sikat botol, selanjutnya basuh bersih.

  1. Bersihkan furniture

Furniture anyaman rotan dapat lapuk dan menguning bila didiamkan tahunan di bawah cahaya matahari dan pencemaran. Untuk jaga keawetan furniture anyaman Anda, gosok dengan sikat kaku yang telah di celupkan lebih dahulu ke air garam hangat. Selanjutnya, keringkan di bawah cahaya matahari. Kerjakan ini satu tahun sekali atau 2 tahun sekali.

Langkah di atas bisa juga Anda aplikasikan untuk memiara usia furniture kayu yang ketumpahan kuah atau air panas. Untuk mengusung sisa embun gelas di atas furniture kayu, racik pasta dari 1 sendok teh garam dan setetes-dua tetes air. Gosok permukaan furniture kayu yang bernoda di sekitar cetakan lingkaran sisa gelas dengan waslap halus atau spons bersihkan piring sampai sisanya lenyap. Lapisi furniture kayu Anda dengan polish baru.

  1. Bersihkan karpet

Terkadang, bintik makanan seperti kuah, kopi, atau red wine, dapat ketinggalan bandel di karpet tidak perduli berapa keras kita telah menggosoknya. Ini langkah bersihkan bintik di karpet dengan garam:

Curahan kuah sup atau semur: Tutupi curahan bintik dengan garam. Ini berperan untuk menahan bintik merembes ke semua arah. Selanjutnya, turuti panduan bersihkan karpet sama sesuai perintah.

Curahan minyak: Racik larutan garam dan alkohol dengan perbedaan 1:4. Celupkan kain bersih ke larutan dan gosok bintik sisa minyak kuat-kuat dengan ikuti arah jalur bulu-bulu karpet. Selanjutnya basuh sama air.

Curahan red wine: Segera usap dan keringkan tersisa red wine yang menggenang di atas karpet, dan tabur tempat karpet yang bernoda dengan garam. Biarkan 15 menit. Garam selanjutnya akan berbeda warna jadi pink, karena meresap tersisa cairan yang ada pada serat karpet. Sesudahnya, gosok tersisa bintik dengan larutan 1/3 cangkir cuka putih dan 2/3 air.

 

Baca juga: Mungkinkah Beli Rumah Tanpa Hutang ?

 

  1. Bersihkan bintik kopi dan teh di cangkir

Cangkir kopi kecintaan akan cepat lusuh berbeda warna, dan bisa saja tetap, bila Anda tidak tahu langkah menjaganya. Coba membersihkan cangkir dengan trick satu ini: Buat ramuan pasta dari setetes sabun bersihkan piring yang digabung garam. Bersihkan gelas seperti umumnya, dan keringkan. Bila bintik bandel, campur cuka putih dengan garam dengan perbedaan 1:1, dan gosok cangkir dengan spons.

  1. Singkirkan berbau apek dalam sepatu

Sepatu kets dan kanvas semakin lama dapat keluarkan wewangian tidak lezat bila terus menerus digunakan tanpa pernah dicuci sekalinya, terlebih bila Anda tak pernah gunakan kaos kaki saat menggunakannya. Singkirkan Pemicu Berbau Kaki Tidak Lezat (dan Langkah Menyingkirkannya) malu-maluin itu dengan menaburkan sedikit garam di sol dalam sepatu Anda.

  1. Bersihkan teflon (skillet cast-iron)

Teflon besi akan gampang karatan bila Anda mencucuinya sama air. Ini langkah bersihkan teflon besi yang betul: Setelah usai masak, tuang ¼ cangkir garam ke wajan yang panas dan gosok dengan sikat kawat kaku. Lap dengan bersih, selanjutnya lapisi wajan dengan minyak mijek atau minyak sayur saat sebelum tersimpan kembali. Tetapi, tidak boleh bersihkan penggorengan antilengket dengan langkah ini karena sikat kawat dapat menggores lapisannya.

  1. Bersihkan kulkas

Manfaat garam tidak hanya untuk membumbui bahan makanan yang Anda taruh dalam kulkas, tetapi bisa juga untuk bersihkan almari pendingin tersebut. Sesudah keluarkan seisi kulkas, campur satu genggam garam dalam 3,5 ltr air hangat. Pakai spons yang direndam air garam untuk bersihkan sisi dalam kulkas. Larutan air garam ini tidak memiliki sifat keras, hingga tidak menggores susunan kulkas.

  1. Menahan cipratan minyak goreng

Untuk beberapa rumah tangga, tidak ada keadaan yang lebih menakutkan dari zone perang selainnya bertanding menghindar cipratan minyak saat menggoreng makanan. Dan terkadang, cipratan bukti perang ini tercetak terang pada dinding dapur dan permukaan kompor. Lain waktu, tambah sedikit taburan garam ke minyak goreng di wajan sesaat akan menggoreng makanan yang rawan nyiprat.

 

Suka dengan artikel seperti ini? Simak lebih lengkap di sini https://kozukimomo.blogspot.com/

 

  1. Mengurangi karat

Beberapa barang yang dibuat dari besi tidak lepas dari karat mengganngu. Untuk menanganinya, celupkan waslap bersih ke larutan perasan jeruk nipis dan secubit garam, selanjutnya gosok pas di tempat yang berkarat.

  1. Bersihkan piringan besi alat setrika

Tidak perduli berapa tekunnya Anda menyetrika pakaian, terkadang ada endapan baju yang menetes dan melekat bandel di atas besinya. Di sini Anda dapat memetik satu kembali manfaat garam sebagai pencuci perkakas rumah tangga. Pertama, panasi setrikaan. Gelar potongan kertas koran di atas papan setrika dan taburi garam di atasnya. Selanjutnya, gosok setrikaan panas di atas garam itu sampai kotoran yang melekat di besinya tergerus habis.

  1. Bersihkan bintik makanan di pakaian

Bintik minyak atau sauce di pakaian terkadang dapat susah untuk di hilangkan. Jalan keluarnya, taburi garam di atas bintik untuk meresap minyak tersisa dan menahan bintik makin merembes ke semua arah. Sesampai di dalam rumah, bersihkan pakaian seperti umumnya.

  1. Hilangkan bintik keringat kuning di ketiak

Bintik keringat kuning di ketiak pakaian bukan panorama yang lezat dilihat mata. Untuk menangani ini, campurkan 4 sendok makan garam dalam 1 ltr air panas. Rendam baju di air garam dan diamkan sesaat sampai nodanya terangkut.

  1. Menahan benalu tumbuh semakin liar

Benalu rumput yang tumbuh liar di pekarangan rumah dapat benar-benar susah untuk diberantas. Tetapi Anda dapat manfaatkan garam untuk menangani ini. Campurkan 1 cangkir garam di dalam 1 cangkir air, dan rebus. Selanjutnya tuangkan air garam panas itu pas di atas benalu untuk membasminya. Alternative lain, cukup taburi garam pas di atas benalu atau rumput liar yang tumbuh di antara batu atau patio pekarangan Anda. Siram sama air atau nantikan hujan turun.

  1. Bersihkan drainase air yang mampet rambut

Aliran air yang mampet sisa busa shampo, sabun, dan rambut rontok tidak cuma menjijikkan, tetapi lama-lama dapat menggenangi kamar mandi Anda bila tidak dibikin bersih secara baik. Jalan keluarnya, campurkan 1 cangkir garam dan 1 cangkir baking soda dalam 1/2 cangkir cuka, selanjutnya tuangkan larutan itu pas di atas gumpalan sampah itu. Nantikan 10 menit, sesudahnya siram dengan 2 ltr air panas. Membuka keran air hingga air dapat mengucur dengan bebas.