October 27, 2020
4 Cara Menambah Berat Badan Bayi Lahir Rendah

4 Cara Menambah Berat Badan Bayi Lahir Rendah

Berat bayi lahir rendah atau BBLR terjadi karena berbagai faktor. Salah satunya adalah faktor bawaan dari bayi tersebut dan juga karena kondisi kesehatan ibu. Bayi prematur juga bisa masuk ke dalam BBLR. Meski demikian, bayi yang lahir dengan berat badan rendah masih bisa diatasi. Salah satunya adalah pemberian air susu ibu atau ASI dan juga susu formula apabila perlu.

Upaya untuk Menambah Berat pada Bayi Baru Lahir

Bayi prematur setelah lahir akan dimasukkan ke inkubator beberapa saat hingga kondisinya dan juga kondisi ibu sudah stabil. Inkubator merupakan alat yang diatur agar sama dengan kematangan rahim ibu. Setelah keluar dari inkubator, ada beberapa upaya yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan berat badan bayi Anda, antara lain:

1.     Menjaga Waktu Tidur Bayi

Tidur dapat memicu berat badan bayi, karena saat tidur, pembakaran kalori menjadi lambat. Begitu pula dengan bayi. Jadwal tidur bayi yang berusia 0-13 bulan adalah selama 14-17 jam sehari. Oleh karena itu, sebisa mungkin dengan pasangan, Anda sebaiknya menjaga waktu tidur bayi.

Berilah ASI atau susu formula yang disarankan dokter setiap dua hingga tiga jam sekali. Jika bayi merasa kenyang, tidurnya pun akan lebih pulas. Penunjang tidur lain adalah berilah bayi Anda pakaian yang nyaman dengan bahan lembut. Agar bayi Anda tetap rileks, sesekali pijatlah dengan lembut sehingga bayi akan lebih tertidul pulas.

2.     Konsumsi Makanan Bergizi untuk ASI

Untuk menambah berat pada berat bayi lahir rendah , Anda juga perlu untuk makan makanan bergizi agar ASI yang dihasilkan terjamin dan mengandung nutrisi. Kesehatan ibu akan mempengaruhi ASI yang ibu berikan pada anak.

Menambah ASI tidak hanya masalah makanan, tetapi Anda juga tetap harus beristirahat. Selain itu, kesehatan emosi dan mental ibu ketika menyusui juga penting dalam memberikan ASI.

3.     Perbanyak Menyusui

Agar bayi gemuk, pemberian ASI harus banyak. Tetapi, terkadang ASI ibu sangat terbatas. Jika terbatas, maka supplemen tambahan adalah menggunakan susu formula. Konsultasikanlah terlebih dahulu dengan dokter Anda mengenai tambahan susu formula.

Memberikan ASI atau susu formula akan membuat berat badan bayi cepat naik. Meski demikian, Anda harus tetap membatasi kapan susu diberikan.

4.     Konsultasi Laktasi

Cara yang lain untuk mengatasi BBLR adalah Anda berkonsultasi mengenai laktasi. Konsultasi ini untuk menanyakan mengenai seputar produksi ASI, bagaimana cara menyusui yang nyaman dan benar, serta kapan memberikan ASI yang tepat.

Mengatasi berat bayi lahir rendah akibat prematur sebaiknya dilakukan secara teliti dan disiplin. Kesehatan bayi prematur lebih rentan dibandingkan bayi yang lahir normal. Menjaga kesehatan ini tidak hanya untuk bayi, tetapi juga orang tua baik ayah maupun ibunya.