July 1, 2022

4 Destinasi Wisata Kearifan Lokal di Bangka Belitung

Wisata Bangka Belitung

 

4 Destinasi yang Kaya Akan Kearifan Lokal di Bangka Belitung

Paket tour Belitung dapat Anda pesan jika berkeliling Indonesia. Negeri Indonesia kaya akan potensi alamnya yang melimpah ruah. Tidak jarang bahkan potensinya dijadikan sebagai objek wisata bagi wisawatan. 

Salah satu contohnya adalah hutan yang dilestarikan. Pelestarian hutan sebagai bentuk peduli dari masyarakat terhadap lingkungan dan bumi tempat tinggal manusia. Banyaknya polusi membuat rakyat harus semakin peduli dengan alamnya.

Keasrian dan kesejukan dari hutan yang di dalamnya terdapat banyak pepohon memberikan kerinduan. Berbeda dengan masyarakat yang tinggal di desa, masyarakat perkotaan tentunya merindukan kesejukan udara yang bersih dari polusi.

Namun, semenjak dijadikan sebagai objek wisata. Hal ini memberikan solusi kepada masyarakat yang ingin menghirup udara dari alam. Sekaligus sebagai wujud pentingnya eksistensi pepohonan bagi bumi.

Objek Wisata Hutan Ini Masih Alami di Bangka Belitung 

Wisata Bangka Belitung tidak hanya terkenal dari pantai ataupun danaunya saja. Tapi juga memiliki wisata hutan yang asri dengan kesejukan udaranya. Anda bisa menggunakan paket tour Belitung untuk ke lokasinya.

  1. Hutan Juru Seberang 

Hutan ini awalnya merupakan tambang timah yang sudah tidak terpakai. Kemudian diubah menjadi lokasi wisata terbaru dari Bangka Belitung yang sering dikunjungi untuk kegiatan Paket Wisata Belitung sebagai bentuk kepedulian masyarakat terhadap pepohonan.

Saat ini Kawasan tersebut masih menjadi fokus budidaya bibit kerapu, kepiting, dan udang. Kegiatan ini direalisasikan sebagai bentuk kesiapan Negara Indonesia agar memiliki destinasi yang berbasis kearifan lokal dengan perekonomiannya. 

  1. Bukit Pinteir 

Lokasinya berada di Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung. Dalam proses pembuatan wisatanya, masyarakat tergabung dalam Gempita (Gerakan Masyarakat Peduli Wisata). Hal ini mendorong partisipasi masyarakat lain untuk peduli lingkungan.

  1. Pepohonan Besar di Bukit Peradong 

Paradong berasal dari nama pohon yang dulunya didominasi di sana. Karena pohonnya  banyak dan besar membuat lokasi ini dinamakan Hutan Peradong. Lokasinya berada di Kecamatan Simpang, Kabupaten Bangka Barat.

  1. Hutan Mangrove

Pohon mangrove berguna untuk bidang perikanan dan mencegah terjadinya erosi pantai. Namun saat ini, hutan mangrove dijadikan destinasi wisata oleh masyarakat dan pemerintah dalam melestarikan lingkungan. 

Hutan mangrove berlokasi di Desa Kurau Barat, Kecamatan Namang, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung. Destinasi Wisata ini sudah resmi untuk dikunjungi oleh wisatawan dari luar daerah maupun mancanegara.

Untuk menyusuri hutan mangrove, pengunjung harus menaiki sebuah perahu karena lokasinya masih sangat asri. Ketika pengunjung datang, akan diarahkan oleh pemandu wisata yang berada di sana. 

Lokasinya masih sangat asri membuat pengunjung dengan mudah melihat binatang-binatang di sekelilingnya. Melihat tingkah laku binatang secara langsung di alamnya memberikan sensasi berbeda ketika berada di kebun binatang.

Untuk datang ke empat destinasi tersebut, Anda tidak perlu mengambil paket liburan untuk menginap. Karena lokasinya merupakan hutan asli sehingga Anda bisa menggunakan memakai Paket Tour Belitung tanpa hotel. 

Keyword: Paket tour Belitung

Deskripsi: Menikmati keaslian ekosistem hutan dengan menggunakan paket tour Belitung dan merasakan kesejukan udaranya.