January 27, 2023
5 Ciri Kopi Robusta yang Banyak Diminati

5 Ciri Kopi Robusta yang Banyak Diminati

Pada umumnya kopi tersedia dengan berbagai jenis. Salah satunya adalah kopi robusta yang paling banyak diminati. Namun, tahukah Anda bahwasanya minuman kopi yang Anda pilih dan minum adalah jenis tersebut? Berikut ini ada beberapa informasi mengenai kopi yang seringkali menjamur di berbagai kedai kopi.

1. Aroma Biji Kopi saat Panen

Robusta merupakan jenis tanaman kopi yang dapat tumbuh pada iklim tropis. Tanaman kopi ini termasuk ke dalam tanaman kacang-kacangan. Pada saat tanaman ini matang, biasanya akan ditandai dengan biji yang berwarna merah. Proses panennya pun juga dilakukan pada musim kemarau. Saat dipanen, tanaman ini akan menghasilkan aroma layaknya tanaman dengan jenis kacang-kacangan.

2. Aroma Biji Kopi saat Diolah

Kopi jenis ini akan mengalami perubahan aroma yang berbeda saat diolah. Apabila sebelumnya beraroma layaknya tanaman kacang-kacangan, saat diolah atau proses brewing akan berubah layaknya aroma atau bau ban yang terbakar. Saat ditambahkan dengan air lebih, aromanya semakin pekat dan terasa. Namun, aroma ini sedikit demi sedikit akan hilang apabila minuman kopi sudah dicampur dengan bahan lainnya.

3. Rasa

Pada dasarnya kopi robusta ini memiliki cita rasa yang pahit. Apabila diseduh biasa menggunakan air atau diolah menjadi espresso, rasa pahit kopi terasa kentara apabila dibandingkan dengan kopi jenis lain seperti arabika. Hal ini dikarenakan adanya kandungan kafein dalam kopi yang lebih tinggi sekitar 2,7 persen. Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki masalah terhadap perut seperti memiliki riwayat penyakit maag, ada baiknya untuk sedikit mengurangi kopi jenis ini.

4. Konsentrat yang Kental

Pada saat proses pengolahan kopi atau brewing, kopi jenis ini memiliki tingkat konsentrat yang cukup kental. Hal ini dapat menyebabkan tingkat kafein yang dikandung semakin tinggi. Dengan begitu menyebabkan rasa yang dihasilkan semakin pahit juga. Apabila Anda tidak terlalu kuat mengolahnya menjadi espresso, Anda bisa mengolahnya menjadi cappucino atau kopi olahan lain dengan bahan yang lain juga.

5. Rendah Gula

Selain terasa pahit apabila sudah diseduh atau diproses karena adanya tingkat kafein yang tinggi, kopi jenis ini termasuk kopi yang memiliki gula dengan tingkat yang rendah. Dengan begitu, kopi jenis ini merupakan kopi yang paling banyak diminati untuk diolah atau dikreasikan dengan bahan lainnya seperti susu maupun krim.

Rasa pahit yang dihasilkan oleh kopi yang dicampur dengan rasa manis dari bahan lainnya membuat minuman ini paling banyak diminati pada kedai kopi.

Demikian beberapa informasi mengenai ciri kopi robusta yang bisa Anda kenali. Dengan begitu, Anda tidak akan salah lagi dalam memesan minuman kopi saat di kedai kopi. Apabila Anda tidak yakin dengan jenis minuman yang ada di kedai kopi, Anda bisa menanyakannya pada barista atau penjual minuman.