October 22, 2021
Mengatasi Kulit Terbakar Matahari

5 Hal Tepat Mengatasi Kulit Terbakar Matahari

5 Hal Tepat Mengatasi Kulit Terbakar Matahari – Kulit terbakar matahari atau sunburn dapat berlangsung karena paparan cahaya ultraviolet (UV) berlebihan, umpamanya dari sinar matahari. Teknik menyelesaikan kulit terbakar matahari dapat dengan tempelkan kompres dingin hingga sampai melumurkan lidah buaya.

Kulit terbakar matahari atau yang umum dikenali dengan arti sunburn adalah keadaan yang disebabkan bahaya paparan cahaya ultraviolet (UV) terlalu berlebih. Keadaan ini dapat mengakibatkan merasa tidak nyaman yang disinyalir dengan kulit kemerahan, lebam, dan berasa perih.

Harus dimengerti kalau di beberapa kejadian, paparan cahaya matahari yang terlampau kuat dan berulang-ulang bisa menjadi unsur dampak berlangsungnya kanker kulit.

 

maklon kosmetik

Cari Pabrik Maklon Kosmetik dan Skincare Terbaik? Cek Disini

 

– Ketahui tanda-tanda kulit terbakar matahari

Bagian badan yang mudah terbakar matahari mencakup ruangan yang acapkali terbuka. Contoh-contohnya, kulit kepala, daun telinga, bibir, sampai mata. Badan yang tertutup lantas mungkin terbakar matahari. Umpamanya, saat Anda memakai pakaian yang tipis dan kendur maka dari itu memungkinnya cahaya UV untuk masuk.

Tanda-tanda kulit terbakar cahaya matahari dapat banyak variasi di tiap orang. Untuk beberapa umumnya, beberapa tanda-tandanya bisa berwujud:

  1. Kulit punya warna kemerahan.
  2. Kulit berasa hangat atau panas waktu dipegang.
  3. Ngilu dan gatal.
  4. Pembesaran.
  5. Lepuhan kulit berisi cairan.

Sakit pada kepala, demam, mual, sampai semaput. Tanda-tanda kulit terbakar cahaya matahari ini berlangsung kalau sunburn cukup kritis.

Anda barangkali tak kan memandang tandanya kemerahan di dalam kulit dengan lekas sehabis cidera bakar berlangsung.

Lantaran, diperlukan beberapa saat untuk tanda-tanda kulit memeras itu mulai berasa. Pucuk kemerahan kulit yang dibarengi ngilu dapat berlangsung dalam tempo 12-24 jam.

Keadaan kulit terbakar cahaya matahari atau sunburn lantas semakin tumbuh dalam tempo 24 sampai 72 jam, dan acapkali dituruti dengan kelupasan kulit dalam tempo 3-8 hari.

 

Baca juga: Trik Memanfaatkan Masker

 

Kulit terkelupas dan gatal-gatal itu dapat bersambung sepanjang beberapa minggu seterusnya.

Teknik menyelesaikan kulit terbakar matahari

Saat kulit terbakar matahari, baiknya tidak butuh was-was. Kuncinya, Anda harus menyembuhkannya selekasnya mungkin.

Tersebut merupakan cara-cara menyelesaikan kulit terbakar matahari yang dapat Anda melakukan dengan berdikari dengan gampang:

  1. Lekatkan kompres dingin

Secara prinsip, kulit terbakar cahaya matahari atau sunburn adalah infeksi di kulit.

Karenanya, satu diantaranya teknik menyelesaikan kulit terbakar matahari yakni dengan meredam ruangan kulit yang terbakar cahaya matahari.

Anda dapat mengompres kulit terbakar cahaya matahari dengan handuk yang telah dibasahi air es.

Anda bisa juga gunakan es batu yang udah dikemas handuk atau kain. Tapi pikirlah, gak boleh tempelkan es batu langsung ke kulit Anda.

Teknik menyelesaikan kulit terbakar matahari yakni dengan kompres dingin

Mendinginkan ruangan kulit jadi teknik menyelesaikan kulit terbakar matahari yang penting

Jadi preferensi, teknik menyelesaikan kulit terbakar cahaya matahari dapat dengan mandi air dingin.

Walau demikian, jauhi pemanfaatan produk sabun punya kandungan bahan kimia yang keras untuk menghalang iritasi kulit yang kian kritis.

Kalau Anda ada di dalam dekat kolam renang atau laut, lekas dinginkan badan Anda dengan memendam badan di air sepanjang beberapa saat.

Lalu, Anda dapat gunakan kain untuk tutupi badan Anda dari cahaya matahari dan berlindung ke arah tempat yang lebih teduh.

  1. Banyak minum air putih

Teknik menyelesaikan kulit terbakar matahari dapat juga dengan adanya banyak minum air putih.

Di saat mengenyam kulit terbakar cahaya matahari, cairan dalam badan dapat ketarik ke atas kulit dan pada akhirnya menguap. Keadaan ini mungkin mengakibatkan kekurangan cairan atau dehidrasi.

Oleh lantaran itu, penting untuk cukupi keperluan cairan badan. Kecuali air putih, Anda bisa juga mengubah elektrolit-elektrolit badan yang raib dengan konsumsi type minuman lain, utamanya minuman olahraga (sport drink).

  1. Usapkan lidah buaya

Satu diantaranya teknik menyelesaikan kulit terbakar matahari yakni dengan melumurkan lidah buaya

Usapkan lidah buaya ke ruangan kulit yang terbakar matahari

Melumurkan lidah buaya pula jadi alternatif teknik menyelesaikan kulit terbakar matahari dengan lekas.

Tekniknya, cukup usapkan gel lidah buaya fresh langsung dari tanamannya ke ruangan kulit yang terbakar cahaya matahari.

Tapi, kalau tanaman aloe vera tidak ada, Anda dapat melumurkan produk gel yang dibuat dari lidah buaya murni. Yakini kandungan lidah buayanya dengan tinggi barangkali, ya.

 

Baca juga: Manfaat lobak putih untuk wajah

 

  1. Pakai cream pelembap

Teknik menyelesaikan kulit terbakar matahari yang dibarengi kulit terkelupas yakni dengan mengoelskan pelembap.

Untuk menghalang kulit terkelupas karena kulit terbakar cahaya matahari, Anda dapat melumurkan pelembap secara teratur di ruangan kulit yang tertular.

Walau demikian, jauhi teknik menyelesaikan kulit terbakar cahaya matahari dengan obat yang ada kandungan bahan aktif tersendiri, seperti benzocaine. Karena bahan aktif ini bisa sebabkan iritasi di dalam kulit dan reaksi alergi.

  1. Usapkan cream hidrokortison

Melumurkan cream hidrokortison di kulit terbakar matahari juga dapat dijalankan

Usapkan cream hidrokortison di dalam kulit untuk kurangi ngilu

Kalau ada ruangan kulit yang berasa ngilu, Anda dapat melumurkan obat kulit terbakar matahari berwujud cream hidrokortison. Cream ini bisa Anda membeli gunakan resep dokter di apotek-apotek paling dekat.

Kalau kulit terbakar cahaya matahari yang Anda rasakan dibarengi tanda-tanda lain, seperti demam tinggi, pembesaran, merasa sakit yang teramat sangatlah, sakit pada kepala, mual, dan kulit keluarkan nanah, Anda seharusnya lekas mengontrol ke dokter kulit.