January 22, 2022
5 Langkah Membuat Kopi dengan Mesin Kopi Manual Syphon

5 Langkah Membuat Kopi dengan Mesin Kopi Manual Syphon

Syphon merupakan salah satu jenis mesin kopi manual yang banyak digunakan secara pribadi oleh para pecinta kopi. Jenis alat ini Menyajikan kopi dengan prinsip metode sedot atau vakum. Tekanan uap yang dihasilkan oleh mesin ini akan menghasilkan cairan kopi yang mantap.

Membuat Kopi Pakai Syphon

Terdapat dua bilik yang dimiliki oleh alat ini yaitu hopper dan bulb. Hopper akan diisi serbuk kopi yang nanti akan diekstraksi. Sementara itu bulb akan menampung tetesan kopi yang selesai diekstraksi. Berikut akan dibahas seperti apa cara pembuatan kopi memakai syphon.

1.    Persiapan

Pertama, silakan siapkan semua alat dan bahan yang akan digunakan. Mulai dari bubuk kopi, syphon, pemanas, air, termometer, serta saringan. Sebelum dilakukan ekstraksi kopi, bagian bawah syphon bisa dipanaskan terlebih dahulu lalu dibilas air panas. Letakkan saringan di bagian atas kemudian diamkan.

2.    Siapkan Kopi

Selanjutnya siapkan kopi yang akan Anda pakai. Pilih kopi yang berkualitas dan masih segar supaya menghasilkan rasa minuman yang sempurna. Anda bisa mengukur dosis kopi dulu. Kurang lebih 21-26 gram kopi bisa menghasilkan 2 cangkir kopi. Pastikan kopi digiling dengan konsistensi yang agak kasar.

3.    Masukkan Air

Tahap selanjutnya adalah tuangkan air mendidih ke bagian bulb. Nyalakan sumber api kemudian letakkan bulb di atasnya untuk memanaskan air. Pastikan Anda selalu berhati-hati saat menggunakan mesin kopi syphon ini karena berurusan dengan suhu yang tinggi. Selanjutnya tunggu saja hingga air yang ada di dalam bulb mendidih.

Pada saat ini, Anda disarankan memasukkan termometer ke bagian hopper. Tunggu hingga air dalam bulb mendidih kemudian membentuk gelembung besar. Pastikan hopper dan bulb berada di posisi yang sejajar. Tunggu hingga air bergerak menuju hopper secara perlahan.

4.    Masukkan Bubuk Kopi

Selanjutnya Anda bisa mulai memasukkan bubuk kopi ke dalam air yang sudah masuk hopper. Aduk perlahan hingga rata dan biarkan kopi terseduh dengan sendirinya kurang lebih selama 1 menit. Jika sudah, segera lepaskan syphon dari sumber panas lalu aduk kopi tadi memakai sendok kayu. Proses pelepasan ini harus dilakukan dalam satu gerakan cepat.

5.    Tunggu Kopi Tersaji

Langkah berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah menunggu hingga kopi turun dan mengisi bulb. Jika sudah, segera lepaskan hopper kemudian sajikan kopi Anda. Namun, tunggu selama beberapa menit hingga suhu kopi sedikit menurun dan bisa diminum dengan nyaman.

Itulah tadi cara mudah menggunakan mesin kopi manual syphon. Anda bisa menyajikan jenis kopi apapun favorit Anda menggunakan alat yang satu ini. Pastikan Anda selalu berhati-hati agar tidak terluka akibat suhu air yang tinggi. Selain itu, gunakan jenis kopi yang punya kualitas bagus supaya rasa kopi yang dihasilkan juga memuaskan.