September 24, 2021

5 Manfaat Pepaya yang Wajib Anda Ketahui

Pepaya yang dijual di TaniHub adalah salah satu buah tropis yang segar. Karakteristiknya adalah memiliki kulit berwarna hijau, berbentuk lonjong, dengan daging buah yang manis berwarna oranye. Tekstur dari daging buahnya pun lembut dan cocok dimakan oleh anak-anak atau balita karena tidak akan membuatnya tersedak.

Buah ini juga menjadi salah satu buah tropis favorit di Indonesia karena mudah diolah. Entah untuk pencuci mulut seperti makanan penutup, salad dan puding misalnya, jus, atau dimakan langsung. Buah ini mudah diolah.

Apalagi sekarang sudah tersedia platform khusus untuk Anda yang sedang ingin membeli buah, contohnya di TaniHub. Tetapi, di samping rasanya yang lezat dan manis, apa saja khasiat dari buah pepaya hingga orang-orang menyukainya? Ini dia:

  • Pepaya Mempunyai Banyak Kandungan Nutrisi

Buah berbentuk lonjong ini memiliki kandungan nutrisi yang tidak sedikit. Ada juga enzim papain, yang bisa membantu tubuh untuk memecah rantai protein keras pada otot daging. Oleh sebab itu, buah dengan daging oranye tersebut tak sedikit  digunakan sebagai alternatif  untuk melunakkan daging sejak ribuan tahun yang lalu. Contohnya untuk daging steak.

Untuk memenuhi kebutuhan manusia, buah yang satu ini pun mengandung banyak nutrisi lain yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Contohnya adalah karbohidrat, serat, dan protein. Buah lonjong ini pun juga mengandung vitamin C, vitamin A, folat (vitamin B9), kalium, kalsium, magnesium, dan vitamin B1, B3, B5, E dan K.

  • Pepaya Memiliki Antioksidan yang Baik untuk Tubuh

Buah tropis ini, selain memiliki beragam manfaat seperti yang telah disebutkan pada poin sebelumnya, ternyata juga mengandung karotenoid. Karotenoid adalah antioksidan sehat yang baik untuk tubuh.

Antioksidan berfungsi untuk menetralisir radikal bebas yang ada di tubuh ulah pola hidup tak sehat, penggunaan kosmetik, dan paparan radiasi lainnya. Radikal bebas juga bahaya bagi tubuh, karena lama-kelamaan dapat meningkatkan stres oksidatif, yang dapat mendatangkan penyakit lainnya.

Namun apabila Anda mengonsumsi buah lonjong ini dengan rutin maka antioksidan baik tersebut akan membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh. Tidak hanya itu, kandungan antioksidan dalam buah yang satu ini jiga dipercaya dapat diserap tubuh lebih baik daripada buah yang lainnya.

  • Pepaya Bisa Mencegah Kanker

Beberapa buah-buahan dapat mencegah berbagai penyakit kanker, salah satunya adalah buah lonjong ini. Mengapa bisa begitu? Sebab terdapat antioksidan sehat yang bisa menangkal radiasi. Radiasi sendiri sering menjadi pemicu kanker, entah karena pola hidup tak sehat atau kondisi lingkungan. Hal ini pun telah diteliti dan dibuktikan sendiri oleh pakar kesehatan.

  • Membantu Meningkatkan Kesehatan Jantung Anda

Buah ini dapat menyehatkan jantung Anda, mengapa begitu? Sebab buah tropis kebanyakan mengandung vitamin C dan antioksidan yang tinggi. Tak heran mengapa banyak orang mengonsumsinya secara rutin untuk meningkatkan kesehatan.

  • Mencegah Peradangan Pada Tubuh

Peradangan kronis adalah pemicu dari banyak penyakit yang dapat mendatangkan penyakit baru lainnya. Hal ini disebabkan oleh makanan kurang baik bagi tubuh dan pilihan gaya hidup yang buruk, itulah faktor utama yang dapat mendorong proses peradangan. Tetapi kandungan karotenoid dalam daging buah oranye ini mampu menangkalnya, sehingga resiko peradangan semakin tipis.

Dimana Anda bisa mendapatkan buah kaya vitamin ini? Anda bisa menghubungi TaniHub melalui platform dan aplikasinya langsung untuk memesan. TaniHub juga menyediakan banyak buah dan sayur lain yang dapat mempermudah Anda untuk berbelanja.