February 27, 2021
penyebab mata kering

5 PENYEBAB MATA KERING DAN CARA MENANGGULANGINYA

Mata kering memang sangat mengganggu dan ini  bisa dirasakan oleh siapa pun tanpa kecuali. Banyak faktor yang menjadi penyebab mata  kering ini. Lantas  bagaimana cara menanggulanginya, jika mengalami gejala mata kering, agar cepat diatasi dan  jangan sampai semakin parah,biasanya gejala yang muncul seperti mata terasa seperti terbakar dn timbul rasa gatal yang menyusuk. Berikut ini penyebab mata kering dan cara untuk mengatasinya.

 

1.Mata kering karena kekurangan Vitamin A

Penyebab mata kering karena kekurangan vitamin A adalah karena kurang mengkonsumsi sayuran dan juga buah buahan yang mengandung banyak Vitamin A seperti Bayam, brokoli, selada, wortel, labu ,pepaya, tomat, dan lain sebagainya,biasanya sayuran yang mengandung banyak vitamin A yang berwarna hijau, orange, ungu.
Cara menanggulanginya adalah dengan rutin mengkonsumsi sayuran dan buah yang banyak mengandung  vitamin A. Karena vitamin A yang terkandung dalam sayuran dan buah tersebut sangat penting  dan dibutuhkan untuk kesehatan mata dan kandungan nutrisinya juga sangat dibutuhkan tubuh.

 

2. Memiliki Penyakit Autoimun

 

Penyakit autoimun ini terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel sehat dalam tubuh. Salah satu penyakit autoimun yang langka dan patut diwaspadai adalah sindrom Sjogren.
Sindrom Sjogren ini merupakan gangguan sistem kekebalan tubuh yang dengan gejala  mata dan mulut  kering. seperti mata terasa terbakar, gatal, atau terasa berpasir, dan mulut juga kering yang membuat  susah untuk menelan, bahkan untuk berbicara juga susah.karna yang diserang adalah kelenjar air mata dan kelenjar liur.
Untuk menanggulangi penyebab mata kering ini, adalah segera berkonsultasi ke dokter. Jika tidak segera di atasi, maka gejala mata kering yang diderita akan semakin parah. Langkah perawatan sebisa mungkin untuk tidak mengucek mata saat mengalami mata kering ini. Usahakan untuk sering berkedip.

 

3. Mata Kering Akibat Proses Penuaan

 

Penyebab mata kering akibat faktor usia atau penuaan. Ini bisa terjadi pada orang, yang memasuki usia 50 tahun keatas, sudah tidak heran di usia ke pala 5 ini dipastikan akan mengalami mata kering. Hal ini terjadi karena produksi air mata semakin menurun dengan bertambahnya usia atau lanjut usia.
Cara menanggulangi mata kering ini adalah bisa dilakukan dengan menggunakan obat tetes mata. Biasanya sesuai dengan resep dokter. Untuk obat tetes mata bisa temukan dengan mudah di apotik.

 

4. Faktor Lingkungan

 

Faktor ini di sebabkan karena sering melakukan aktifitas di luar ruangan seperti melakukan perjalanan atau berpergian, akan sangat beresiko tinggi mengalami gejala mata kering ini. Hal ini penyebabnya karena mata sering terkena, asap, debu, kotoran, tiupan udara panas dan lain sebagainya. Namun, hal ini juga bisa terjadi bagi  yang berakttifitas di didalam ruangan seperti di kantor, bukan tidak mungkin mengalami mata kering juga. Terkena AC dan seringnya menatap langsung layar komputer juga dapat menyebabkan mata kering,
Cara menanggulanginya bisa dengan menggunakan kacamata pada saat akan beraktivitas di luar ruangan, bisa menggunakan kacamata hitam atau pelindung mata lainya. bagi yang beraktifitas di dalam ruangan bisa mengatasinya dengan minum air yang cukup.

 

5. Wanita yang Sedang Hamil

 

Penyebab  Gejala mata kering ini bisa terjadi pada wanita hamil karena mengalami adanya perubahan hormone dan juga tubuh. Kondisi mata kering pada saat hamil ini disebut dengan sindrom mata kering. Yang disebabkan oleh perubahan jumlah atau jenis air mata yang  dihasilkan, sehingga air mata tidak cukup lembab. Berikut adalah gejala yang mungkin akan dirasakan. Seperti mata merah, mata terasa seperti berpasir, kelopak mata seakan lengket saat bangun tidur di pagi hari, dan mata menjadi mudah berair saat terkena terpaan angin yang lumayan kencang.
Cara menanggulangi mata kering pada wanita yang sedang hamil. Dengan rutin konsumsi makanan yang kaya akan lemak dan nutrisi. Seperti ikan salmon, biji rami, kenari dan lain sebagainya.dengan minum air yang cukup sehingga tubuh  terhidrasi denan baik. Dengan tercukupi asupan gizinya maka akan menjaga selaput lendir tetap lembap dan dapat menanggulangi terjadinya mata kering.
Demikian Beberapa faktor Penyebab mata kering dan bagaimana cara mengatasinya atau menanggulanginya,semoga bermanfaat.Terima kasih Salam hangat Nilibas.