February 27, 2021

6 Tanaman Yang Bisa Menurunkan Tekanan Darah Tinggi.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi – Hipertensi merupakan suatu kondisi dimana tekanan darah terhadap dinding arteri terlalu tinggi, jika tidak segera ditangani maka hal ini akan mengancam kesehatan para pengidapnya, karena jika masalah darah tinggi tidak cepat diatasi hal ini memungkinkan seseorang untuk terkena penyakit stroke, pembuluh darah pecah, mati rasa diseluruh rubuh hingga kelumpuhan.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Dengan Tanaman Herbal.

Diketahui jumlah orang yang mengidap hipertensi alias darah tinggi setiap harinya kian bertambah, untuk itu sebelum kamu mengalami masalah hipertensi ada baiknya melalukan pencegahaan, salah satunya menggunakan beberapa tanaman herbal. Ada banyak tanaman yang mempunyai keefektivitasan dalam menurunkan darah tinggi alias mengatasi masalah hipertensi secara alami.

Berikut beberapa tanaman yang diklaim mampu menurunkan tekanan darah secara alami.

1. Tanaman basil.

Yang pertama ada daun basil, jika kamu kurang tahu dengan tanaman satu ini, ingat saja bahwa basil masih satu keluarga dengan daun kemangi. Basil termasuk dalam kategori tanaman herbal yang mampu menurunkan darah tinggi. Kamu bisa mendapatkan khasiatnya dengan cara menyantapnya sebagai lalapan.

Adanya kandungan senyawa eugenol pada daun basil membuktikan bahwa adapat mencegah penyempitan pembuluh darah. Dan dengan demikian masalah tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat teratasi. Namun ingat jangan mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan.

2. Bawang putih.

Bahan satu ini sangat mudah dijumpai dan pasti ada didapur. Yap bawang putih diketahui mampu menurunkan masalah hipertensi secara perlahan. Adanya kandungan oksida nitrat yang diketahui dapat menyebabkan pembuluh darah rileks dan melebar. Kondisi ini membuat aliran darah lebih leluasa sekaligus mengurangi tekanan darah.

Cukup perbanyak konsumsi bawang putih pada makanan maka kamu akan mendapatkan khasiatnya.

3. Meniran.

Meniran merupakan tanaman liar gulma yang dapat ditemui dilingkungan tempat tinggal. Tanaman satu ini diketahui bisa untuk pengobatan masalah tekanan darah tinggi dan melancarkan air seni. Berdasarkan hasil dari penelitian, tanaman meniran memiliki kandungan kalium yang berkhasiat untuk meningkatkan cairan intraseluler dengan menarik cairan esktraseluler, sehingga terjadi perubahan kesimbangan pompa natrium-kalium yang akan berdampak pada penurunan tekanan darah tinggi.

4. Jahe.

Selanjutnya tanaman yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi ialah akar jahe. Jahe merupakan tanaman herbal rempah yang telah di kenal sebagai tanaman obat berkhasiat. Mengonsumsi jahe dapat menjadi salah satu cara mengontrol tekanan darah atau menurunkan darah tinggi. Dari hasil pengujian terhadap hewan, membuktikan bahwa jahe mampu meningkatkan sirkulasi darah dan mengendurkan otot-otot di sekitar pembuluh darah sekaligus menurunkan tekanan darah.

Walaupun tidak bisa dijadikan obat dalam mengatasi hipertensi namun kamu bisa menggunakanya sebagai pencegahan.

5. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dengan Kumis kucing.

Kumis kucing murpakan tanaman herbal yang mempunyai khasiat dalam menurunkan hipertensi, khasiat kumis kucing ada pada daunya dimana daunya direbus yang kemudian airnya dikonsumsi.

Cukup konsumsi air rebusan daun kumis kucing sehari dua kali secara rutin maka kamu akan mendapatkan khasiatnya.

6. Sambung nyawa.

Ada yang tahu dengan tanaman sambung nyawa? Sambung nyawa adalah tumbuhan yang sering tanaman di perkarangan samping rumah, khasiat dari tanaman satu ini ada pada bagian daun dan kulit batangya yang berwarna hijau.

Cara menggunakan tanaman sambung nyawa untuk menurunkan tekanan darah yaitu cukup rebus beberapa lembar daunnya kemudian air rebusanya dikonsumsi secara teratur setiap hari. Sambung nyawa juga tak hanya mengatasi masalah darah tinggi saja, beberapa khasiat lainya ialah mampu mengatasi sakit peinggang, nyeri sendi serta meredakan asam urat.

Nah itulah 6 tanaman yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi disekitar kita. Harap untuk tidak menggunakanya secara berlebihan karena ditakutkan dapat menimbulkan efek samping. Jadi konsumsilah secara teratur dan tidak berlebihan. Sumber : healty99