January 22, 2022
Tips Membangun Blog Bisnis bagi Pemula

6 Tips Membangun Blog Bisnis Bagi Pemula

Semakin berkembangnya tekonologi saat ini, blog tidak hanya di gunakan sebagai catatan pribadi tapi juga mulai berubah menjadi salah satu alat yang di gunakan untuk menjadi media menjalankan sebuah bisnis. Perusahaan besar mana yang saat ini tidak memiliki blog bisnis? Rata-rata perusahaan besar di Indonesia sudah memiliki blog bisnis atau website yang di gunakan agar calon konsumen mendapatkan informasi yang mereka di butuhkan tanpa harus repot-repot mencari kesana kemari. Blog bisnsi nyata mampu membuat perusahaan lebih efesien dalam menyampaikan secara detail apa yang mereka tawarkan dan membuat pertumbuhan bisnis semakin baik.

Sayangnya saat ini untuk skala UMKM masih banyak yang mengangap memiliki blog bisnis itu tidak penting karena hanya membuang-buang uang harus beli domain ataupun hosting belum lagi biaya lainya.

Oleh sebab itu pahami dulu sebelum membuat blog bisnis untuk usaha, apakah benar-benar perlu atau tidak walaupun secara garis besar untuk UMKM yang memiliki prodak yang bisa di jual skala nasional harus memiliki blog bisnis.

Berikut ini adalah tips membuat blog bisnis untuk pemula

  1. Tujuan membangung blog bisnis

Sebelum membangun blog bisnsi pastikan dulu tujuaanya untuk apa. Apakah hanya sekedar untuk berbagi tips, menjual jasa ataupun prodak, menjelaskan secara detail apa yang tawarkan, cerita seputar entrepreneurship atau bisa saja semuanya menjadi satu.

Tapi jika untuk skala UMKM ada baiknya membangun blog bisnis untuk membantu mempromosikan apa yang di tawarkan oleh usaha anda.

  1. Platform

Ada banyak platform yang tersedia untuk membuat blog mulai dari WordPress, Drupal, Blogger, Costum dll Tapi jika berbicara dari mudah melakukan perawatan blog, harga serta sumber daya ilmu yang membahas platform yang di gunakan tentunya WordPress adalah pilihan yang tepat di bandingkan yang lainnya.

  1. Hosting dan Domain

Jika berbicara hosting dan domain tentunya saya akan lebih merekomendasikan penyedia jasa luar selain lebih ramah, pelayanan lebih memuaskan. Minusnya hosting dan domain luar untuk transaksi di perlukan kartu kredit ataupun paypal.

Namun jika memiliki kendala pembayaran bisa menggunakan penyedia lokal dengan spesifikasi yang tentunya agak sedikit lebih rendah dengan harga yang sama dengan penyedia luar.

  1. Desain Blog

Karena untuk bisnis gunakanlah elementor agar bisa mendesain blog sesuai yang di inginkan menjadi terlihat lebih profesional tidak terlihat sama dengan situs bisnis lainya.

  1. Konten

Blog bisnis yang baik adalah blog yang memiliki kontena yang bermanfaat. Buatlah perencanaan konten apa yang di bikin, mulai dari kategori, artikel dll agar navigasi blog menjadi lebih rapi dan mudah di akses.

  1. Pilih nama domain yang mudah di ingat

Karena ini untuk bisnis bukan blog publisher maka buatlah nama domain yang mudah di ingat oleh costumer.

Dari ke enam tips di atas untuk membangun blog bisnis, anda juga harus siap untuk mempelajari apa itu SEO agar bisnsi anda bisa berkembang dengan pesat. Semuaya bisa di pelajari di Google, tinggal anda mau belajar atau tidak!