July 1, 2022

6 Tips Memulai Usaha Cutting Sticker

Salah satu usaha yang mulai diminati oleh masyarakat Indonesia adalah usaha cutting sticker. Usaha ini cukup diminati karena modal yang dibutuhkan lebih rendah dari usaha digital printing. Dari segi keuntungan, bisnis yang satu ini cukup menjanjikan.

Bagi Anda yang masih pemula, Anda harus mengetahui jenis barang yang harus dipersiapkan untuk memulai usaha. Anda harus menghitung modal dan target pencapaian dalam kurun waktu tertentu agar usaha dapat berjalan sesuai harapan.

Agar terhindar dari kerugian, Anda bisa mengikuti sejumlah tips berikut.

1. Memilih peralatan atau mesin cutting sticker yang berkualitas

Mesin cutting sticker ini digunakan untuk memotong sticker agar lebih rapi. Harga mesin cutting sticker di pasaran berkisar antara 3 sampai 6 jutaan. Untuk harga mesin potong sticker tersebut tergantung dari jenis dan mereknya.

Apabila Anda masih dalam tahap memulai dari dasar sebaiknya Anda membeli mesin potong sticker dengan harga yang tidak terlalu tinggi. Harga mesin potong sticker murah bukan berarti tidak bagus. Ada beberapa merk yang menawarkan harga murah namun kualitas bagus.

Peralatan elektronik adalah peralatan yang rentan rusak. Oleh sebab itu, Anda perlu merawat mesin cutting sticker dengan baik. Sebelum membeli, Anda juga bisa memilih supplier yang benar-benar tepat agar mendapatkan barang yang berkualitas.

2. Mempersiapkan bahan baku untuk kelancaran usaha

Bahan atau media yang harus Anda persiapkan utama adalah sticker dan sandblast. Anda perlu mempersiapkan sticker tempel besar maupun kecil, stripping motor, car signage, dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk sandblast adalah sticker yang digunakan pada kaca agar kaca tersebut terlihat buram. Sebelum ditempel pada kaca, sandblast perlu dipotong sesuai dengan bentuk yang diinginkan.

Selain sticker dan sandblast, Anda perlu mempersiapkan bahan sebagai tempat menempelkan sticker seperti kaos oblong, topi, tote bag, dan lain sebagainya.

3. Memilih komputer dengan spek yang sesuai

Usaha cutting sticker membutuhkan unit komputer yang bisa digunakan untuk mendesain sticker. Anda bisa membeli 1 atau 2 unit komputer. Komputer tersebut minimal spek Core i3, software seperti Adobe Photoshop dan Corel Draw, serta RAM minimal 2G.

Sebaiknya Anda membeli komputer pada supplier terpercaya agar mendapatkan barang yang berkualitas.

4. Memilih tempat usaha yang tepat

Sebuah usaha bisa berjalan lancar sesuai harapan salah satunya dengan memilih tempat yang tepat. Dari segi ruangan, Anda tidak membutuhkan ruangan yang terlalu luas untuk memulai usaha cutting sticker.

Pastikan Anda memilih tempat usaha yang strategis. Pilihlah lokasi yang minim kompetitor di bidang yang sama.

Anda juga perlu memajang hasil cutting sticker di gerai display untuk menarik para calon pelanggan.

5. Memilih tim yang tepat

Agar usaha berjalan lancar, Anda perlu membentuk sebuah tim yang tepat. Anda perlu mempekerjakan ahli desain dan operator mesin yang ahli.

Pastikan tim desain adalah orang yang mampu membantu pelanggan dalam merealisasikan desain sticker yang bagus.

Sedangkan untuk operator mesin, Anda harus memilih orang yang mempunyai ketelitian tinggi. Dengan memilih operator yang tepat, mesin yang Anda miliki akan lebih awet dan tahan lama.

6. Melakukan promosi

Usaha yang masih dirintis biasanya masih sepi pelanggan. Untuk menarik pelanggan, Anda bisa melakukan promosi baik secara online maupun offline.

Promosi online bisa dilakukan dengan mengupload pada media sosial. Sedangkan untuk offline, Anda bisa membuat selebaran tentang usaha cutting sticker.

Nah, demikian tadi keenam tips membuka usaha cutting sticker. Tips tersebut akan sangat membantu Anda mengenal usaha cutting sticker.