March 9, 2021

7 Benda yang Bisa Dijadikan Mas Kawin Pernikahan

Menikah bukanlah tugas yang mudah. Ada banyak yang harus dilakukan. Selain kelengkapan dokumen penting untuk pengesahan akad nikah, mahar juga harus diperhatikan. Mahar bisa dibicarakan dengan pasangan. Ini karena bentuk dan nilainya harus disesuaikan dengan kemampuan pengantin pria.

Buat kamu yang masih bingung, di bawah ini ada 7 rekomendasi hal yang bisa jadi mas kawin.

1. Uang Tunai

Sampai hari ini, uang masih menjadi mahar yang paling umum. Hal ini dikarenakan jumlah uang yang digunakan merupakan mahar relatif, sesuai kemampuan mempelai pria. Tetapi kebanyakan pasangan menganggap tanggal pernikahan mereka sebagai mas kawin untuk mendapatkan jumlah yang unik. Agar terlihat lebih bagus, emas kawin juga bisa dibentuk dan dibingkai dalam bingkai untuk dijadikan tampilan dan sebagai suvenir.

Kami juga menyediakan layanan wedding organizer yang sudah berpengalaman, Anda bisa kunjungi situs kami di undanganmagelang.com silahkan bisa di cek.

2. Emas Batangan

Mahar emas bisa menjadi tabungan masa depan bagi pasangan suami istri. Nilai emas itu sendiri terus bertambah seiring berjalannya waktu, sehingga mahar juga merupakan investasi yang baik. Jika Anda memiliki keluarga, perencanaan keuangan itu penting.

Emas batangan memiliki nilai yang berbeda dengan emas perhiasan. Jika harga emas batangan naik, maka emas perhiasan cenderung turun seiring pemakaian. Jadi, pastikan ada perbedaan sebelum mengambil keputusan ya.

3. Alat Sholat

Selain emas, Anda juga akan sering menemukan mahar, seperangkat alat sholat di sebuah pesta pernikahan. Dalam Islam, suami adalah pemimpin, jadi bekal alat sholat merupakan pertanda siapnya istri menjadi imam bagi istrinya.

4. Saham atau Deposito

Generasi milenial sekarang lebih melek finansial. Ia tak segan-segan mulai berinvestasi sejak kecil. Mahar klasik seperti emas dan perhiasan ditinggalkan dan digantikan oleh instrumen investasi seperti saham dan reksa dana.

Tentu ini akan menjadi hari pernikahan yang sangat istimewa karena investasi yang bisa terus berkembang menjadi kebutuhan rumah tangga bagi para pengantin baru.

5. Rumah dan Tanah

Gaun pengantin yang sangat istimewa adalah rumah dan rumah. Sekarang, banyak anak muda yang sudah menikah sebelum menikah. Menjadikan rumah atau properti lainnya menjadi mahar karena nilai jualnya akan terus bertambah dari tahun ke tahun.

6. Liburan Bersama

Ingin tahu apa itu mahar yang unik, anti arus utama, dan sangat menguntungkan? Liburan bersama setelah pernikahan! Jika Anda memiliki uang tambahan, Anda dapat membuat cincin kawin di hari pernikahan Anda. Apalagi jika mempelai wanita memiliki impian untuk mengunjungi tempat tertentu.

Liburan yang penuh kerumitan tidak menyenangkan dan tidak nyaman. Anda juga bisa mengajak teman-teman Anda untuk berwisata umrah bersama. Bagi pasangan muslim tentunya ini akan menjadi momen yang spesial setelah pernikahan.

7. Berlian

Berlian juga bisa menjadi pilihan tepat sebagai mahar pernikahan. Berlian dikenal sebagai batu abadi dan harganya sangat mahal karena kelebihannya. Pemberian berlian sebagai mas kawin juga bisa diartikan sebagai simbol cinta abadi dan harapan hidup berumah tangga yang akan bertahan selamanya hingga kematian.