May 20, 2022
Khasiat Jambu Biji

7 Khasiat Jambu Biji Untuk Wajah

7 Khasiat Jambu Biji Untuk Wajah – Jambu biji sebagai buah yang cukup akrab untuk warga Indonesia. Buah ini mempunyai gizi yang cukup bermacam dan memberinya faedah kesehatan untuk badan.

Beberapa manfaat jambu biji, yakni mempunyai zat anti kanker, turunkan tekanan darah, dan menolong penyembuhan demam berdarah.

 

maklon kosmetik

Cari Pabrik Maklon Kosmetik dan Skincare Terbaik? Cek Disini

 

Jambu biji banyak vitamin C. Kandungan vitamin C jambu biji capai pucuknya mendekati jambu masak dan kandungan vitamin C terbanyak ada dalam kulit dan daging buah yang tebal.

Ingat tingginya kandungan vitamin C dalam kulit buah, dianjurkan konsumsi jambu biji dan kulitnya.

Selainnya vitamin C, jambu biji memiliki kandungan anti-oksidan dan karoten yang paling berguna untuk kulit. Itu kenapa jambu biji kerap dipakai dalam pengerjaan produk kosmetik untuk muka.

Berikut penulis meringkas manfaat jambu biji untuk kecantikan, disalin dari Liputan6 dan Merdeka

  1. Kencangkan kulit muka

Anda dapat memakai daging dan biji jambu sebagai scrub dan masker muka. Selainnya untuk melembutkan kulit, jambu biji dapat kencangkan kulit muka.

Menjadikan sebagai scrub bisa mengusung beberapa sel kulit mati dan kotoran yang melekat di wajah hingga muka terlihat lebih bersih, ceria, dan kenyal.

Anda dapat memakai masker jambu biji dan scrub jambu biji ini satu minggu dua atau 3x untuk memperoleh hasil yang optimal.

  1. Toner

Jambu biji yang mempunyai banyak kandungan vitamin, mineral, dan gizi ini bisa menolong jaga kulit masih tetap kuat, fresh, dan bebas dari keriput.

Manfaat jambu biji untuk kecantikan muka yang lain ialah dapat mempertingkat struktur kulit, kencangkan kulit, dan hidupkan kembali fleksibilitas kulit yang lenyap.

Kualitas astringent dari jambu biji bisa jaga kulit terlepas dari flek hitam, jerawat, kerutan, dan sisa jerawat. Membersihkan muka dengan rebusan jambu mentah dan daun jambu, bisa percantik kulit Anda.

 

Baca juga: Manfaat Jeruk Lemon Untuk Kulit Berminyak

 

  1. Anti-Penuaan

Jambu biji banyak vitamin A, B, C, dan potassium yang disebut anti-oksidan yang bagus dan berperanan sebagai pendetoks badan. Buah ini bisa menantang radikal bebas hingga jaga kulit masih tetap berkilau dan bebas dari pertanda penuaan awal, seperti kerutan dan garis-garis lembut.

Disamping itu, kandungan likopen bisa membuat perlindungan beberapa sel kulit yang sehat dari toksin yang menimbun pada tubuh karena permasalahan metabolisem dan pencemaran lingkungan. Ya, toksin ini bisa mengakibatkan penuaan awal dengan menghancurkan DNA.

  1. Membuat perlindungan kulit dari cahaya UV

Manfaat jambu biji yang lain ialah dapat membuat perlindungan Anda dari cahaya UV. Jambu biji memiliki kandungan 2x lipat jumlah likopen yang terdapat di dalam tomat.

Likopen sebagai anti-oksidan yang bisa membuat perlindungan kulit dari kerusakan yang disebabkan karena cahaya UV dan pencemaran lingkungan. Sebuah jambu sediakan sekitaran 2,9 gr likopen.

  1. Mempertingkat warna kulit

Jambu biji bisa menolong dalam percantik kulit hingga Anda dapat mempunyai kulit yang halus dan bersinar. Untuk membenahi kulit, Anda bisa membuat scrub jambu biji di dalam rumah.

Campur juice jambu biji dengan kuning telur dan berikan secara rata di muka. Basuh sesudah 20 menit sama air hangat. Untuk hasil terbaik, kerjakan perawatan ini sekali atau 2x dalam satu minggu.

Scrub ini bisa hapus beberapa sel kulit mati dan membuat cerah kulit. Scrub ini dapat hilangkan kotoran di kulit hingga memberinya kulit terlihat lebih fresh dan kenyal.

  1. Menyembuhkan jerawat dan bercak-bercak hitam

Bila Anda menanggung derita jerawat dan bercak-bercak hitam di muka, Anda bisa ambil beberapa daun jambu biji dan menumbuknya untuk bikin pasta lembut. Membersihkan muka dan berikan tumbukan daun itu pada jerawat dan bercak-bercak hitam di muka.

Biarkan sampai cukup kering dan basuh sama air dingin. Bila Anda rajin lakukan perawatan ini, Anda bisa mengobati jerawat di muka.

 

Baca juga: Manfaat lobak putih untuk wajah

 

  1. Menangani komedo dan gatal di kulit

Anda bisa menambah tumbukan daun jambu biji dengan sedikit air dan memoleskannya sebagai scrub pada hidung untuk hilangkan komedo.

Daun jambu biji dapat singkirkan gatal-gatal di kulit karena memiliki kandungan senyawa yang bisa menantang alergi.