January 27, 2023

7 Kopi Terbaik Indonesia yang Go-International

Kopi sebagai jenis minuman yang banyak disukai di penjuru dunia. Di Indonesia sendiri, makin hari pencinta kopi makin bertambah.

Ini bisa disaksikan dari jumlahnya usaha warung kopi yang dibuka di beberapa kota atau wilayah. Bahkan juga, beberapa saat paling akhir sempat terkenal dengan minuman kopi gula aren yang banyak dicicipi anak-anak muda saat ini.

Indonesia sendiri terhitung sebagai salah satunya negara produksi biji kopi paling besar di dunia. Bahkan juga berdasar data Organisasi Pangan dan Agrikultur Dunia (FAO), di tahun 2017 – 2018 Indonesia terdaftar sebagai negara produksi biji kopi paling besar ke-4, sesudah negara Brazil, Vietnam dan Columbia.

Cuaca tropis yang dipunyai negara Indonesia memberinya keuntungan tertentu dalam soal produksi kopi. Ini karena tanaman kopi benar-benar sangat pas ditanamkan di wilayah dengan iklim tropis, persisnya di daerah tropis samping utara dan selatan garis Khatulistiwa (23 derajat Utara dan 23 derajat Selatan).

7 Kopi Terbaik Indonesia yang Go-International

Produksi kopi di Indonesia menyebar di beberapa wilayah, dari Sabang sampai Merauke. Kopi yang dibuat di beberapa daerah itu memiliki cita-rasa ciri khas sebagai keunggulan masing-masing wilayah yang memproduksi. Beberapa macam kopi hasil petani Indonesia juga telah dikenali di dunia.

Dilansir dari mpotimes, berikut 7 Kopi Terbaik Indonesia yang Go-International.

1. Kopi Arabika Gayo Aceh

Aceh sebagai salah satunya produksi biji kopi terbaik di Indonesia, yakni Kopi Gayo. Diberi nama Kopi Gayo, karena kopi ini ditanamkan di wilayah daratan tinggi Gayo yang memiliki ketinggian 1200-1700 Mdpl.

Kopi asal Aceh ini memiliki struktur yang encer dan tidak begitu pekat dengan rasa asam yang cocok. Kopi ini benar-benar pas dicicipi untuk fans kopi yang tidak begitu sukai kopi dengan rasa yang asam.

Kopi Gayo ini dihidangkan dengan tradisionil yang memikat. Bila kopi lainnya dibikin dengan diseduh, kopi jenis ini malah direbus di panci sampai mendidih, lalu dihidangkan ke gelas yang sudah diisi gula dan susu.

2. Kopi Arabika Kintamani

Sesuai namanya, kopi Arabika Kintamani datang dari wilayah Bali. Kopi ini mempunyai cita-rasa yang unik, yakni rasa asam dan fresh dari buah-buahan jadi ciri-ciri uniknya.

Kopi Arabika Kintamani mempunyai kekentalan yang dan rasa yang enteng dan halus. Sekarang ini, negara Jepang, Arab dan Eropa jadi tujuan khusus export kopi asal Bali ini.

3. Kopi Arabika Toraja

Kopi Toraja menjadi satu diantara kopi yang sudah dikenali warga dunia. Negara Jepang dan Amerika sebagai dua negara yang menjadi konsumen setia khusus export kopi Toraja.

Keunikan dari kopi Toraja ialah rasa pahit yang dipunyainya cuman berasa saat kopi diteguk dan akan lenyap sesudahnya tanpa tinggalkan sisa atau after taste efek. Kopi yang tumbuh di wilayah Sulawesi ini memiliki rasa earthy, yakni ada rasa sensasi tanah atau rimba dan rasa asam yang rendah.

4. Kopi Arabika Java Ijen Raung

Kopi Arabika Java Ijen Raung ini tidak lain sebagai kopi hasil produksi petani di wilayah Jawa Timur. Jenis Kopi ini memiliki keunikan yang unik yakni ada cita-rasa yang agak pedas dengan wewangian bunga rimba.

Awalnya jenis kopi ciri khas wilayah Bondowoso ini pertama kalinya di-export di tahun 2011 cuman satu container. Tapi semakin tahun, pecinta kopi dengan rasa agak pedas ini makin bertambah. Bahkan juga di tahun 2016, Indonesia sudah mengekspor sekitar 43 container yang sama dengan 800 ton lebih biji kopi.

5. Kopi Liberika Rangsang Meranti

Kopi Liberika Rangsang Meranti ialah tipe kopi yang dari Kota Riau. Kopi ini benar-benar populer di Malaysia dan Singapura. Bahkan juga dua negara ini jadi konsumen setia khusus export jenis kopi ini.

Berdasar data Dinas Perindustrian Pemerintahan Riau, kopi ini sudah mengantongi sertifikat Tanda Grafis (GI). Kopi Liberika Rangsang Meranti dipastikan sebagai salah satunya hasil pertanian terbaik oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Cendekiawan Nasional RI.

6. Kopi Arabika Flores Bajawa

Jenis kopi asal Flores, Nusa Tenggara Timur ini memiliki keunikan kekentalan yang cukup pekat dengan tingkat keasaman yang rendah. Bahkan juga tipe kopi ini memiliki rasa menguasai coklat dan vanila dengan memberinya after taste efek seperti kacang-kacangan. Tipe kopi ini telah di-export ke negara Amerika.

7. Kopi Robusta Temanggung

Jenis kopi Robusta asal wilayah Temanggung ini memiliki keunikan yang lain dari lainnya. Jenis kopi ini memiliki wewangian tembakau dengan supremasi rasa yang pahit.

Rasa pahit itu yang jadikan tipe kopi robusta ini lebih banyak disukai. Bahkan juga sekarang ini Indonesia sudah mengekspornya ke sejumlah negara seperti Amerika Latin, beberapa negara teritori Timur tengah dan Eropa.