January 27, 2023

Apa itu Bimbingan Belajar ?

Bimbingan belajar bimbel jasa les privat merupakan sebuah kegiatan pembelajaran informal dengan tujuan untuk membantu kesulitan yang dihadapi oleh siswa atau pembelajaran tambahan yang disesuaikan dengan kebutuhan para siswanya.

Setiap orang memiliki kewajiban yang perlu dilakukan dalam sepanjang hidupnya, yakni belajar. Kebutuhan siswa dalam belajar tentunya berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan untuk menunjang kekurangan atau meningkatkan prestasi siawa untuk lebih baik lagi.

Oleh karena itu, hampir semua orang tua yang mendaftarkan anaknya untuk menambah intensitas belajarnya ke lembaga bimbingan belajar. Terdapat beberapa alasan mengapa orang tua mendaftarkan anaknya pada lembaga bimbingan belajar, yaitu pembelajaran daring pada waktu ini dirasa belum cukup untuk membantu kesulitan yang dihadapi oleh siswa.

Selain itu, siswa ternyata lebih merasa nyaman ketika memiliki kesulitan untuk bertanya kepada tutor mengenai tugas atau materi yang belum dipahami saat di sekolahnya.

Apa yang dimaksud Bimbingan Belajar?

Bimbingan belajar atau bimbel ialah suatu kegiatan yang dilakukan oleh suatu lembaga untuk dapat memberikan bantuan kepada peserta didiknya dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi atau hasil belajar yang lebih optimal lagi.

Ada beberapa keuntungan yang dapat diperoleh siswa dengan mengikuti bimbingan belajar diantaranya yakni, meningkatkan prestasi siswa, menambah pemahaman terhadap materi yang terasa sulit, dan meningkatkan kemampuan dalam hal bersosialisasi.

Tidak hanya itu saja, siswa juga mendapatkan pengalaman baru dengan belajar pada bimbingan belajar karena dapat bertukar pikiran, berbagi pengalaman, baik dengan tutor maupun dengan peserta didik lainnya.

Kemampuan dalam hal memahami dan prestasi setiap siswa berbeda-beda. Hal ini menjadi perhatian bagi para orang tua untuk mendaftarkan anak-anaknya dalam mengikuti kursus privat  sebagai solusi untuk menanggapi kesulitan dalam proses belajar.

Terdapat beberapa ciri dari bimbingan belajar, yaitu bimbingan merupakan suatu usaha yang berguna untuk membantu perkembangan individu secara optimal, bantuan tersebut diberikan dalam situasi yang bersifat demokratis, khususnya dalam penentuan tujuan perkembangan yang ingin diraih oleh individu.

Serta juga dapat meningkatkan kemampuan individu supaya siswa itu sendiri dapat menetukan keputusan dan memecahkan masalahnya sendiri.

Dalam pengoptimalan perkembangan belajar siswa, perlu diberikan sebuah bimbingan belajar. Umumnya, pihak sekolah sebagai lembaga pendidikan anak akan memberikan layanan bimbingan belajar dengan tujuan supaya para siswa mampu menyesuaikan diri dengan situasi pendidikan yang saat ini tengah dihadapi.

Bimbingan belajar dengan penerapan prinsip dan teknik bimbingan serta konseling berfungsi untuk memahami potensi dan kemampuan siswa, dan mengembangkannya kearah pengembangan yang sesuai dengan potensi yang dimiliki.

Serta untuk tujuan mengoptimalkan potensi tersebut melalui bantuan-bantuan pengarahan, penyesuaian, dan melepaskan diri dari kesulitan yang tengah dihadapi siswa.

Jadi, Bimbingan belajar ini diharapkan dapat membantu permasalahan yang dimiliki oleh siswa baik yang berhubungan dengan materi yang terasa sulit maupun kepribadian atau karakter serta mengembangkan potensi yang ada pada diri siswa. Kira – kira seperti itulah gambaran dari sebuah bimbingan belajar.