April 14, 2021
Apa Itu CSV: Trik Agar Berhasil Menjalankannya

Apa Itu CSV: Trik Agar Berhasil Menjalankannya

Tahukah Anda bahwa untuk mengimplementasikan Creating Shared Value (CSV), dibutuhkan trik jitu. Bukan lagi sekedar mengetahui apa itu CSV, tapi paham sehingga setiap program yang dibuat benar-benar tepat sasaran. Agar, hasilnya bisa dinikmati dalam bentuk keuntungan perusahaan dan meningkatnya strata sosial dan ekonomi semua pihak yang terlibat di dalamnya.

Banyak trik yang bisa dilakukan, Anda dapat berkaca kepada berbagai perusahaan besar yang sudah berhasil menerapkan CSV. Contohnya, Nestle dengan program memberdayakan petani dan masyarakat setempat sebagai bagian rantai proses produksi hingga pemasaran. Dari situ, Anda bisa belajar beberapa trik hebat supaya Anda juga bisa menerapkannya pada bisnis yang digeluti saat ini.

3 Trik yang Bisa Diterapkan agar CSV Berjalan Lancar

Sebenarnya banyak trik yang bisa diterapkan ketika ingin membuat sebuah program CSV yang berkualitas dan berdampak positif. Tiga diantaranya bisa dilakukan, berdasarkan pengalaman perusahaan yang sudah berhasil. Anda mau tahu?

  • Peran Ganda

Posisikanlah bisnis Anda sebagai dua sisi mata uang yang sama-sama memiliki nilai tinggi. Sisi pertama adalah untuk mendapatkan keuntungan dari segi ekonomi, kemudian sisi berikutnya adalah sosial dengan mengedepankan kerjasama dengan pihak yang kompeten untuk melakukannya.

Sebagai contoh, Nestle telah melakukan dua peran tersebut sekaligus dalam program menyehatkan puluhan juta anak melalui program yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat usia anak-anak. Termasuk di dalamnya bagaimana menyediakan produk yang tepat, memproduksinya dengan cara yang sehat, dan memasarkannya dengan strategi yang tepat pula.

  • Atur Strategi Sesuai Kondisi

Strategi dalam pengembangan CSV juga perlu dilakukan, mulai dari target CSV perusahaan baik dari segi ekonomi maupun sosialnya. Contohnya lagi, ketika Nestle memberikan kesempatan bagi banyak keluarga di dunia untuk ikut berperan aktif menyediakan bahan baku hingga mengemas produk-produk mereka.

Dari sisi ekonomi tentu akan sangat menguntungkan karena memanfaatkan potensi lokal yang ada, sedangkan dari sisi sosialnya masyarakat banyak terangkat derajat ekonominya melalui pekerjaan yang tersedia.

  • Eksis dan Bermanfaat

Pastikan bahwa program tersebut akan memberikan manfaat besar bagi banyak pihak. Contohnya, pemberian susu bagi anak-anak yang kurang gizi yang secara sosial akan menurunkan resiko anak sakit kemudian bisa meningkatkan kesehatan mereka.

Sedangkan dari segi ekonomi tentu berdampak secara langsung ketika orang semakin percaya dengan produk berkualitas yang dihasilkan.

Jadi, manfaat dari program tersebut bukan saja dirasakan sendiri lagi oleh perusahaan tapi juga dirasakan secara maksimal oleh target program Anda. Tentunya berdasarkan survei oleh tim yang kompeten, sebelum program dibuat.

Cobalah untuk menerapkan trik ini, karena sudah banyak perusahaan yang berhasil melakukannya bahkan masih terus mengembangkan program tersebut untuk jangka panjang. Tinggal bagaimana Anda menerapkan pemahaman apa itu CSV tersebut dalam bentuk strategi terbaik, sehingga hasilnya juga sangat signifikan positifnya bagi bisnis Anda dan yang terlibat di dalamnya.