December 7, 2021
Apa Itu Hosting dan Fungsinya

Apa Itu Hosting dan Fungsinya

Salah satu hal penting saat membuat website yaitu memiliki hosting dan domain. Lantas, apa itu hosting? Mungkin banyak yang melontarkan pertanyaan ini terutama bagi mereka yang asing dengan internet ataupun website.

Maka dari itu, dalam artikel kali ini kami ingin menjelaskan tentang apa itu hosting dan fungsinya bagi sebuah website. Penasaran? Simak penjelasannya di bawah ini!

Pengertian Hosting

Secara umum, web hosting merupakan rumah dari website. Dalam artian hosting adalah tempat untuk menaruh sejumlah data yang terdapat di web anda. Sebagaimana yang anda ketahui, dalam web terdapat berbagai jenis data misalnya tulisan, gambar, plugin, video, script dan sebagainya.

Fungsi Hosting yang Harus Diketahui

Terdapat beberapa fungsi hosting yang menekankan berapa pentingnya term tersebut bagi website yang anda kelola. Berikut beberapa fungsi hosting yang harus anda ketahui :

  1. Membuat website

Setelah anda mempunyai hosting, tentu saja anda bisa membuat website yang anda inginkan. Web bisa disimpan serta diletakkan dalam penampungan atau server hosting. Anda dapat membuat web sendiri dari nol atau menggunakan jasa pembuatan website Batam.

  1. Membuat email profesional

Apabila mempunyai hosting dan domain, anda dapat membuat email profesional. Lantas apa sebenarnya email profesional itu? Yang dimaksud dengan email profesional yakni email dengan nama sendiri atau nama perusahaan.

Sehingga bagi anda yang masih memakai email yahoo ataupun gmail dapat mencoba membuat email menarik dengan domain sendiri. Keuntungan dari email profesional ini yakni anda bisa menjadi lebih profesional serta tidak dianggap sebagai sebuah perusahaan yang abal-abal.

  1. Meningkatkan performa website

Apabila mempunyai hosting, anda bisa meningkatkan performa website dengan lebih baik.

  1. Melindungi website dengan SSL

Setiap website perlu dilindungi supaya terhindar dari serangan virus, malware, serangan DDOS dan juga indikasi spam. Maka dari itu, anda bisa menggunakan hosting untuk melakukan instalasi SSL. Perlu anda ketahui bahwa SSL merupakan pagar pengaman dari website.

Demikian ulasan mengenai apa itu hosting dan fungsinya yang sebaiknya anda ketahui. Bagi anda yang membutuhkan jasa pembuatan website Batam profesional dengan hosting terbaik maka anda bisa memakai I-Development. Dijamin hasil website yang anda terima akan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda.