July 1, 2022

Apa itu Perusahaan Dagang dan Ciri Cirinya

pengertian perusahaan dagang

Perusahaan dagang merupakan perusahaan yang bisnis utamanya adalah menjual produk berupa barang. Dengan sekala perusahaan, tentnu jumlah barang semaki nbanyak dan membutuhkan pencatatan akuntansi yang matang. Sehingga akuntansi perusahaan dagang ditbutuhkan untuk membuat pencatatn dan melaporkan transaksi keuangan secara lengkap.

Akuntansi perusahaan dagang menyajikan informasi berupa catatan hutang piutng supplier, pembelian dan penjualan barang dagang, persediaan, retur, pajak dan keuntungan atau kerugian.

Pada kesempatan ini, kami akan membagikan kriteria dan siklus akuntansi perusahaan dagang. 

Definisi Akuntansi Perusahaan Dagang

Akuntansi perusahaan dagang adalah proses pencatatan, pengelompokkan, analisa dan pelaporan transaksi kuenang pada perusahan dagang. Sehingga menghasilkan informasi yang terdapat pada laporan keuangan, laporan untung rugi dan modal perusahaan.

Kegiatan bisnis perusahaan dagang yang melibatkan stok persediaan barang, harga pokok penjualan membuat akuntansi perusahaan ini memiliki perbedaan yang signifikan dengan perusahaan jasa.

Anda bisa mencari tentang perbedaan lebih lengkap melalui akuntansilengkap.com. Karena disana tersedia 500 lebih materi akuntansi.

Ciri-ciri akuntansi perusahaan dagang

Berikut beberapa kriteria akuntansi perusahaan dagang yaitu:

Akun Pembelian Barang Dagang

Pembelian barang dagang adalah tahap mendapatkan stok barang dagang pertama kali. Akun pembelian adalah akun yang ditetapkan untuk mencatat transaksi pembelian ini. Biasanya perusahaan dagang membeli produk dari banyak supplier, sehingga perlu diberikan keterangan supplier pada tiap transaksi.

Akun Penjualan Barang Dagang

Penjualan barang dagang adalah aktivitas menjual barang kepada konsumen sehingga perusahaan mendapatkan keuntungan dari harg ajual dengan harga beli barang. Transaksi ini akan dicatat pada akun penjualan.

Akun Persediaan Barang Dagang

Akun persediaan barang dagang menunjukkan jumlah persediaan yang ada di perusahaan. Sehingga jika terjadi penambahan atau pengurangan akan mempengaruhi akun persediaan barang dagang. 

Akun Harga Pokok Penjualan

Haraga pkok penjualan adalah harga yang dibayar perusahaan untuk mendapatkan barang pertama kali. Harga pokok penjualan juga ditnetukan oleh biaya operasional pembelian persediaan, seperti ongkos kirim dan biaya pengemasan.

Akun Retur Pembelian dan Penjualan

Retur pembelian dan retur penjualan merupakan aktivitas yang biasa pada perusahaan dagang.

Retur pembelian adalah pengembalian barang kepada supplier, dikarenakan barang rusak atau tidak sesuai.

Sedangkan retur penjualan adalah pengembalian barang kepada konsumen, dengan alasan yang sama.

Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang

Siklus akuntansi perusahaan dagang adalah tahapan dalam pembuatan laporan akuntansi diantaranya:

  • Jurnal Umum

  • Buku Besar Pembantu

  • Neraca Saldo Sebelum Penyesuaian

  • Jurnal Penyesuaian

  • Neraca Saldo Setelah Disesuaikan

  • Laporan Keuangan

  • Jurnal Penutup

  • Neraca Saldo Setelah Tutup Buku

  • Jurnal Pembalik