December 4, 2022

Apa yang Harus Dilakukan Saat Printer Canon Anda Berhenti Bekerja

Printer adalah perangkat paling umum dan paling penting yang digunakan oleh organisasi, kantor, sekolah, rumah, dll. Untuk memenuhi kebutuhan pencetakan mereka yang berbeda. Printer digunakan untuk menghasilkan hard copy segala sesuatu mulai dari foto, gambar, kertas, hingga dokumen sederhana yang indah, dll.

Printer Canon berada di peringkat di antara perangkat pencetakan paling tepercaya yang dipercayai oleh orang-orang. Namun, seperti semua perangkat teknis lainnya, printer Canon juga terkadang tidak berfungsi. Alasan dapat bervariasi sesuai dengan sifat masalahnya.

 

Masalah Umum

Beberapa masalah bersifat umum dan dapat diperbaiki dengan mudah dengan sedikit pengetahuan dan kesabaran. Lihat daftar di bawah ini untuk informasi lebih lanjut:

o Masalah kualitas kertas

o Driver printer yang rusak

o Kertas habis, kertas macet, tidak ada respon

o Kartrid tinta atau toner kosong/rusak

o Kegagalan daya, kegagalan kabel printer

o Perubahan terbaru yang dilakukan pada printer

Panduan Bantuan Mandiri

Seperti yang saya katakan sebelumnya, sebagian besar masalah umum dapat ditangani dengan mudah dan sedikit kesabaran. Panduan ini akan membantu Anda mengatasi printer Anda dan menyelesaikan masalah Anda sendiri, sehingga menghemat waktu dan juga uang.

Restart Komputer/printer- Terkadang, reboot sederhana menyelesaikan masalah sepenuhnya saat menyetel ulang perangkat lunak printer.

Masalah kualitas cetak- Salah satu masalah yang paling sering adalah mendapatkan kertas yang tercetak buruk dengan garis-garis yang tercoreng, huruf, setengah kertas di dalam printer, dll. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa kartrid tinta/toner Anda apakah kosong. Ganti kartrid kosong dengan yang baru. Jika tidak kosong, bersihkan printer dengan kain bersih dan kering. Terkadang, kotoran atau serpihan toner kering menumpuk di dalam perangkat dan menyebabkan masalah dalam kualitas pencetakan. Jika stok kertas di dalam baki printer tidak dikipas, ini dapat menyebabkan masalah karena perangkat mungkin tidak dapat mengambil lembaran satu per satu karena lengket.

Driver Rusak – Jika driver printer Anda rusak, hapus dan unduh driver terbaru yang kompatibel untuk melanjutkan fungsinya. Driver adalah perangkat lunak yang membangun komunikasi antara printer dan komputer. Disarankan agar Anda mengunduh driver dari situs web vendor atau penerbit Anda. Ini biasanya memiliki daftar perangkat dan driver yang kompatibel. Juga, jika Anda mengupgrade sistem operasi (OS) atau komputer Anda (tetapi tidak mengupgrade driver) atau membeli printer baru tetapi memiliki CD perangkat lunak yang kedaluwarsa, Anda harus menginstal driver terbaru yang kompatibel agar printer Anda berfungsi.

Kartrid tinta/toner rusak- Pastikan Canon PIXMA TR4522 kartrid tinta atau toner tidak rusak. Jika ya, maka gantilah. Bahkan toner bawaan pabrik dapat mengalami malfungsi karena cacat produksi. Juga, sebelum mengganti kartrid toner, selalu bersihkan printer Anda dengan kain bersih dan kering hanya untuk memastikan bahwa kotoran atau serpihan toner kering tidak menyebabkan masalah.

Kegagalan daya/kegagalan kabel printer- Pastikan lampu daya hijau menyala pada printer. Jika tidak, periksa apakah tombol daya menyala dan kabel daya tersambung dengan benar di kedua ujungnya. Juga, periksa apakah kabel printer terhubung dengan benar ke komputer. Jika tidak maka printer tidak akan bekerja.

Perubahan terbaru yang dilakukan pada printer- Jika Anda baru-baru ini membuat perubahan pada pengaturan printer Anda seperti format dll., maka ubah pengaturan Anda kembali ke yang asli atau default.

Kertas habis, kertas macet, tidak ada respons- Jika baki kertas tidak memiliki kertas, hampir kosong, atau tersumbat, kemungkinan besar akan menimbulkan masalah. Jaga agar baki tetap penuh agar tidak berhenti bekerja karena kekurangan kertas. Jika printer tampak tersumbat, buka dan periksa untuk memastikan tidak ada secarik kertas yang tersangkut di dalamnya.

Jika Anda hanya mengikuti petunjuk yang disebutkan di atas, printer Anda seharusnya tidak pernah menghadapi masalah seperti itu dan mencetak dengan indah. Namun, jika tampaknya ada masalah dengan perangkat keras, ganti dengan vendor Anda. Jika masalahnya tampaknya lebih merupakan jenis teknis yang tidak dapat Anda perbaiki, periksa basis pengetahuan online untuk layanan dukungan teknis online. Anda juga dapat membawa printer Anda ke bengkel lokal jika rusak.