May 10, 2021
Flm

Asal usul raja Cheoljong, Kaisar dinasti Joseon

Drama Korea ” Mr Queen” merampungkan episode terakhir kalinya akhir minggu sebelumnya, sehabis muncul sejumlah 20 episode. Keseluruhan, “sinetron” korea yang diperankan oleh Shin Hye-sun serta Kim Jung-hyun ini temani pemujanya sepanjang 10 minggu sehabis muncul pertama pada 12 Desember 2020. Drama korea dengan setting Dinasti Joseon itu banyak disenangi penyuka kisah Korea.

Pabrik Maklon Kosmetik dan Skincare Terbaik dan Terpercaya Klik di sini

Pribadi Raja Cheoljong

Pada 25 Juli 1849, Raja Heonjeong (raja ke-24 Dinasti Joseon Korea) wafat, pimpinan kerajaan itu tinggalkan Korea pada kondisi yang carut-marut. Meskipun dia udah memerintah sepanjang 15 tahun, Raja Heonjeong tidak punyai pewaris. Alternatif yang diambil janda Ratu merupakan mengambil keluarga jauh serta mengangkutnya jadi raja. Anak yang diputuskan Ratu adalah keluarga jauh kerajaan namanya Yi Won-beom, pria berumur 19 tahun yang lantas dikenali jadi Raja Cheoljong. Yi Won-beom yang terlahir di 25 Juli 1831 dianggap kurang wajar kalau jadikan raja. Lantaran, dia tidak dapat membaca satu huruf juga alias buta huruf serta tidak punyai keunggulan lain. Tapi dikatakan, itu lah satu diantaranya argumen diangkatnya Cheoljong buat jadikan raja boneka untuk Klan Andong Kim yang terkuasai janda Raja Heonjeong. Cheoljong merupakan cucu sepupu Raja Jeongjo, Raja ke-22 Dinasti Joseon, serta cicit Raja Yeongjo raja ke-21 Joseon. Ayah Cheoljong, Pangeran Agung Jeonggye, satu diantara dari 3 putra yang lahir dari Pangeran Eunyeon, adik dari Raja Jeongjo. Ke-2 saudara laki laki Jeonggye meninggal dalam perlawanan politik, serta cuma tersisa Pangeran Agung Jeongye. Jeonggye pula punyai tiga putra, salah satunya yang paling tua ikut serta serta terbunuh dalam perebutan persaingan kekuasaan serta yang ke-2 wafat lantaran penyakit, cuma tersisa putra ke-3 , Cheoljong.

Buta huruf

Meskipun mulai sejak awal mula Dinasti Joseon, raja- raja Korea udah memberinya pilihan utama pada pengajaran, tapi hal demikian tidak serupa pada Pada umur 18 tahun, Cheoljong tidak dapat membaca, termaksud pada waktu pengangkatannya ke takhta kerajaan. Untuk Andong Kim, buta huruf Cheoljong merupakan asset. Minimnya pengajaran membuat bisa diselewengkan serta mudah pada kendalian mereka. Faktanya bisa ditemui dalam laporan-laporan kalau meskipun Cheoljong memerintah negara itu sepanjang 13 tahun, hingga sampai hari-hari terakhir kalinya ia tidak bisa membaca.

 

Baca juga: 7 Benda yang Bisa Dijadikan Mas Kawin Pernikahan

 

Pemerintah Raja Cheoljong

Dikatakan sepanjang pemerintah Raja Cheoljong, ia larang perjudian serta Ia pula mengerjakan perlawanan keras menantang penyuapan serta koruptor di beberapa tempat tinggi. Dia pula larang orang kampung tangkap serta memukuli siapa saja yang termaksud group bawah. Meskipun aturan Raja Cheoljong dianggap sangatlah mulia, akan tetapi kelihatannya tidak dituruti secara implikasi di golongan bawah. Berdasar sebuah catatan perihal Korea di tahun 1874, dikatakan kalau ketika itu pemerintah Korea ada di ujung korupsi yang meluas cepat. Dikira masalah ini diawali kurang lebih tahun 1860-1861, di mana saudara ipar raja bersekongkol biar pajak (dilunasi dengan beras) termuat ke kapal yang lantas diantar ke China serta beras itu dipasarkan di harga 4x lipat dari harga yang patut di Korea.

 

Baca juga: Jasa Maklon Lipcream dari MPM Beauty Untuk Kamu Beautypreneur

 

Wafatnya Raja Cheoljong

Saat bulan Desember 1863, suatu komet keluar di langit malam serta dapat ditonton dari istana kerajaan. Insiden ini pernah sempat dipertunjukkan dalam sisi akhir spin off bamboo forest Mr Queen. Ketika itu mereka menerka ramalan bab hujan komet merupakan tandanya hadirnya kiamat. Di kerajaan ketika itu takhayul menurut buku-buku kuno ramalan menjalar. Di lain bidang, raja tengah kritis serta dinasti itu tidak sukses. Seperti raja awal kalinya, ia pun tidak punyai pewaris laki laki. Meskipun jadi ayah dari 5 putra serta enam putri, cuman 1 anak yang hidup melalui saat kanak-kanak – adalah orang putri. Cheoljong wafat pada umur 32 pada 16 Januari 1864. Dikira kematian Cheoljong libatkan permainan kotor oleh klan Andong Kim, klan yang serupa yang membuatnya raja. Akan tetapi pada suatu teori yang lebih baru memberikan kalau yang memicu kematian Raja Cheoljong lantaran penyakit tuberkulosis.