July 1, 2022

Bagaimana media online telah berubah dari waktu ke waktu dan sejarahnya

Sejak awal internet, media online telah menjadi bagian yang semakin penting dalam kehidupan kita. Seiring berjalannya waktu, baik cara kita menggunakan media online maupun alat yang kita gunakan untuk mengaksesnya telah berubah. Ada banyak jenis media online saat ini, seperti media sosial, e-commerce, dan media digital. Untuk mendapatkan gambaran keseluruhan, penting untuk mengetahui bagaimana media online telah berubah dari waktu ke waktu dan bagaimana kita menggunakannya sekarang.

Dokumen teks sederhana, juga disebut “halaman web,” adalah hal pertama yang dapat ditemukan secara online. Dokumen-dokumen ini menempatkan semua informasi di satu tempat yang mudah dan cepat ditemukan. Pada awal 1970-an, halaman web pertama dibuat. Mereka memiliki daftar dokumen, yang disebut “bingkai”, dengan informasi tentang masing-masingnya.

Pada awal 1980-an, para peneliti di Universitas Stanford memperkenalkan gagasan “hipermedia” kepada publik. Ini adalah awal dari sejarah media online pertama. Istilah ini digunakan untuk menggambarkan media yang dibuat oleh komputer dan dapat digunakan dengan komputer atau perangkat seluler. Saat ini, beberapa platform, seperti America Online (AOL) pada tahun 1985, yang memberi pengguna akses ke ruang obrolan, forum, dan layanan lain selain halaman web, membuat media online lebih populer.

World Wide Web dan standar yang diilhaminya, seperti HTML (yang menggunakan “bahasa markup hypertext”), CSS (Cascading Style Sheets), dan JavaScript, mengubah cara orang menggunakan internet.

Web 2.0, yang dimulai pada akhir 1990-an dan awal 2000-an, membuat media online lebih interaktif dan memberikan nuansa dunia nyata. Istilah “Web 2.0” mengacu pada teknologi baru yang membuat web menjadi cara yang lebih baik untuk berkomunikasi dan mencari tahu tentang hal-hal baru. Komputasi awan, yang memungkinkan Anda memproses dan menyimpan data di server jarak jauh, e-niaga, yang memungkinkan Anda menjual barang dan jasa melalui internet, aplikasi seluler, yang memungkinkan Anda mengakses web dari perangkat yang berbeda, dan media sosial, yang memungkinkan Anda berbagi informasi dan konten di berbagai platform, adalah contoh dari teknologi ini.

Inti dari Web 2.0 adalah memberi orang cara baru dan lebih baik untuk membuat dan menggunakan konten digital. Standar itu sendiri bukanlah hal baru. Standar web pertama yang banyak digunakan dibuat pada awal 1990-an. Satu masalah dengan standar web awal adalah bahwa mereka sulit untuk dipahami. Pengguna yang bukan ahli teknologi kesulitan memahaminya. Juga, standar dibuat oleh kelompok yang berbeda dengan tujuan yang berbeda, yang berarti bahwa mereka tidak selalu bekerja sama.

Sekarang ini begitu banyak media online yang tersedia di seluruh negara yang memberikan informasi kepada para pembacanya tentang berbagai hal menarik. Berita tersebut dapat di akses setiap hari dalam rangkuman berupa berita menarik hari ini atau bahkan secara akumulatif berita menarik minggu ini. Untuk indonesia sendiri, media online seperti GenBerita banyak menyajikan berita-berita seperti itu yang akan memanjakan pembacanya.