March 9, 2021
internet ranking seo

Bagaimana Pengoptimalan Seluler Dapat Meningkatkan Konversi

Bagaimana Pengoptimalan Seluler Dapat Meningkatkan Konversi

Tidak diragukan lagi orang menghabiskan lebih banyak waktu di ponsel mereka, khususnya untuk mengakses internet. Baik itu membaca berita, berbicara dengan orang yang dicintai atau berbelanja online, kebanyakan orang telah menjadikan penjelajahan internet seluler sebagai bagian utama dari kehidupan sehari-hari mereka.

Statista melaporkan bahwa lebih dari separuh lalu lintas situs web dunia berasal dari seluler. Ini adalah indikasi kuat bahwa pemilik situs web harus memprioritaskan pengoptimalan penelusuran seluler (SEO) sekarang lebih dari sebelumnya.

Selain mendapatkan lebih banyak lalu lintas ke situs Anda, pengoptimalan seluler dan pengoptimalan penelusuran seluler dapat membantu meningkatkan konversi dan meningkatkan keuntungan Anda.

Pada artikel ini, kita akan membahas cara membuat strategi SEO seluler yang sempurna untuk meningkatkan pengalaman pengguna seluler dan meningkatkan rasio konversi Anda.

Apa Itu Pengoptimalan Seluler?

Pengoptimalan seluler, juga disebut sebagai pengoptimalan mesin telusur seluler atau SEO seluler, adalah proses mendesain ulang situs web untuk meningkatkan pengalaman pengguna seluler dan meningkatkan konversi.

Di masa lalu, pengoptimalan untuk situs seluler semudah menerapkan desain responsif. Pengguna masih dapat melihat versi desktop situs, tetapi sebagian besar elemen situs akan menyesuaikan dengan ukuran layar perangkat seluler.

Namun, saat ini, optimasi SEO Mobile telah berkembang dan bisa menggunakan Jasa SEO Murah Mobile untuk meningkatkan konversi dari seluler.

Dengan Google meluncurkan pengindeksan pertama seluler pada tahun 2020, daya tanggap seluler tidak lagi cukup. Sekarang, situs web juga harus dioptimalkan untuk pengindeksan seluler terlebih dahulu.

Pada Juli 2020, Google menerapkan pengindeksan pertama seluler , yang berarti Google akan merayapi versi seluler situs web untuk menentukan pengindeksan dan peringkat. Ini adalah salah satu alasan utama SEO untuk seluler harus menjadi prioritas – Anda dapat membuat situs web Anda mendapat manfaat dari pembaruan pengindeksan pertama seluler Google.

Sebagian besar pengembang situs web harus mendesain ulang situs seluler dari awal untuk meningkatkan pengalaman pengguna seluler, memastikan bahwa pengunjung dapat menikmati navigasi seluler yang mudah yang sesuai dengan praktik terbaik pengindeksan pertama seluler Google.

Beberapa fitur umum dari situs yang dioptimalkan untuk seluler meliputi:

  • Desain responsif •
  • Desainsederhana dan rapi
  • Menu Hamburger
  • ombol besar dan tebal
  • Tanpa sidebar
  • Tidak ada popup (jika ada, harus mudah ditutup)
  • Teks yang dapat dipindai (diatur menurut subjudul dan poin-poin)
  • Gambar yang dikompresi untuk waktu muat lebih cepat

SEO seluler selalu mempertimbangkan pengalaman pengguna dalam menavigasi situs web. Pengunjung harus mudah melakukan pembelian, mendaftar ke layanan Anda, atau melakukan ajakan bertindak (CTA) apa pun yang Anda miliki di situs Anda.

Ponsel cerdas dengan aplikasi

Mengapa Pengoptimalan Penelusuran Seluler Penting?

Kebutuhan untuk mengoptimalkan pengindeksan seluler pertama yang diterapkan Google hanyalah salah satu alasan SEO seluler sangat penting. Ada banyak lagi manfaat menerapkan SEO untuk seluler, dan salah satunya adalah meningkatkan pengalaman pengguna seluler, yang dapat meningkatkan konversi dan memberi Anda laba atas investasi (ROI) yang menguntungkan.

Faktor pendorong lainnya adalah fakta bahwa lebih dari setengah pembeli online menggunakan ponsel cerdas mereka untuk tujuan ini. Ini menurut survei 2020 terbaru yang dilakukan oleh Episerver. Jika Anda mengabaikan pengoptimalan mesin telusur seluler, Anda akan kehilangan sebagian besar calon pelanggan. Anda tidak hanya perlu meningkatkan kegunaan seluler untuk kepuasan pelanggan, tetapi yang lebih penting untuk pengoptimalan konversi seluler.

Saat pengunjung dapat dengan mudah bertransisi menjadi pelanggan, situs web Anda telah membantu Anda memenuhi salah satu sasaran bisnis teratas Anda. Itulah mengapa demi kepentingan terbaik Anda untuk memprioritaskan pembuatan dan penerapan strategi SEO seluler untuk situs web bisnis Anda.

Baru-baru ini, Google mengumumkan bahwa mereka meluncurkan pembaruan algoritme baru yang disebut Pengalaman Halaman pada Mei 2021. Pembaruan akan mempertimbangkan pengalaman pengguna saat memberi peringkat situs untuk hasil pencarian. Dan, menurut Google, pengalaman pengguna mencakup kesesuaian untuk seluler situs web dan kecepatan situs.

Sebenarnya untuk bisa masuk halaman 1 Google kita juga perlu menargetkan keyword tertentu menggunakan Jasa Backlink Murah dari banyak seo specialist

Bagaimana Pengoptimalan Seluler Meningkatkan Konversi?

Cukup sulit untuk meyakinkan calon pelanggan untuk melakukan pembelian, jadi begitu mereka memutuskan untuk membeli dari Anda, Anda perlu menghilangkan kesulitan yang mungkin mereka hadapi saat melakukannya. Berfokus pada SEO untuk pengoptimalan konversi seluler adalah cara terbaik untuk memastikan hasil yang menguntungkan dari kampanye Anda.

Dengan situs web eCommerce, checkout satu langkah adalah contoh membuat transaksi pembelian secepat dan semudah mungkin. Seharusnya tidak ada gangguan atau kurangnya kejelasan tentang bagaimana seseorang dapat melakukan pembelian di situs web Anda.

Selama bertahun-tahun, pemilik bisnis telah berfokus pada pengoptimalan tingkat konversi situs web . Dengan semakin banyaknya konsumen yang menggunakan perangkat seluler mereka untuk berbelanja dan mencari bisnis, konversi seluler juga dengan cepat menjadi prioritas.

Cara Menerapkan SEO Untuk Seluler

Pakar SEO Seluler memiliki banyak pendapat dan saran tentang pengoptimalan situs web untuk pengguna perangkat seluler. Dari meningkatkan kecepatan situs hingga menghapus pop-up, ada daftar panjang taktik SEO seluler yang dapat Anda terapkan sebagai bagian dari pengoptimalan rasio konversi.

Aspek teknis untuk meningkatkan SEO seluler Anda mungkin bukan spesialisasi Anda, jadi sebaiknya mencari bantuan dari perusahaan SEO seluler yang memiliki pengalaman dengan pengoptimalan seluler WordPress atau menerapkan SEO untuk situs seluler yang dibangun di platform lain seperti Shopify atau Amazon.

Jika Anda lebih suka melakukan sendiri peningkatan SEO seluler, berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan.

Jalankan Audit SEO Seluler

Bagaimana Anda tahu jika situs Anda mendapat manfaat dari aturan pengindeksan seluler Google? Anda tidak akan tahu apa yang perlu dilakukan jika Anda tidak melakukan penelitian dan mengumpulkan data. Audit SEO seluler akan mengungkapkan kinerja SEO seluler situs Anda, memberi Anda wawasan tentang strategi SEO seluler apa yang akan diterapkan.

Salah satu cara untuk memulai audit SEO seluler Anda adalah dengan menggunakan alat pengujian kecepatan situs web seluler Google, Uji Situs Saya . Ini adalah sumber daya gratis yang dapat Anda gunakan untuk memahami bagaimana kinerja situs Anda terhadap pengindeksan pertama seluler Google.

Anda dapat memasukkan URL situs web Anda untuk mendapatkan informasi berikut:

  • Keramahan Seluler

Ini mengukur seberapa mudah bagi pengunjung untuk menggunakan situs Anda di perangkat seluler. Tombol kecil, petunjuk navigasi yang tidak jelas, dan kesulitan lain yang memengaruhi pengalaman pengguna seluler dapat menurunkan skor ini.

  • Skor Kecepatan Seluler Skor

ini mengukur seberapa cepat situs Anda memuat di seluler. Kami akan membahas cara meningkatkan kecepatan situs Anda nanti di artikel ini

  • Kecepatan Desktop

Angka ini menunjukkan seberapa cepat situs web Anda dimuat untuk pengguna desktop. Kecepatan situs di seluler dan desktop dapat sangat berbeda bergantung pada faktor-faktor seperti bandwidth dan struktur situs.

Segera setelah Anda mendapatkan gambaran yang jelas tentang posisi Anda dalam hal pengindeksan seluler pertama yang diberlakukan Google, Anda dapat membuat strategi untuk meningkatkan skor Anda.

Hapus Clutter

Situs seluler memiliki ruang terbatas dan tidak dapat menampilkan tata letak yang sama persis dengan versi desktop situs. Ini membuat navigasi seluler sedikit menantang.

Ambil sidebar, misalnya. Bilah sisi, yang merupakan kolom lebih kecil di kiri atau kanan situs web, sering kali didorong ke bawah pada versi seluler situs, sehingga pengguna harus menggulir ke bagian paling akhir halaman untuk melihatnya.

Menghapus sidebar tidak hanya menghilangkan kekacauan visual di situs seluler Anda, tetapi juga memungkinkan pengguna fokus pada konten utama situs.

Hal yang sama berlaku untuk pop-up dan iklan yang mengganggu pengalaman pengguna. Anggaplah tujuan akhir Anda adalah membuat pengunjung menggunakan CTA Anda, baik untuk:

  • Beli produk
  • Berlangganan layanan
  • Mendaftar untuk daftar email
  • Jadwalkan panggilan

Jika ini adalah tujuan Anda, tidak boleh ada gangguan lain dalam navigasi seluler situs Anda. Ketika semua yang ada di situs Anda mengarah ke konversi, Anda mendapatkan hasil yang lebih baik. Lebih penting lagi, pengindeksan seluler juga mempertimbangkan faktor-faktor ini.

Sedangkan untuk situs web WordPress, ada banyak tema dan plugin pengoptimalan seluler WordPress untuk membantu Anda memberikan desain minimalis dan bersih pada situs seluler yang meningkatkan SEO seluler Anda.