September 28, 2022

Bahaya Konsumsi Obat Tidur Dalam Jangka Panjang

Semakin banyak saja orang yang memiliki masalah kesehatan yaitu susah tidur. Hal ini tentu saja membuat pilihan mengkonsumsi obat tidur, jadi solusi karena dapat mengatasi permasalahan tersebut. Apalagi didukung pula dengan kemudahan beli obat online tanpa harus mengunjungi apotek.
Konsumsi obat tidur, tentu saja diperbolehkan namun dalam jangka pendek dan harus sesuai anjuran serta resep dokter. Obat tidur yang digunakan secara tidak tepat, akan menimbulkan efek samping bahkan berbagai permasalahan kesehatan. Apa saja masalah kesehatan dari bahayanya jangka panjang penggunaan obat tidur?

1. Parasomnia
Obat tidur dianjurkan penggunaannya memakai resep atau petunjuk dokter. Penggunaan obat tidur dalam jangka panjang, bisa menyebabkan parasomnia atau masalah perilaku yang muncul saat seseorang sedang tidur. Parasomnia mengakibatkan gangguan tidur berjalan atau tertidur saat berbicara dan makan. Perilaku ini terjadi karena konsumsi obat tidur yang sudah melebihi dosis.

2. Alergi
Kelebihan konsumsi obat tidur, juga bisa menyebabkan Anda merasakan reaksi alergi. Alergi yang bisa dikenali karena obat ini adalah kulit yang terasa gatal-gatal dan muncul bentol serta ruam. Selain itu biasanya Anda akan merasakan mual dan sakit perut, sesak nafas hingga jantung berdebar. Anda juga bisa merasakan sulit menelan, bengkak pada beberapa bagian wajah seperti mata, bibir hingga lidah dan tenggorokan dan masih banyak lagi.

3. Ketergantungan Obat
Konsumsi obat tidur berlebihan juga dapat menyebabkan Anda ketergantungan. Setelah gangguan tidur bisa teratasi, sebaiknya Anda berhenti untuk konsumsi obat ini. Biasanya dokter akan menyesuaikan dosis pemakaian sebelum obat tidur dihentikan penggunaannya.
Efek ketergantungan atau kecanduan pada obat tidur biasanya dilihat dari gejala pusing, sulit fokus dan perubahan mood yang ekstrem. Bahkan untuk tingkat yang lebih tinggi, bisa menyebabkan gangguan psikologi seperti misalnya muncul rasa cemas berlebihan.

4. Sulit Fokus
Obat tidur yang dikonsumsi melebihi dosis juga dapat menurunkan daya ingat dan fokus. Bahkan bisa pada tingkat yang paling parah yaitu membuat Anda hilang ingatan, karena memang efek sampingnya mengganggu kualitas hidup. Anda bahkan kesulitan untuk menjalani kehidupan sehari-hari mulai dari bekerja hingga melakukan banyak aktivitas.

Efek samping lainnya yang bisa dirasakan untuk konsumsi obat tidur dalam jangka panjang yaitu penyakit ginjal, tekanan darah bahkan penyusutan jaringan otak yang umumnya terjadi pada lansia. Untuk itu sebelum konsumsi obat tidur apalagi jika beli obat online, pastikan sudah konsultasi terlebih dahulu dengan apoteker ataupun dokter.
Dapatkan konsultasi gratis dengan mengunjungi toko obat online terpercaya yakni Apotek24Jam. Apotek online ini memberikan konsultasi lewat apoteker berpengalaman dan sudah bersertifikat. Di apotek ini juga memungkinkan beli obat bebas ataupun obat dengan resep dokter dengan cara yang mudah. Informasi lebih lengkap bisa langsung kunjungi apotek24jam.id.