January 22, 2022

Beberapa Poin Yang Harus Diperhatikan Saat Melakukan Konsultasi Program Hamil

Saat ingin melakukan program hamil, tentu penting untuk terlebih dahulu melakukan yang namanya konsultasi program hamil. Konsultasi ini menjadi penting untuk mengetahui banyak hal seputar kehamilan. Terutama bagi Mom dan Ayah yang memang baru pertama kali mengikuti program hamil.

Mom dan Ayah mungkin akan minum kapan waktu yang tepat saat melakukan konsultasi program hamil. Tapi sebelum itu, ketahui pula beberapa poin penting yang harus diperhatikan saat melakukan konsultasi dengan dokter kandungan.

1. Pemeriksaan Riwayat Kesehatan

Biasanya dokter akan melakukan beberapa pengajuan pertanyaan seputar riwayat kesehatan. Dokter akan menanyakan seputar riwayat kesehatan Mom, agar jika terdapat masalah bisa dikendalikan terlebih dahulu sebelum masa kehamilan terjadi. Dokter juga akan menanyakan seputar riwayat kesehatan keluarga. Misalnya apakah ada keluarga yang memiliki penyakit diabetes, hipertensi dan lain-lain.

Tidak lupa juga Dokter harus mengetahui bagaimana riwayat reproduksi. Bagaimana riwayat menstruasi, penggunaan alat kontrasepsi hingga hasil pap smear.

Apakah Mom sebelumnya memiliki penyakit menular seksual juga akan dibahas. Selain itu terdapat konsultasi lainnya seputar riwayat bedah yang mungkin pernah Mom lakukan hingga riwayat vaksinasi. Terutama bagi ibu yang belum mendapat vaksin rubella dan cacar air.

Penting juga diketahui jenis obat yang mungkin Mom konsumsi selama ini. Karena pada beberapa kasus terjadi, Mom diharuskan untuk mengubah pengobatan agar bisa meminimalisir bayi cacat lahir. Perlu juga diketahui bagaimana lingkungan rumah atau lingkungan kerja Mom. Mom perlu memberitahukan kemungkinan-kemungkinan yang membahayakan pada lingkungan kerja atau lingkungan rumah yang bisa saja menyulitkan Mom untuk hamil. Gaya hidup Mom juga akan dibahas pada tahap ini, karena pola hidup yang tidak sehat akan menghalagi janin akan sehat nantinya.

2. Pemeriksaan Fisik

Selanjutnya adalah tahapan pemeriksaan fisik. Ini diawali dengan pengukuran berat badan, karena penting untuk mencapai berat badan yang ideal ketika Mom akan mengikuti program hamil. Jika memiliki kelebihan berat badan, Mom wajib menurunkan berat badan agar mengurangi resiko komplikasi saat hamil. Atau ketika Mom kekurangan berat badan maka harus menambah berat badan pula.

Mom juga harus melakukan pemeriksaan tanda vital seperti evaluasi jantung, paru-paru, tiroid payudara hingga perut. Pemeriksaan bagian panggul dilakukan dengan memasukkan jari ke dalam vagina untuk pemeriksaan rahim dan leher rahim.

3. Pemeriksaan Laboratorium

Saat konsultasi program hamil, juga akan menjelaskan bahwa pemeriksaan laboratorium. Pemeriksaan ini meliputi beberapa tahap mulai dari pemeriksaan rubella, hepatitis, HIV, sifilis dan masih banyak lagi sesuai dengan indikasi.

Jadi itu tadi beberapa hal yang penting diketahui sebelum melakukan konsultasi program hamil. Untuk menentukan program hamil yang tepat tentu Mom juga harus menemukan klinik atau rumah sakit yang tepat. Mom bisa mendapatkan klinik terbaik yaitu pada Klinik Kehamilan Sehat. Klinik ini sudah tersebar dimana-mana setidaknya ada di 15 kota yang ada di Indonesia.

Menariknya, klinik ini memberikan harga kompetitif untuk program kehamilan mulai dari 1 juta saja. Mom dan Ayah akan melakukan program hamil juga akan ditangani langsung dengan dokter SpOG. Semua tenaga medisnya sudah tersertifikasi dan berpengalaman dengan SOP yang tepat.  Meski masih berbentuk klinik,  Klinik Kehamilan Sehat adalah  tempat dengan hospital grade service, yang artinya kualitasnya sudah setara dengan rumah sakit. Adapun proses alur pemeriksaan program hamil pada Klinik Kehamilan Sehat, dimulai dengan pemeriksaan terlebih dahulu kemudian pemeriksaan tensi darah. Setelah itu Mom akan melakukan USG transvaginal, konsultasi program hamil, pembahasan hasil USG lalu melakukan pembayaran untuk proses administrasi. Untuk informasi lebih lengkap Mom bisa kunjungi kehamilansehat.com.