November 25, 2020

Bisnis Service Kipas Angin

Kipas angin mudah rusak dan ini adalah masalah semua orang. Rasanya tidak ada rumah tangga yang tidak mengalami masalah pada kipas angin mereka sama sekali. Oleh sebab itu, service kipas angin menjadi begitu dibutukan dan diandalkan.

Bisnis service kipas angin seperti sewa kipas blower adalah peluang usaha yang menggiurkan dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Ya, siapa saja karena beberapa alasan:

  1. Simpel

Bisnis kipas angin ini sangat simpel sekali. Komponen didalamnya tidak banyak. Cara kerjanya mudah dipahami. Dan tutorialnya tersedia dalam jumlah yang sangat banyak di YouTube. Jadi tidak ada alasan seseorang tidak memulai bisnis kipas angin karena mereka tidak punya keahlian atau kemampuan dan pemahaman dalam hal kipas angin.

  1. Modal yang diperlukan sedikit

Modal utama yang diperlukan adalah pengetahuan, kemampuan, pemahaman dan jam terbang yang tinggi. Namun dalam hal jam terbang yang tinggi, anda bisa tingkatkan seiring waktu. Untuk peralatan memperbaiki kipas angin tidak begitu rumit dan mahal. Kipas angin bukanlah peralatan yang rumit seperti TV atau smartphone.

Dan jika anda tertarik memulai bisnis ini, berikut tips yang bisa anda ikuti:

  1. Pelajari

Seperti yang telah disinggung selumnya, modal atau aset utama dalam bisnis ini adalah pengetahuannya. Jadi anda bisa mempelajari terlebih dahulu sebelum terjun ke bisnis ini dengan bertanya kepada orang yang jauh lebih paham atau mungkin sudah terjun ke bisnis service kipas angin.

  1. Siapkan modal

Modal meskipun yang dibutuhkan sedikit namun bukan berarti anda tidak perlu modal sama sekali. Peralatan seperti obeng, tespen, AVO meter dan peralatan lain yang mendukung. Selain itu anda juga membutuhkan tempat operasionalnya.

  1. Kembangkan

Jika bisnis anda sudah berkembang, jangan lupa untuk merekrut pegawai untuk membantu anda mengerjakan tugas-tugas. Dan jika seandainya anda tidak dapat menghandle nya sama sekali, anda bisa merekrut lebih banyak pegawai dan mulai menjadi manajer yaitu orang yang mengatur keuangan, sumber daya manusia dan bagian promosi dan pemasarannya.