June 18, 2021
Cara Cek BPOM

Cara Cek BPOM Online, No Ribet!

Cara Cek BPOM Online, No Ribet! – Warga harus jadi customer pintar dengan lakukan check produk BPOM lewat cara online berdikari. Tubuh Pengawas Obat dan Makanan atau Tubuh POM sudah memberikan fasilitas mekanisme itu sebagai usaha membuat perlindungan keselamatan customer berbahan kimia beresiko pada produk kecantikan dan pangan.

Hal tersebut sudah pasti mempermudah customer untuk ketahui aman tidaknya satu produk yang bakal dimakan atau dipakai ke badan. Ditambah sekarang ini ramai tersebar kosmetik atau makanan yang memiliki kandungan zat beresiko di pasar.

 

8 Manfaat Tanaman Bidara Arab

Cari Pabrik Maklon Kosmetik dan Skincare Terbaik? Cek Disini

 

Ketentuannya juga termasuk gampang, customer perlu input nomor register, nama produk, merk, sampai nama pendaftar. Dengan bekal itu, customer dapat ketahui apa produk itu telah tercatat dengan cara resmi atau memang belum di website sah BPOM.

Dengan memeriksa produk BPOM lewat cara online, warga bisa menyamakan nomor BPOM yang tercantum di produk paket cuman lewat pegangan handphone.

Disamping itu, BPOM bekerja dan mempunyai peranan sesuai Ketentuan Presiden Nomor 80 Tahun 2017 mengenai Tubuh Pengawas Obat dan Makanan. BPOM memiliki hak memberi cap sah pada semua tipe obat, obat tradisionil, suplemen kesehatan, kosmetik, sampai produk pangan olahan.

Oleh karenanya, sebaiknya customer perlu pahami secara baik bagaimana proses atau langkah check produk BPOM lewat cara online.

Masalahnya bila sebuah produk tidak ada nomor register dari BPOM, maknanya produk itu harus dicurigai keamanannya karena dicemaskan beresiko beresiko untuk kesehatan serta keselamatan orang yang mengonsumsinya.

Langkah Check Produk BPOM lewat Web

Langkah ini benar-benar gampang dipakai saat customer punya niat lakukan check produk BPOM lewat cara online ketika ada di pusat belanja. Tetapi saat sebelum meneruskan, yakinkan handphone customer tersambung dengan koneksi internet yang konstan.

Langkah check produk BPOM lewat web cekbpom.pom.go.id selanjutnya check detil produk

  1. Membuka browser dan akses situs di alamat https://cekbpom.pom.go.id/
  2. Customer akan dibawa ke penampilan homepage situs, yang tampilkan mencari produk berdasar (Nomor register, Nama produk, Merk, Jumlah dan paket, Wujud sediaan, Formasi, dan Nama pendaftar)
  3. Tentukan salah satunya kelompok dan isi kolom ‘kata kunci’
  4. Sesudah pastikan isi produk yang ingin dicari secara tepat, click tombol ‘cari’
  5. Data komplet produk yang mencakup Nomor register, detil produk sampai pendaftar produk berkaitan

Langkah termudah saat lakukan pengujian nomor BPOM satu produk dengan lakukan pengujian berdasar merk atau nama produknya.

Sedang bila nomor BPOM telah tercantum di paket produk, karena itu customer tinggal menyamakan keaslian info produk itu. Karena ada juga beberapa produk yang mempunyai BPOM palsu, tetapi tetap bisa lolos di pasar.

 

Baca juga: Cerita Akhir Dari Virus Corona

 

Langkah Memberikan laporan Produk Meresahkan

Customer yang mendapati bukti kekeliruan di atas lapangan, bisa selekasnya melapor ke BPOM, supaya kasus itu selekasnya dilakukan tindakan. Sudah pasti ada beberapa isian form dimulai dari data diri customer pelapor, isian aduan, alamat pencapaian produk, sampai mengupload bukti produk yang diduga beresiko.

Berikut tingkatan melapor BPOM palsu atau produk yang tidak mempunyai BPOM tetapi terjun bebas di pusat belanja besar di kota.

  1. Membuka browser dan akses situs di alamat https://ulpk.pom.go.id/
  2. Tentukan dan click menu ‘Form Aduan’
  3. Isi semua isian formulir secara tepat
  4. Click tombol ‘kirim’

Langkah Check Produk BPOM lewat Program

Tidak jauh lain dengan pengujian BPOM produk lewat web, langkah yang ini mempermudah customer lakukan pengujian lewat cara online, tak perlu menuliskan url alamat situs sah BPOM.

Customer perlu sekali click pada program yang telah dipasang baik di handphone dengan mekanisme operasi Android atau iOS. Turuti beberapa tutorial singkat berikut, supaya penelusuran yang dilaksanakan pas dan efisien.

 

Baca juga: Apa itu Hyaluronic Acid?

 

  1. Ambil program ‘cek BPOM’ lewat Play Store atau AppStore
  2. Pasang dan lakukan program di handphone customer
  3. Customer akan dihidangkan tiga kolom khusus, dengan setiap submenu yang lain
  4. Tentukan sama sesuai keperluan dari (Semua produk, produk teregistrasi, produk diurungkan, atau public warning)
  5. Tentukan sama sesuai keperluan dari (Nomor register, nama produk/nama dagang, atau nama produsen/importir)
  6. Tulis penelusuran di isian ‘kata kunci pencairan’

Sesudah sukses, customer akan dihidangkan detil produk selengkapnya, yang mencakup Nomor, Nama produk, Pendaftar dan Tempat produk dibikin.