September 24, 2021
Cara Efektif Tingkatkan Kemampuan Kognitif Anak

Cara Efektif Tingkatkan Kemampuan Kognitif Anak

Sebelum masuk ke pembahasan lebih dalam, terlebih dahulu apakah Anda sudah mengerti apa yang dimaksud dengan kemampuan kognitif? Kognitif merupakan suatu kemampuan yang melibatkan otak untuk berpikir, memahami, memecahkan masalah, mengingat, serta mengambil keputusan.

Kemampuan ini akan terus berkembang terutama pada anak-anak yang sedang dalam proses pertumbuhan. maka dari itu penting untuk diperhatikan. Jika Anda ingin memastikan perkembangan kognitif si kecil lebih baik, maka lakukan hal-hal berikut.

Tingkatkan Kemampuan Kognitif Anak dengan Cara Efektif Ini

Si kecil yang disuruh belajar di usia dini pasti akan merasa tidak semangat, lelah dan mudah bosan. Jangankan anak-anak, orang dewasa saja pasti akan merasa bosan dan jenuh saat disuruh belajar terus menerus. Namun perlu diketahui bahwa cara meningkatkan kognitif si kecil tidak hanya dilakukan dengan belajar ya, Bunda.

Seperti berikut ini, terdapat beberapa cara efektif dalam mengembangkan kognitif anak yang bisa membuat si kecil lebih bersemangat serta tidak mudah merasa bosan. Yuk ikuti!

1. Mengajak Bermain

Mengajak anak bermain dapat membantu mempercepat perkembangan daya kreatifitasnya, apalagi permainan yang dimainkan membuat mereka berpikir dan berusaha memecahkan masalah. Beberapa permainan yang membuat si kecil berpikir seperti bermain pasang balok atau puzzle sesuai bentuk dan gambarnya. Anak pasti akan mulai berpikir apakah puzzle atau balok yang disusun sudah sesuai dengan bentuk dan tempatnya masing-masing.

2. Memulai Diskusi

Sebelum pulang sekolah, biasanya guru-guru akan melakukan tanya jawab dan mengajak anak-anak berdiskusi tentang hal apa saja yang mereka kerjakan selama jam sekolah. Di sini, guru dapat menilai karakter siswanya, apakah anak tersebut seorang pemalu atau paling aktif dalam kelas.

Sebagai orang tua, Anda juga dapat mencontoh cara ini untuk mengetahui seberapa antusias si kecil menceritakan kegiatannya. Anak-anak pada umumnya memiliki keingintahuan yang besar, dan sudah menjadi tugas Anda untuk sabar dalam menjawab setiap pertanyaan mereka. Jadi, inilah cara paling efektif membantu si kecil meningkatkan kemampuan berpikir atau kognitif selanjutnya.

3. Membacakan Cerita

Saat Anda membacakan anak sebuah cerita, mereka akan membuat imajinasinya sendiri sambil mendengarkan cerita yang sampaikan. Maka dari itu, jangan pernah menyampaikan cerita yang tidak memiliki pesan atau nilai positif, utamakan cerita-cerita yang mengandung kedua hal tersebut dan pastinya berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

4. Mengkonsumsi Makanan Sehat

Kemampuan berpikir atau kognitif anak juga bisa ditingkatkan melalui makanan-makanan yang dikonsumsinya. Jadi, berikan makanan sehat, tepat, dan kaya manfaat bagi perkembangan otak. Misalnya ikan salmon, alpukat, kacang walnut, maupun makanan lain yang memiliki nutrisi penting bagi kualitas otak.

5. Memberikan Asupan Nutrisi yang Tepat

Sebagai orang tua, memang sudah menjadi tugas utama Anda memperhatikan perkembangan kognitif anak. Untungnya saat ini ada berbagai produk Nutricia Indonesia yang mampu memberikan asupan nutrisi terbaik untuk perkembangan otak si kecil.

Jadi, itulah 5 cara efektif tingkatkan kemampuan kognitif anak yang dapat dilakukan setiap orang tua. Selamat mencoba ya, bunda.