September 28, 2022

Cara Membuat Lingkungan Jarak Jauh yang Ideal dalam 3 Langkah Mudah

Berkat teknologi modern yang ada di virtual office jakarta pusat, karyawan tidak perlu lagi terikat dalam peraturan kantor fisik. Faktanya, banyak perusahaan modern tidak memiliki ruang kerja sama sekali dan bekerja di lingkungan yang benar-benar jauh. Namun, beberapa perusahaan mungkin memiliki kekhawatiran tentang pendekatan yang mengutamakan jarak jauh. Misalnya, karena karyawan Anda tidak secara fisik bersama Anda, mungkin sulit untuk memastikan mereka bekerja secara efektif selama jam kantor. Jadi, sebagai manajer atau pendiri, bagaimana Anda memastikan akuntabilitas di antara anggota tim jarak jauh Anda?

Selanjutnya, kita akan mengeksplorasi cara membuat lingkungan kerja jarak jauh yang ideal secara mendetail:

  1. Rekrut Karyawan Jarak Jauh Secara Adaptif

    Tidak setiap orang cocok untuk pekerjaan jarak jauh. Jadi, sebelum Anda mulai merekrut untuk posisi jarak jauh, Anda harus menjelaskan harapan yang diperlukan dari karyawan jarak jauh agar dapat fokus di lingkungan kerja jarak jauh. Untuk melakukan ini, Anda perlu menentukan dengan jelas persyaratan untuk posisi tersebut saat menulis posting pekerjaan jarak jauh. Ini mungkin termasuk memiliki koneksi internet yang stabil, perangkat milik sendiri, dan yang lebih penting, kemampuan untuk berkomunikasi dengan jelas melalui saluran online. Ini akan membantu calon karyawan untuk menilai apakah mereka dapat bekerja secara produktif dan sesuai dengan persyaratan yang diajukan oleh perusahaan atau tidak.

  2. Buat Alur Kerja yang Sesuai untuk Tim Jarak Jauh Anda

    Karena pekerjaan jarak jauh memerlukan pendekatan disiplin untuk mengerjakan tugas, Anda harus mengikuti protokol tugas untuk memastikan tidak ada yang hilang dalam pengacakan. Untuk itu, Anda dapat menggunakan alat manajemen proyek berbasis cloud untuk manajemen tugas yang efektif. Selain itu, Anda harus menggunakan alat kolaborasi waktu nyata seperti Zoom maupun MS Teams untuk menjaga setiap anggota tim tetap terhubung. Ini memastikan bahwa umpan balik yang berharga tidak hilang dalam rantai email yang tidak pernah berakhir dan juga menciptakan transparansi di antara anggota tim.

  3. Lacak Produktivitas Tim

    Terakhir, Anda dapat memanfaatkan solusi teknologi modern seperti Time Doctor untuk memastikan akuntabilitas dalam tim Anda. Time Doctor adalah alat manajemen kinerja dan pelacakan waktu karyawan yang digunakan oleh perusahaan besar, seperti Verizon dan Ericsson, serta usaha kecil, seperti virtual office jakarta, untuk meningkatkan produktivitas karyawan. Perangkat tersebut memiliki antarmuka pengguna yang sederhana dan fitur manajemen tenaga kerja, cocok untuk tim jarak jauh.

    Perangkat lunak produktivitas seperti Time Doctor dapat membantu karyawan Anda memahami pola kerja mereka dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memperbaikinya.

    Mari kita lihat beberapa fitur utama Time Doctor:

    • Pelacakan Waktu: Lacak waktu yang dihabiskan untuk proyek, tugas untuk karyawan jarak jauh Anda, dan tim outsourcing.

    • Pelacakan Waktu Idle: Pelacakan waktu idle membantu melihat apakah karyawan Anda menganggur atau mengerjakan tugas.

    • Tangkapan layar: Pantau apa yang sedang dikerjakan karyawan Anda dengan bantuan fitur tangkapan layar.

    • Laporan Produktivitas yang Luas: Akses laporan real-time yang komprehensif seperti laporan kehadiran, laporan waktu, laporan proyek dan tugas, dan banyak lagi untuk memahami kinerja karyawan.

    • Ekstensi Chrome yang Kuat: Untuk mengintegrasikannya dengan aplikasi produktivitas lain seperti Trello, Asana, dan Evernote.

    Dengan cara ini, perangkat lunak Time Doctor menyederhanakan manajemen tim jarak jauh lebih baik dari sebelumnya.

    Dan jika Anda adalah penyedia layanan, Anda dapat dengan mudah menagih klien Anda menggunakan manajemen proyek dan fitur penggajian terbaik Time Doctor.