January 22, 2022

Cara Menggunakan SOLIDWORKS Simulation

Secara general, penggunaan SOLIDWORKS Simulation dengan cara Download SOLIDWORKS tidak jauh berbeda dengan software lain yang berbasis metode elemen hingga. Persiapan geometri, penyederhanaa, proses penginputan batasan kondisi, proses meshing, kalkulasi runner, hingga pembacaan data hasil simulasi.

Pada tutorial sederhana ini kita akan hanya berfokus pada proses penginputan batasan kondisi pada simulasi di part yang sederhana.

Setelah proses modelling sudah selesai dan desain sudah siap disimulasikan, user dapat mengaktifkan add-in simulasi untuk memunculkan tab command manager SOLIDWORKS Simulation, lalu klik “create new study”. Kemudian akan muncul dialog box yang menampilkan analisa apa saja yang bisa dilakukan di dalam SOLIDWORKS Simulation.

Banyak pilihan analisa yang disediakan oleh SOLIDWORKS Simulation, dari analisa statik hingga analisa dinamik dan nonlinear. Sekarang kita akan mulai dengan menggunakan Static Analysis. Pilih “static analysis” lalu klik “OK”.

Selanjutnya akan muncul Simulation treemanager menggantikan design treemanager. Dan bertambah satu sheet baru khusus untuk simulation pada bagian bawah dari user interface.

Sederhananya, dalam pengaplikasian batasan kondisi, user dapat mengikuti urutan “simulation tree manager” untuk memenuhi pengaturan yang dibutuhkan. Ada beberapa folder yang muncul pada simulation tree manager, dan akan langsung kita bahas sekaligus fungsi dan definisinya disini :

  1. Folder part/komponen

Pada bagian ini total part/komponen yan dimunculkan bergantung dari berapa body (untuk file part) / komponen (untuk file assembly) yang ada. Disini kita bisa mendefinisikan bahan yang digunakan model. Klik kanan pada part/komponen lalu pilih “apply/edit material..”.

akan muncul dialog box material > pilih material > klik Apply > Close.

Pada level assembly, akan ada pilihan “apply/edit to all…” atau bisa juga dengan memblok beberapa komponen tertentu yang memiliki tipe material sama.

  1. Folder “Connections”

Dengan mengklik kanan folder ini akan muncul semua definisi yang berhubungan dengan pengkondisian “sambungan” maupun tipe “interaksi part” seperti apa yang akan terjadi ketika simulasi dilakukan.

Tipe interaksi part adalah bagaimana suatu bagian dari komponen bereaksi ketika bertemu dengan satu bagian komponen yang lain. Ada beberapa pengaturan yang bisa dibuat misal “bonded”, jika ingin mendefinisikan adanya dua part yang saling menempel, dan ada juga “no penetration” contact untuk tipe kondisi dua part yang bisa saling berbenturan. Penggunaan ini hanya dilakukan pada multibody part atau Assembly.

 Lalu ada juga tipe sambungan yang bisa kita gunakan seperti spring, bolt, bearing, dan pin. Tipe-tipe sambungan ini digunakan agar komponen-komponen standard tidak perlu diinput geometrinya, karena akan memakan waktu mesh dikarenakan ukuranya yang kecil. Tipe-tipe sambungan yang umum digunakan bisa didefinisikan saja pada lubang atau tempat yang diinginkan.

  1. Folder “fixture”

    Sepeti namanya, folder ini adalah gudangnya definisi “tumpuan”. Pada sisi ataupun titik yang dijadikan tumpuan, merupakan bagian-bagian yang dianggap tidak bergerak atau dibatasi pergerakanya ketika simulasi dilakukan. Beberapa standard fiture yang digunakan misalnya “fixed geometry”, “Sliding”, dan “Hinge”. Hal ini bersifat mandatory, karena seperti halnya kondisi real dari suatu desain, akan ada bagian yang menumpu misalnya sisi yang menempel dengan tanah.

    1. Folder “external load”

    Pada sesi ini akan muncul pilihamn tipe pembebanan yang terjadi di seluruh model. Bentuk beban sendiri tentu harus disesuaikan dengan apa yang terjadi ketika model dibebani. Banyak “external load”yang bisa digunakan dengan tipe satuan yang akan otomatis dikonversi ketika diganti.

    1. Folder “mesh”

    Mesh adalah hal yang tidak terpisahkan pada software-software analisa berbasis metode elemen hingga. Klik kanan dan pilih create mesh untuk memulai penginputan tipe mesh dan memulai proses meshingnya. Ukuran elemen yang disediakan SOLIDWORKS sendiri bisa diatur dalam parameter yang disediakan, dalam kasus ini kita hanya menggunakan default size dan elemenya.