June 29, 2022

Cara Mengukur Cincin Untuk Perempuan

Memberikan cincin sebagai hadiah untuk orang yang tersayang tentu akan menjadi kado yang spesial. Namun seringkali Anda pun tidak mengetahui secara pasti berapa ukuran jarinya. Apalagi jika Anda enggan bertanya karena ingin menjadikannya sebagai kejutan. Berikut ini ada beberapa cara mengukur cincin yang bisa dilakukan, diantaranya : 

Cara Mengukur Cincin Untuk Perempuan

  • Gunakan Ring Sizer 

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui ukuran jari adalah menggunakan ring sizer. Ring sizer sendiri merupakan alat pengukur diameter jari yang hasilnya sangat akurat. Ukuran standar ring sizer untuk wilayah Asia berkisar antara 1-33. Namun apabila menggunakan alat ini, harus dipraktekkan dengan mengukur langsung jari si penerima cincin. 

  • Gunakan Kertas 

Selain menggunakan ring sizer, untuk mengukur jari, Anda juga dapat memanfaatkan kertas. Anda hanya perlu memotong kertas menjadi bentuk persegi panjang. Anda dapat memotong kertas dengan ukuran lebar sekitar 1 cm dan panjang sekitar 12 cm. Jika sudah, lingkaran pada jari potongan kertas tersebut untuk mengetahui ukuran cincin. 

  • Gunakan Benang 

cara berikutnya yang paling sering dipraktekkan adalah cara mengukur cincin dengan benang. Anda hanya perlu menyiapkan sehelai benang, gunting, pensil, dan penggaris. Kemudian lingkaran pada jari untuk menemukan ukuran cincin yang tepat. Jika sudah, Anda dapat menandai pada titik yang sesuai dengan pensil. Kemudian potong menggunakan gunting. 

Anda tinggal mengukur dengan penggaris untuk panjang benang yang dilingkarkan di jari. Setelah itu, maka Anda akan mendapatkan ukuran cincin yang sesuai dan bisa menjadikan cincin tersebut sebagai kado. 

  • Gunakan Cincin Yang Sudah Ada 

Cara lainnya yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui ukuran cincin orang yang akan diberi kado, maka tinggal gunakan saja cincin yang sudah ada. Anda dapat meminjam cincinnya terlebih dahulu untuk dibawa ke toko perhiasan. Jika tidak memungkinkan, Anda juga dapat menggambarnya di atas kertas lalu mengukurnya. 

Anda akan mendapatkan ukuran yang lebih akurat dan mendapatkan cincin sesuai dengan keinginan dan tentunya pas di jari penerima. Selain kertas, Anda juga dapat menggunakan benang untuk mengukur cincin sebelum dikembalikan kepada pemiliknya. 

  • Gunakan Foto Jari 

Jika Anda ingin menggunakan cara yang sangat rahasia, Anda dapat mencoba dengan menggunakan foto jari dari calon penerima. Anda hanya perlu menggunakan foto jari orang terkasih yang akan menerima kado Anda. Dengan foto tersebut, Anda dapat langsung berkonsultasi dengan staf ahli di toko perhiasan untuk ukuran cincin yang tepat. 

Itulah cara mengukur cincin perempuan yang sangat mudah untuk dilakukan. Karena ukuran setiap jari itu sangat beragam, hendaknya melakukan pengukuran secara akurat terlebih dahulu agar cincin yang dibeli juga sesuai dengan jari si penerima.