January 22, 2022
ciri-ciri murai batu

Ciri-Ciri Burung Murai

Murai ini mempunyai beberapa ciri-ciri morfologi yang sama, walaupun pada setiap jenis yang berbeda habitatnya di berbagai kepulauan dan wilayah.

Ciri-ciri morfologis tersebut dapat terlihat dengan jelas pada bagian tubuhnya seperti dibawah ini:

  • Warna Bulu Yang Unik

Memiliki warna tubuh yang dominan hitam, kecuali warna tubuh bagian bawah yang memiliki warna berbeda. Pada tubuh bagian bawah warna yang dominan adalah warna-warna merah terang ataupun warna jingga yang pudar.

Di bagian kepala memiliki semburat warna biru yang unik, dan ada juga jenis yang memiliki gradasi warna hitam pekat dan warna cerah pada bagian leher dan kepala.

Murai Irian memiliki keunikan tersendiri dengan dahi yang berwarna, dan ujung bulu yang mempunyai warna hijau berminyak

  • Ekor Yang Panjang

Spesies murai ini memiliki ekor yang cukup panjang, dengan ukuran hingga mencapai 29-30 cm. Ekor ini memiliki keunikan akan berdiri tegak saat terkejut ataupun pada saat sedang berkicau merdu.

Tetapi pada beberapa jenis murai lainnya, ukuran ekornya dapat juga berukuran lebih pendek dari ukuran standar yang dimiliki yaitu sekitar 15-20 cm.

Beberapa pendapat mengatakan, bahwa ukuran ekor yang lebih pendek merupakan suatu keberuntungan tersendiri pada burung, karena staminanya tidak mudah terkuras sehingga akan mampu berkicau lebih lama.

  • Ukuran Tubuh Spesifik

Memiliki ukuran panjang tubuh sekitar 14-17 cm. Burung jantan memiliki ukuran tubuh yang jauh lebih besar dari yang betina. Beberapa jenis Murai, mempunyai tubuh yang berukuran lebih kecil dan juga lebih besar dari ukuran standard yang ada.

Pada jenis spesies murai yang memiliki ukuran tubuh lebih kecil, daya tempur dan daya tahan tubuhnya relatif lebih baik. Murai yang memiliki daya tarung yang cukup bagus, biasanya berasal dari hasil perkawinan silang antara dua jenis Murai yang berbeda.

  • Jenis Kelamin

Burung ini memiliki dua jenis kelamin yaitu jantan dan betina. Jika kamu ingin dapat melihat jenis kelamin pada burung tersebut, sebaiknya menunggu hingga berumur satu bulan. Karena sebelum umur tersebut jenis kelamin belum terlihat jelas.

Murai betina mempunyai ukuran paruh yang lebih kecil dan lebih melengkung dibandingkan yang jantan. Ukuran matanya juga terlihat lebih standard.

Perbedaannya lainnya dengan murai jantan juga dapat terlihat dari bentuk ukuran kepala, dan tulang kaki yang juga terlihat lebih kecil dan pendek.

  • Suara Merdu

Suara Murai terkenal karena kemerduannya, dan biasa diikut sertakan dalam berbagai kompetisi dan lomba kicau burung di berbagai wilayah Indonesia. Salah satu kriteria dari lomba ini adalah mencari suara yang gacor dan merdu untuk didengar.

Suara yang dimiliki burung jantan lebih lantang dan mempunyai lebih banyak variasi dibandingkan dengan yang betina. Murai betina memiliki jenis dan volume suara yang lebih kecil dan pelan.

Beberapa jenis murai juga dikenal karena memiliki jenis variasi suara yang beraneka ragam.

Sumber Referensi Artikel Burung : https://duniakicau.net/