January 24, 2021

Daftarkan Toko Online Anda Sebagai Seller UMKM di Pasar Digital!

Banyak sekali UMKM yang saat ini sudah terjun ke dunia digital. Hal ini ditandai dengan lahirnya beberapa marketplace yang mulai mendominasi pasar di Indonesia saat ini. Apalagi digital sekarang sudah menjadi konsumsi yang sangat lumrah bagi kaum milenial.

Banyak juga dari mereka yang lebih memilih melakukan transaksi secara online ketimbang harus berkunjung ke toko offline. Keuntungan pertama yang mereka dapatkan adalah mereka bisa langsung mengetahui ketersediaan stok barang jika berbelanja secara online. Keuntungan kedua, dengan mengetahui stok barang mereka jadi tidak perlu membuang waktu serta tenaga untuk mencari tahu barang itu tersedia atau tidak. Ketiga, marketplace saat ini sudah banyak menawarkan promo-promo yang menarik.

Pola bisnis ini diadopsi oleh pemerintah ditandai dengan lahirnya ekosistem situs jual beli barang dan jasa BUMN yakni Pasar Digital UMKM atau yang lebih dikenal dengan isitlah PaDi UMKM. Jadi ke depannya pengadaan barang dan jasa BUMN akan melalui sebuah wadah online bernama PaDi yang berisikan UMKM dari seluruh Indonesia.

Memang saat ini baru sekitar 27 ribu unit UMKM yang bergabung dari total 64 juta UMKM yang ada di seluruh Indonesia. Tetapi kabar baiknya, per tahun 2021 akan ada peningkatan pesat dari jumlah UMKM yang akan bergabung. Karena jumlah itu juga kebanyakan merupakan masih dari UMKM yang dibina oleh BUMN-BUMN yang ada di Indonesia.

Dengan banyaknya UMKM yang bergabung tentunya akan menambah variasi produk barang maupun jasa yang akan ditawarkan kepada BUMN. BUMN sendiri pun jadi tidak perlu repot, bingung ataupun capek ketika ingin melakukan belanja barang dan jasa. Karena mereka cukup mencari barang dan jasa secara online.

Diharapkan UMKM dapat menyerap anggaran belanja BUMN di tahun 2021 nanti. Kita semua tahu anggaran belanja barang dan jasa BUMN tidaklah kecil. Jika sebagian besar bisa diserap oleh UMKM di Indonesia, tentu hal itu bisa berdampak baik bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia khususnya UMKM.

PaDi UMKM menawarkan berbagai variasi pengadaan barang/produk dan jasa dari daftar UMKM terpercaya. Terhitung saat ini sudah ada 8 kategori produk/barang dan jasa utama yang ditawarkan PaDi UMKM, yakni;

  1. Pengadaan Barang dan Jasa Material Konstruksi;
  2. Jasa Konstruksi dan Renovasi;
  3. Jasa Ekspedisi dan Pengepakan;
  4. Sewa dan Pengadaan Peralatan Mesin;
  5. Jasa Perawatan Peralatan dan Mesin;
  6. Jasa Advertising;
  7. Sewa dan Pengadaan Perlengkapan Furniture;
  8. Catering dan Snack.

Di luar 8 kategori utama yang sudah disebutkan di atas, ada 17 kategori yang saat ini sudah tercatat tersedia di PaDi UMKM, yakni;

  1. Barang Elektronik, Komputer dan Peripheral;
  2. Jasa Konsultan dan Penilaian;
  3. Alat dan Jasa Kesehatan-Keselamatan;
  4. Alat Tulis Kantor;
  5. Jasa Event Organizer;
  6. Jasa Mandor dan Tenaga Kerja Lainnya;
  7. Jasa Perawatan Elektronik dan IT;
  8. Jasa Perawatan Gedung;
  9. Jasa Perawatan Kendaraan;
  10. Jasa Percetakan dan Media;
  11. Jasa Travel dan Akomodasi;
  12. Produk/Barang/Jasa Konveksi dan Laundry;
  13. Produk/Barang/Jasa Pendidikan dan Pelatihan;
  14. Sewa dan Jasa Pengadaan Kendaraan;
  15. Produk/Barang/Jasa Pertanian dan Pertenakan;
  16. Jasa Sewa Gedung;
  17. Produk/Barang/Jasa Souvenir dan Merchandise.

Silahkan kunjungi PaDi UMKM sekarang juga dan daftarkan toko UMKM Anda!