September 24, 2021

Khasiat Daun Kenikir Untuk Kanker Payudara

daun kenikir untuk kanker

Daun kenikir untuk kanker payudara akan menjadi ulasan kita kali ini. Mengutip dari sumber herbal dan kesehatan deherba. Ini akan menjadi salah satu alternatif terjangkau untuk membantu proses pengobatan kanker payudara.

Kanker payudara sendiri merupakan salah satu kanker yang mematikan dan paling mengancam bagi wanita. Salah satu ancaman jenis kanker yang berada di urutan teratas di dunia hingga saat ini. Dan siapa sangka sayuran yang lazim dikonsumsi sebagai lalap ini baik untuk alternatif terapi.

Kenikir atau Cosmos caudatus sendiri di Indonesia lebih lazim dikonsumsi sebagai sayuran rebus yang dilalap. Aroma harum dan rasa yang sedikit getir menjadi ciri khas dari sayuran ini. Tetapi dalam dunia kesehatan sendiri kenikir rupanya sudah mulai banyak didalami sebagai herbal bermanfaat.

Sejumlah riset menunjukan adanya potensi kenikir sebagai terapi kesehatan tulang, baik untuk sirkulasi darah, baik untuk kesehatan kognitif dan saraf juga sehat dikonsumsi sebagai stimulan imunitas, karena efek anti radangnya.

Tetapi bagaimana dengan khasiat daun kenikir untuk kanker payudara?

Pemanfaatan Daun Kenikir Untuk Kanker Payudara

Terdapat sejumlah pembuktian terhadap manfaat dari daun kenikir dalam membantu terapi kanker payudara. Adapun sejumlah manfaat dari daun kenikir ini terhadap kanker payudara adalah sebagai berikut.

Membantu mendorong sel kanker mati dan rusak

Dalam daun kenikir ditemukan adanya kandungan quercetin dan flavonoid yang tinggi. Keduanya sejak lama sudah diakui secara medis sebagai fitokimia yang bersifat anti oksidatif dan anti kanker. Unsur fitokimia ini efektif mencegah pembentukan sel kanker dan mendorong pemulihan kerusakan DNA.

Keduanya bekerja membantu proses apoptosis atau proses sistem imun mendorong sel rusak dan sel kanker untuk mematikan dirinya sendiri sebagai bagian dari mekanisme pertahanan diri.

Secara spesifik ekstraksi dari daun kenikir sendiri telah diujikan pada sampel sel kanker payudara. Dan dari sini ditemukan bagaimana unsur fitokimia dalam ekstraksi bekerja sebagai sitotoksin atau toksin spesifik yang melemahkan dan merusak sel kanker payudara.

Membantu menormalkan kembali kondisi hormonal tubuh

Salah satu aspek yang sangat berperan dalam pertumbuhan kanker payudara adalah tingginya kadar estrogen pada tubuh pasien. Daun kenikir terbukti bekerja membantu meningkatkan kadar progesteron dalam tubuh sekaligus membantu menormalkan keseimbangan hormonal pada wanita. Termasuk menjaga rasio normal antara estrogen, androgen dan progesteron.

Dalam Journal of Research in Medical Sciences tahun 2015 telah dibuktikan bahwa daun kenikir sangat baik dalam membantu mengendalikan ketidak seimbangan dalam produksi estrogen. Mengendalikan produksi estrogen yang dapat meningkatkan resiko kanker payudara dan masalah kesehatan struktur tulang.

Membantu melindungi pasien dari efek kemoterapi

Salah satu terapi medis yang banyak ditempuh untuk kasus kanker payudara adalah kemoterapi. Tetapi salah satu jenis kimia yang lazim dimanfaatkan dalam kemoterapi untuk kanker payudara tergolong cukup keras, seperti halnya doksorubisin.

Dalam riset telah dikembangkan, bahwa terapi herbal dengan daun kenikir untuk kanker payudara dapat dipadukan dengan terapi doksorubisin. Dengan efektivitas yang cukup baik, terapi ini dinilai lebih aman dan nyaman bagi pasien ketimbang dengan terapi tunggal doksorubisin. Sekaligus menunjukan proses kematian sel kanker lebih cepat karena efek stimulan apoptosis dari daun kenikir.

Bagaimana Cara Mengonsumsi Daun Kenikir Untuk Kanker Payudara?

Cara termudah untuk mendapatkan khasiat daun kenikir untuk kanker payudara adalah dengan mengonsumsinya lebih kerap sebagai lalapan. Tetapi Anda juga bisa mendapatkan khasiatnya ketika Anda konsumsi sebagai minuman teh herbal.

Anda bisa merebus daun kenikir segar atau mengeringkannya dulu dan menyeduhnya dengan air panas saat Anda akan mengonsumsinya. Padukan dengan madu untuk memberi rasa manis yang segar pada minuman herbal. Konsumsi secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik.