September 28, 2022

Inilah Manfaat Buah Delima yang Jarang Diketahui

Delima, juga dikenal sebagai Delima, telah digunakan untuk manfaat kesehatannya selama ribuan tahun.  Ilmu pengetahuan modern telah membuktikan bahwa buah delima membantu menjaga kesehatan jantung dan bahkan mencegah risiko kanker.  Manfaat buah delima ini tidak lain adalah senyawa antioksidannya.  Baca terus untuk daftar khasiat buah delima lainnya untuk kesehatan Anda.

Delima sebagai salah satu makanan super.  Banyak penelitian menunjukkan bahwa buah delima ini memiliki manfaat yang besar bagi tubuh Anda, yaitu mengurangi risiko segala macam penyakit. 

Beberapa manfaat yang akan membuat Anda semakin tertarik untuk mengonsumsi buah delima antara lain:

1. Membantu menjaga berat badan 

Salah satu manfaat buah delima yang paling populer adalah menurunkan berat badan.  Ini tidak sepenuhnya benar.  Minum buah delima secara rutin tidak akan membuat Anda langsing secara instan.  Yang terpenting, banyak penelitian telah menunjukkan efektivitas buah delima untuk menurunkan berat badan. 

Namun, Anda bisa menambahkan buah delima ke menu harian Anda.  Delima membantu menjaga berat badan karena mengandung serat pengisi.  Dengan cara ini, Anda akan makan lebih sedikit dan, pada gilirannya, menurunkan berat badan. 

Makan buah delima dapat mengurangi keinginan untuk makanan dan minuman tidak sehat lainnya, seperti kue, permen atau junk food.

2. Menjaga kesehatan jantung 

Delima dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, yang pada gilirannya mengurangi risiko penyakit jantung. 

Jika Anda berisiko terkena penyakit kardiovaskular, cobalah minum jus buah delima.  Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi setidaknya 200 ml jus delima setiap hari selama 3 bulan dapat mengurangi gejala iskemia akibat penyempitan arteri koroner. 

Manfaat lain buah delima untuk kesehatan jantung adalah membantu mengatur tekanan darah.  Manfaat buah delima sangat penting untuk ibu hamil.  Delima juga membantu mencegah penyumbatan pada pembuluh darah. 

Anda bisa menjaga kesehatan jantung dengan Blamores Fish Oil (Rp169.702).  Blackmores Unscented Fish Oil Omega 3 adalah suplemen makanan untuk mendukung kesehatan jantung.  Dikemas dengan lemon dan vanilla agar tidak berbau.

 3. Melawan radikal bebas 

Antioksidan merupakan senyawa yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.  Molekul radikal bebas dapat dibuat dari polusi atmosfer maupun melalui proses metabolisme alami di dalam tubuh. 

Tidak peduli dari mana asalnya, radikal bebas merusak dan bahkan menghancurkan sel-sel sehat di lingkungan mereka.  Molekul-molekul ini dapat menyebabkan penyakit kronis mulai dari obesitas, diabetes mellitus, penyakit jantung, hingga kanker. 

Konsumsi buah delima secara tidak langsung membantu mengurangi risiko penyakit ini karena kandungan antibakterinya menghancurkan rantai radikal bebas. 

4. Mengurangi risiko radang sendi 

Antioksidan flavonoid dalam buah delima membantu mencegah peradangan yang menyebabkan osteoporosis dan kerusakan tulang rawan.  Namun, klaim tersebut masih terbatas pada penelitian pada hewan dan memerlukan penelitian lebih lanjut.

5. Menjaga kekebalan tubuh 

Delima sangat tinggi vitamin C.  Nama lain asam askorbat, vitamin C merupakan zat penting untuk mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh.  Manfaat buah delima juga sangat bermanfaat untuk ibu hamil. 

Satu buah delima dapat memenuhi setidaknya 40% kebutuhan vitamin C harian Anda.  Untuk menuai manfaatnya, makanlah buah delima segar, bukan jus kalengan atau sirup.  Pasalnya, vitamin C dapat dipecah dalam proses pasteurisasi. 

Selain itu, antioksidan kuat delima mencegah peradangan dalam tubuh, mencegah stres oksidatif dan kerusakan akibat radikal bebas.

6. Melawan penyakit virus dan bakteri 

Delima dapat mencegah penyakit dan melawan infeksi.  

Efek antibakteri dan antijamur buah delima dikatakan membantu melindungi tubuh Anda dari infeksi dan peradangan mulut. 

Manfaat buah delima sangat efektif melawan berbagai jenis bakteri, termasuk Candida albicans, yang menyebabkan infeksi vagina.

7. Kulit lembab 

Dibandingkan dengan teh hijau, antioksidan jus delima dan vitamin C lebih baik untuk kulit kering dan kusam. 

Minyak delima dapat menembus ke dalam kulit, sehingga sangat efektif dalam merawat kulit kering.  Delima juga dikatakan dapat menenangkan kulit kering, pecah-pecah dan teriritasi.

8. Peremajaan kulit 

Kini, buah delima banyak digunakan sebagai bahan dalam produk perawatan kulit.  Minyak biji delima membantu melindungi lapisan kulit luar, epidermis, serta lapisan di bawahnya, dermis. 

Selain itu, buah delima membantu menggantikan sel-sel kulit (regenerasi) untuk menambah ketebalan kulit.  Delima juga membantu meningkatkan sirkulasi darah dan penyembuhan kulit, perbaikan jaringan dan penyembuhan luka.

Sumber : goes2healthy