November 25, 2020
Jenis Olahraga yang Aman untuk Penderita Jantung

Jenis Olahraga yang Aman untuk Penderita Jantung

Ini menjadi dilema bagi kebanyakan pasien yang sudah terkena serangan jantung. Dimana sudah tidak lagi memikirkan gejala penyakit jantung tapi lebih ke sisi pemulihan atau kesembuhan dan keluar dari jurang yang sangat menakutkan ini.

Semua penyakit ada obatnya, banyak orang yang mengalami kesembuhan setelah di vonis kena penyakit jantung yang dulunya berbaring diruangan ICU, sekarang sudah kuat manjat gunung secara rutin.

Ya, semangat kesembuhan haruslah selalu berkibar karena ini adalah bagian dari healing terapy bagi semua jenis penyakit lainya. Sedangkan dalam proses penyembuhan ini sendiri tidak akan lepas dari yang namanya olahraga meskipun itu sangatlah ringan karena sejatinya tubuh kita membutuhkanya.

Namun, dalam kasus pasien jantung ini sendiri banyak yang takut melakukan olahraga, dikarenakan takut kelelahan kemudian sesak nafas dan jantungya kumat lagi.

Padahal dengan olahraga anda akan bisa sembuh, dimana nantinya ketika kinerja jantung naik, maka otomatis akan membuka aliran darah makin bagus dan tidak tersumbat lagi.

Tentu semuanya harus dilakukan sesuai dengan prosedur kesehatan. Sebelumnya kami berikan dulu beberapa manfaat olahraga bagi pendrita penyakit jantung yang harus anda ketahui.

  1. Membantu menguatkan otot pada jantung dan mengontol tekanan darah dan mengurangi kolestrol yang akan keluar dari keringat.
  2. Membantu mengurangi GDP jika anda juga disertai dengan diabetes
  3. Menurunkan berat badan, karena orang yang terkena serangan jantung kebanyakan orang dengan berat badan berlebih
  4. Membuat pikiran lebih rilkes.

Olahraga khusus bagi penderita jantung juga tidak sembarangan ada beberapa jenis olahraga yang bisa anda lakukan. Ini akan kami berikan beberapa contohnya.

Jalan kaki

Banyak tagline yang populer sekarang ini di media sosial dimana dilakukan oleh banyak public figure. Jalan kaki 1000 langkah sehari. Nah ini adalah salah satu contoh yang sangat baik untuk menjaga kesehatan.

Bagi anda penderita jantung maka dibolehkan melakukan aktifitas jalan kaki, dimana dengan porsi yang tidak berlebihan, kalau anda sudah mulai terasa lelah maka berhentilah dan lanjutkan kembali.

Dari sisi waktu anda bisa menggunakan patokan yang diberikan oleh dokter setengah jam saja sudah cukup.

Yoga dan Tai Chi

Semua penyakit akan cepat sembuh jika penderitanya bisa santai dan menghilangkan rasa stress dalam diri. Yoga sendiri adalah salah satu olahraga yang memiliki dua fungsi yakni memberikan kesahatan dan memberikan kesegarang pikiran.

Jika anda awam dengan olahraga ini maka bisa sewa instruktur yoga kalau uang anda banyak. Kalau mau yang gratisan bisa lihat di youtube.

Kemudian tetangganya yoga ada olahraga asal China yang sangat terkenal sekali. Ini adalah salah satu bentuk olah tubuh yang sempurna dengan gerakan yang santai tapi bermakna. Anda bisa mengisi hari anda di rumah dengan gerakan gerakan tai chi ini.

Kemudian olahraga renang dan sepeda

Anda bisa berenang dimana saja, dimana renang sendiri salah satu olahraga ringan yang bisa anda lakukan dalam terapi penyembuhan jantung.

Berenang dengan rutin akan memberikan efek pada perbaikan aliran darah, kemudian tentu saja akan membuat berat badan anda turun serta memberikan dampak pada detak jantung kembali ke irama normal.

Kemudian naik sepeda juga salah satu olahraga yang bisa anda tambah dalam keseharian anda. Bersepeda sendiri hampir sama dengan jalan kaki manfaatnya.

Akhir kata kami hanya bisa berdoa semoga kesembuahan selalu dekat dengan anda dan kita smua di jauhkan dari penyakit yang berbahaya.