January 27, 2023

Kenali Tipe Aplikasi HRIS Indonesia Sebelum Implementasi, Jangan Salah Pilih!

Aplikasi HRIS Indonesia harusnya sudah menjadi hal yang tidak asing lagi di kalangan para pelaku bisnis. Sebab banyak perusahaan telah mengimplementasikannya, berkat kemampuan aplikasi yang dapat membantu divisi HRD untuk mengelola SDM. Jika anda hendak menggunakan perangkat lunak tersebut, pastikan untuk mengenali tipenya supaya tidak salah pilih. Berikut simak ulasannya.

Tipe Aplikasi HRIS

1. Software Operasional

HRIS operasional adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola kebutuhan HR dalam lingkup operasional. Mulai dari administrasi, absensi karyawan, sampai penggajian. Perangkat lunak menyediakan berbagai data yang dapat digunakan oleh manajer dalam membuat keputusan terkait SDM perusahaan.

Keseluruhan data karyawan termasuk posisi atau jabatan masing masing karyawan dapat ditemukan dalam software. Pun dengan peraturan pemerintah terkait ketenagakerjaan yang nantinya diterapkan pada perusahaan. Software HRIS operasional ini mempunyai beberapa jenis turunan.

Yaitu EIS (employee information system), PCS (position control systems), PMIS (performance management information system), ASPIS (applicant selection and placement information systems), dan government reporting and compliance information systems. Semuanya memberikan berbagai informasi yang dibutuhkan perusahaan untuk mengambil keputusan terkait karyawannya.

2. Software Tactical

Tipe aplikasi HRIS Indonesia berikutnya yaitu software tactical. Biasanya perangkat lunak ini memiliki modul yang terintegrasi dengan beberapa sistem pendukung kegiatan HR. Seperti training atau development, recruitment, dan manpower planning. Fungsi utamanya adalah memberikan data pendukung, agar perusahaan dapat mengambil keputusan yang tepat dalam menekan alokasi sumber daya.

Adapun beberapa jenis turunan dari tactical HRIS antara lain job analysis and design information system, recruiting information systems, compensation and benefits information systems, serta employee training and development systems. Software seperti ini cocok digunakan oleh perusahaan dengan jumlah SDM di atas 1.000 orang.

3. Software Strategic

Software HRIS tipe strategic umumnya menyediakan pilihan modul integrasi yang membuat perusahaan dapat menyelaraskan, antara strategi perusahaan dengan strategi karyawan. Yang mana strategi tersebut akan diimplementasikan melalui performance review serta goal alignment. Jika perusahaan sudah mapan, aplikasi HRIS tipe ini menjadi skala prioritas khusus.

Fokusnya yaitu pada proses negosiasi karyawan, perencanaan perkembangan karyawan, sekaligus aplikasi pendukung pekerjaan posisi tertentu. Tujuannya yaitu mengetahui dengan jelas mengenai Sumber Daya Manusia dan perencanaan pekerjaannya secara keseluruhan. Jenis turunannya antara lain information systems supporting workforce planning, serta specialized human resource information systems aplikasi.

4. Software Comprehensive

Satu lagi tipe aplikasi HRIS Indonesia, yaitu software comprehensive. Sistem mempunyai database SDM yang sangat terintegrasi dan komprehensif. Mulai dari data karyawan, posisinya, job description masing masing posisi, analisis perancangan kerja, dan masih banyak lagi.

Itu dia tipe tipe aplikasi HRIS yang ada dan banyak digunakan. Sebaiknya pahami terlebih dahulu sebelum mengimplementasikannya, sehingga perangkat lunak dapat digunakan secara optimal. Sakura System menyediakan software HRIS dalam berbagai paket yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Hubungi sekarang untuk konsultasi!

 Referensi: Sakura