May 20, 2022
tiang pju

Manfaat dari Tiang Lampu PJU

Siapa sangka tiang pju mempunyai banyak manfaat yang tanpa kita sadari dan perhatikan selama ini.

Seperti penggunaan lampu jalan tenaga surya contohnya, Cara ini memanfaatkan energi matahari menjadi energi listrik sehingga lampu jalan dapat menyala secara otomatis tanpa polusi dan tentunya menghemat anggaran untuk membayar listrik.

Saat ini, penerapan lampu jalan tenaga surya mengalami peningkatan dari hari kehari, karena minim perawatan, lampu tenaga surya juga sangat ramah lingkungan.

Meskipun untuk pertama kali biaya yang dibutuhkan cukup besar di bandingkan dengan lampu konvensional, namun jika di kalkulasikan maka akan mengalami penghematan hingga 80% dibandingkan menggunakan lampu jalan konvensional.

Manfaat Lampu LED

Banyak pemakai lampu LED di Indonesia juga menunjukkan bagaimana keunggulan menggunakan lampu LED terutama dalam kasus untuk lampu jalan tenaga surya. Seperti misalnya penghematan listrik 68% hingga 80% ketika dalam keadaan yang optimal. Meskipun demikian, lampu LED ini juga mempunyai kekurangan seperti misalnya anggaran di awal yang cukup besar hingga empat kali lipat dari lampu biasa. Sehingga cukup membebani pemerintah daerah.

Karena beberapa hal yang menghambat, maka penerangan jalan umum yang lebih efisien ini kerap kali belum dijadikan prioritas utama untuk beberapa kota – kota besar yang ada di Indonesia. Salah satu permasalahan yang umum terjadi dalam bidang penerangan jalan umum ialah kurangnya data yang cukup memadai yang berhubungan dengan jumlah dan juga tipe – tipe lampu jalan yang sudah dipasang.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi masalh tersebut ialah pihak pemerintah daerah harus bisa berkomunikasi dengan baik dengan pihak PLN sebagai penyedia untuk jasa aliran listrik. Lampu PJU LED memang cukup menguntungkan untuk jangka waktu yang panjang, sehingga sangat pas jika digunakan untuk mengganti lampu konvensional.