March 9, 2021
manfaat daun pandan

Manfaat Daun Pandan, Salah Satunya Untuk Rambut Kepala

Manfaat Daun Pandan, Salah Satunya Untuk Rambut Kepala – Siapa yang tidak tahu dengan pandan? Pandan atau kerap disebut dengan pandan wangi merupakan tubuhan yang sering dimanfaatkan bagian daunya oleh banyak orang, baik itu digunakan pada makanan, minuman hingga kesehatan.

Tumbuhan pandan, lebih tepatnya daun pandan digunakan dalam makanan hal ini dikarenakan pandan mempunyai aroma yang wangi. Aroma tersebut diketahui berasal dari kandungan minyak atsiri pada tanaman.

Aroma khas dari pandan wangi diduga karena adanya senyawa turunan asam amino fenil alanin, sehingga jika digunakan pada makanan dan minuman, makan akan merubah aromanya menjadi aroma pandan.

Selain itu daun pandan juga kerap digunakan sebagai pewarna makanan alami, warna hijau pekat pada pandan sering kali diambil dan digunakan sebagai pewarna hijau alami.

Disamping dimanfaatkan dalam makanan dan minuman, daun pandan juga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Penggunaan tanaman satu ini kerap dijadikan ramuan herbal dalam mencegah beberapa masalah kesehatan secara hebal.

Maka dari itu berikut beberapa manfaat dari daun pandan untuk kesehatan.

1. Mengatasi demam secara alami

Manfaat yang pertama dari daun pandan, bisa kamu gunakan sebagai obat demam alternatif.

Demam merupakan reaksi tubuh dalam melawan serangan infeksi, baik itu dari virus, kuman ataupun parasit yang masuk kedalam tubuh.

Nah daun pandan diketahui memiliki kemampuan dalam meningkatkan sistem pertahanan tubuh terhadap berbagai serangan penyakit, disamping itu dengan mengkonsumsi ramuan daun pandan juga mampu menurunkan panas tubuh yang berlebihan.

Baca juga : Beberapa tanaman yang mampu menurunkan tekanan darah

2. Menjaga kesehatan rambut

Daun pandan juga bisa menjaga kesehatan rambut, baik itu mencegah kerontokan, mengatasi ketombe serta aroma tak sedap pada rambut kepala.

Cara satu ini terbilang sederhana namun cukup efektif, kamu hanya perlu menghaluskan daun pandan, lalu mengoleskanya pada rambut kepala layaknya sedang kramasan.

Kemudian diamkan beberapa belas menit 15-20 menit lalu bilas menggunakan air mengalir. Untuk hasil yang maksimal baiknya dilakukan secara ruting dan teratur.

3. Menfatasi sakit perut

Sakit perut dapat disebabkan oleh salah makan, dimana makanan yang kamu konsumsi sudah terkontaminasi bakteri atau lainya.

Sehingga jika masuk kearea sistem pencernaan bisa menyebabkan sakit perut, diare dan kram.

Nah, jika kamu sedang merasakan sakit perut cobalah jangan terlalu terburu-buru mengkonsumsi obat-obatan, gunakan cara yang lebih alami seperti mengkonsumsi rebusan daun pandan.

4. Meredekan nyeri

Manfaat daun pandan berikutnya yaitu diklaim mampu meredakan nyeri atau masalah rematik.

Jika kamu ingin mendapatkan khasiatnya cukup konsumsi air rebusan daun pandan secara teratur, namun ingat kamu harus tahu penyebab timbulnya nyeri sendi, guna supaya tidak muncul kembali.

5. Membantu detoks tubuh

Mengkonsumsi air rebusan daun pandan dapat berkhasiat dalam membatu tubuh melakukan detoksifikasi.

Baik itu dalam melakukan pembuangan zat-zat berbahaya, hingga menangkal efek dari paparan radikal bebas.