October 22, 2021
Manfaat Penggunaan Artificial Intelligence

Manfaat Penggunaan Artificial Intelligence Yang Perlu Diketahui

Di era digital sekarang ini Kecerdasan Buatan sudah berkembang pesat. Di Indonesia sendiri, banyak perusahaan rintisan (startup) yang mengembangkan teknologi AI dengan menawarkan kemudahan bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Teknologi AI yang sudah lama ada telah membuat banyak perubahan terhadap sektor industry, loh.

AI dapat dijadikan solusi untuk mempermudah suatu pekerjaan, karena memberikan manfaat yang besar dalam menyelasaikan masalah teknologi melalui algoritma, komputer, dan yang lainnya. Berikut beberapa manfaat penggunaan AI:

1. Hemat Energi

Manfaat yang pertama yakni hemat energi. Kenapa demikian? Karena AI dapat membantu sebuah perusahaan untuk menekan ongkos bahan bakar. Misalnya, seperti yang dilakukan startup, SparkBeyond.

StartUp mengambil contoh penerapan aplikasi perusahaan batubara yang ada di Indonesia yang menghadapi masalah biaya operasional penggunaan bahan bakar kendaraan pengangkut yang kurang efisien.

Lalu, pada perusahaan SparkBeyond memakai system gamifying (gamifiksi). Apa itu Gamifiksi? Gamifiksi merupakan penggunaan Teknik desain permainan. Gamifiksi ini berlaku untuk proses mendorong orang yang menggunakan mereka, atau mempengaruhi bagaimana mereka digunakan. Jadi, dengan car aini dapat meminimalisir konsumsi bahan bakar hingga 30%.

2. Memperkecil kesalahan

Menurut Ulasan dari website majapahit.id, Manfaat yang dimiliki AI selanjutnya adalah dapat mengurangi potensi kesalahan manusia. Dengan membantu menciptakan peluang akurasi yang cukup tinggi. Misalnya, StartUp yang melakukan layanan aplikasi pembukuan uang. Banyak UMKM yang menggunakan aplikasi buatan StartUp ini untuk mengetahui arus keluar-masuk nya uang. Aplikasi ini memperudah pemiliki mengetahui secara otomatis jumlah uang yang masu/keluar, stok barang, dan produk/item yang terjual paling laris dari usahanya tersebut. Cukup menarik dan mempermudah bukan?

3. Menghemat sumber daya manusia

Dengan adanya AI juga sangat mungkin menggantikan peran manusia dalam bekerja. Karena AI dapat diterapkan pada system teknologi asisten digital dan teknologi ini dapat berinteraksi dengan penggunanya secara otomatis, loh. Contohnya yaitu Chatbot.

Itulah macam-macam manfaat yang dapat diberikan oleh system kecerdasan buatan atau Bahasa canggihnya yaitu Artificial Intelligence. Sekian, dan semoga bermanfaat ya guys!.

Kesimpulan

Baiklah kawan-kawanku semua, sepertinya cukup sampai disini saja pembahasan kami mengenai Manfaat Penggunaan Artificial Intelligence yang wajib banget untuk kamu ketahui.

Menurut kami, Artificial Intelligence ini sangat bermanfaat banget untuk membantu beberapa pekerjaan yang sering kita kerjakan. Dengan adanya sistem ini, kita jadi bisa memprogram sistem tersebut untuk mengerjakan semua pekerjaan yang sering kita kerjakan dengan sempurna.

Semoga artikel tentang Manfaat Penggunaan Artificial Intelligence yang kami tulis ini bisa bermanfaat bagi kamu para pembaca.

Buat kamu yang suka tentang artikel terkait Artificial Intelligence jangan lupa untuk terus kunjungin website ini karena akan ada artikel menarik mengenai Artificial Intelligence di setiap harinya.