December 4, 2022

Mengenal Apa Saja Sistem Organ Tubuh Manusia Lengkap Beserta Fungsinya

Sistem organ tubuh manusia merupakan sekumpulan organ yang melakukan kerjasama baik antara satu dengan lainnya dengan fungsi yang semestinya. Jika dilihat dari letaknya, organ tubuh dibedakan menjadi dua yaitu organ dalam dan organ luar. Untuk organ dalam sendiri bisa dilihat ada jantung, paru-paru, ginjal, lambung, usus dan lainnya. Sedangkan untuk luar ada hidung, mata, tangan, kaki, mulut, kulit dan lainnya. Semuanya sudah memiliki fungsi masing-masing namun berkesinambungan, jika salah satu terjadi masalah pasti akan mengakibatkan masalah pada bagian lainnya.

Jika berdasarkan fungsinya, Anda akan mengenal mengenai beberapa sistem organ tubuh manusia yaitu:

1. Sistem indra.

Ini terdiri dari 5 panca indra dari mulai mata, telinga, mulut, kulit, hidung dan lidah. Pada masing-masing sudah pasti memiliki fungsi berbeda untuk melihat, mendengar, mengecap, meraba dan lainnya.

2. Sistem kardiovaskular.

Jika pada bagian ini Anda akan mengenal jantung dan pembuluh darah, dimana tugas utamanya adalah untuk memastikan sirkulasi darah berjalan dengan baik dan lancar. Untuk memompa, mengedarkan darah ataupun lainnya.

3. Sistem pernafasan.

Bisa dikenal dengan organ yang berfungsi untuk mengambil oksigen dan mengeluarkan karbondioksida. Jenis ini terdiri dari 2 yaitu pernafasan atas dan pernafasan bawah yang masing-masing ada hidung, sinus, faring dan laring.

4. Sistem pencernaan.

Tugas utamanya mengelola makanan yang masuk menjadi sebuah nutrisi dan dikeluarkan menjadi energy. Ada mulut, kerongkongan, lambung, hati, usus dan paling akhir adalah anus sebagai tempat pembuangan.

5. Sistem reproduksi.

Untuk pria maupun wanita memiliki sistem yang berbeda, ini tentu digunakan saat berhubungan seksual. Mulai dari adanya penis, testis, epididymism dan juga disebut dengan vas deferens.

Diatas hanyalah sebagian kecil dari sekian banyak organ tubuh yang perlu untuk dikenali dan dipahami. Pada dasarnya memang setiap bagian sudah memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing, namun membentuk jaringan. Jika ada salah satu bagian saja yang mengalami masalah pasti akan menimbulkan beberapa masalah lainnya. inilah yang perlu untuk dipahami sebelum berbagai penyakit datang akibat kurang fahamnya organ tubuh pada manusia.