April 14, 2021
burung-parkit

Mengenal Jenis Burung Parkit Berpalang – Lineolated Di Indonesia

Parkit lineolated atau parkit berpalang, dinamakan berdasar garis lembut atau tanda berpalang, adalah bagian keluarga burung beo yang paling tenang dan paling tenang, menjadikan hewan piaraan yang ideal.

Kadang disalahmengertikan sebagai budgie, parkit lineolated atau “linnies” cukup lebih gempal. Dan, tidak seperti budgie, burung-burung ini suka jalan-jalan seperti mereka terbang. Linnies senang berjalan dan menempati dengan badan nyaris sejajar atau horizontal dengan tanah, sementara budgie berdiri tegak atau duduk. Burung ini senang bermain di air.

Kisah Umum Spesies

Nama Umum: Parkit lineolated, parkit berpalang, parkit Catherine, linnie

Nama Ilmiah: Bolborhynchus lineola

Ukuran Dewasa: 6 sampai 7 inch

Keinginan Hidup: Rerata 10 tahun di penangkaran tapi dapat capai 20 tahun dengan perawatan yang tepat.

Asal dan Riwayat

Parkit lineolated dari bermacam subspesies hidup di alam liar Meksiko, Amerika tengah, dan Amerika Selatan. Burung-burung ini hidup di rimba awan daratan tinggi dan rimba hujan deras di wilayah pegunungan seperti Andes Peru. Mereka cari makan di daratan rendah sepanjang musim dingin. Di alam liar, mereka hidup bergerombol sampai 20 ekor burung.
Perangai

Saat dirawat secara benar dan dikasih makan dengan tangan saat bayi, parkit lineolated meningkatkan personalitas yang pemarah dan menarik. Mereka pada intinya ialah burung yang paling sosial, dan mereka senang habiskan waktu bersama (dan duduk bersama) pemiliknya. Sama ukuran yang hampir serupa dengan burung budgie atau burung lovebird, dia umumnya mempunyai karakter yang semakin tenang dibanding ke-2 burung itu.

Dikenali sebagai hewan piaraan kecil yang lucu, parkit lineolated yang paling sosial membuat bagian keluarga yang paling melipur, selalu semangat untuk habiskan waktu bermain dengan temanan manusia.

Siapa saja yang berminat untuk adopsi satu dari burung-burung ini harus pastikan jika mereka mempunyai beberapa waktu untuk berhubungan dengan hewan piaraan baru mereka, karena parkit lineolated gampang jemu dan memerlukan waktu bermain yang cukup tiap hari.

Suara burung parkit bergaris-garis halus dan nyaris seperti nyanyian. Spesies pintar ini bisa belajar bersiul dan bicara. Karena ini ialah spesies yang semakin tenang, Anda bisa memiara parkit lineolated di apartemen atau perumahan sama di mana Anda mempunyai tetangga dekat.

Watak Suara Yang Dipunyainya

Burung-burung yang menyukai bermain ini semakin tenang dibanding umumnya parkit — mereka condong mengoceh dibanding memekik dan menjadi pembicara yang paling pintar, menyampaikan secara jelas, walau dengan kosakata yang lebih terbatas dibanding burung beo lainnya. Burung ini benar-benar pintar tirukan siulan dan suara.

Ciri-CIri Nya :

Parkit bergaris di alam liar tampilkan sejumlah besar bulu hijau yang dilapis dengan garis-garis hitam dan hijau tua di punggung, sebelahnya, dan sayap. Segi bawah sayap warna biru dan bulu ekor warna hijau tua. Mereka mempunyai paruh warna mata coklat dan sundul. Parkit lineolated hasil penangkaran bisa tampilkan rangkaian perubahan warna — bulunya berbeda warna sesudah tinggalkan alam liar — terhitung biru, kobalt, putih, dan turquoise.

Lelaki dan wanita nyaris sama, walau pemerhati yang jeli kemungkinan memerhatikan jika garis-garis hitam semakin banyak pada lelaki.

Menjaga Parkit Lineolated

Ini ialah burung kecil yang tidak memerlukan kandang besar, walau semakin besar selalu lebih baik. Untuk parkit singgelolated, minimum kandangnya ialah 24 inch persegi, seandainya harga burung kacer tretes Anda memberikan burung cukup waktu di luar kandang tiap hari. Burung-burung ini hidup lumayan baik di lingkungan kandang burung dengan linnies lain atau spesies kecil berkaitan, tapi kenalilah jika temanan kecil kemungkinan sedikit bising.

harga-burung-parkit

Walau mereka tidak populer menghancurkan, parkit lineolated, seperti semua spesies burung beo, akan kunyah dan menggerogoti, jadi beri burung Anda banyak mainan kunyah yang bisa diterima dan ranting kayu alami yang akan menolongnya membandingkan saat kunyah bisa diterima.

Parkit lineolated Anda harus didiamkan keluar dari kandangnya untuk berhubungan dengan keluarga sepanjang beberapa saat tiap hari. Burung-burung ini senang jalan-jalan di atas furniture dan lantai, dan banyak pemilik memberikan laporan jika burung-burung itu senang bersembunyi di bawah kain dan selimut.

Seperti burung beo yang lain, parkit lineolated bisa melalui periode remaja memiliki masalah di mana mereka serang dan menggigit, tapi ini selekasnya berakhir dan biasanya tidak begitu jadi permasalahan, karena burung masih kurang besar untuk lakukan kerusakan parah. Periode remaja ini selekasnya berakhir dan diganti oleh hewan piaraan yang menggemaskan.

Kuku pada parkit lineolated tumbuh lumayan cepat dan perlu dipotong secara teratur. Karena ini ialah burung rimba hujan, linnies senang mandi dalam piring air yang berdiri. Mereka nikmati mandi mingguan atau bahkan juga tiap hari dengan botol semprot yang diisi sama air hangat suam-suam kuku. Yakinkan burung Anda dapat bersolek dan jadi kering di lokasi yang tidak berangin.

Makanan Yg Disukainya

Di alam liar, burung ini mengonsumsi bermacam jenis beberapa bijian, buah-buahan, larva, dan serangga. Seperti spesies hookbill yang dipiara sebagai hewan piaraan, penting untuk pastikan jika parkit lineolated yang diamankan dikasih konsumsi makanan kombinasi biji dan pelet berkualitas tinggi, bersama-sama dengan bermacam buah dan sayur fresh yang aman untuk burung.

Satu ekor burung akan makan sampai 1 sdm makanan setiap hari. Pasarkan buah-buahan dan sayur fresh tiap hari, bersama-sama dengan kombinasi peletnya dan biji. Disamping itu, beri semakin banyak sayur dibanding buah-buahan. Buah kadang dapat mengakibatkan permasalahan pencernaan. Bila Anda menyaksikan kotoran encer, turunkan frekwensi buahnya.

Parkit lineolated nikmati kecambah millet semprot dan fresh. Pasarkan kalsium berbentuk tulang blok mineral atau sotong.