February 27, 2021
Kelereng

Mengenal Lebih Dalam Permainan Kelereng

BENINGNYA BOLA KELERENG YANG MEMUKAU

Masa kecil memanglah masa yang paling membahagiakan. Tidak ada beban pikiran, yang ada hanyalah hari-hari yang dihabiskan dengan bermain bersama teman-teman. Salah satu permainan yang melegenda di kalangan anak-anak pada tahun 90 an adalah permainan gundu atau kelereng. Namun pada saat sekarang ini jarang sekali ditemukan anak-anak bermain kelereng khususnya di area perkotaan.

Kelereng adalah bola kecil umumnya berukuran 1.25 cm yang terbuat dari tanah liat, kaca atau marmer. Permainan ini memiliki sejarah yang panjang mulai dari zaman mesir kuno hingga zaman modern. Dikutip dari laman wikipedia, kelereng tertua yang berasal dari tahun 2000-1700 SM dikoleksi di London, tepatnya di British Museum. Selain itu pada masa kerajaan Romawi permainan kelereng menjadi salah satu permainan yang diadakan dalam festival menjelang perayaan Natal.

Hanya saja kelereng yang dipakai pada masa itu berbentuk berupa biji-bijian. Di Indonesia sendiri, kelereng telah dikenal luas dari masa kerjaan. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya 3 kelereng berukuran 15-30 cm yang terbuat dari marmer di dekat makam kotagede, Yogyakarta.

Ada berbagai macam jenis kelereng yang dapat ditemukan pada saat ini. Ragam jenis kelereng ini bahkan memiliki nilai tersendiri bagi pemiliknya. Tak jarang yang bentuk nya bagus menjadi jagoan yang apabila dipakai dalam permainan dipercaya akan memberikan kemenangan. Kelereng biasa berwarna bening dan memiliki bentuk abstrak dengan corak berupa lengkungan.

Warna yang paling umum adalah merah, kuning, hijau dan biru. Ada pula kelereng yang berwarna putih seperti susu. Kelereng ini disebut kelereng susu. Walaupun memiliki warna yang berbeda kelereng susu tetap memiliki corak lengkung nan abstrak seperti kelereng biasa, hanya saja corak yang dimiliki kelereng ini berada di bagian luar. Bentuk kelereng lainnya yang tak kalah menawan adalah kelereng mutiara atau kelereng kristal.

Mengambil nama kristal membuat kelereng jenis ini tidak semuanya berwarna putih bening. Warnanya beragam mulai dari biru, merah dan hijau yang makin sedap dipandang mata. Karena bentuknya yang beraneka ragam ini banyak yang memilikinya bukan hanya dengan tujuan sebagai alat permainan melainkan juga sebagai benda koleksi.