June 18, 2021

Cara Mengumpulkan Katalog Museum Dari Belanda

Museum Dari Belanda

Mengumpulkan Crouwel, Sanberg, dan Wissing tidak hanya berharga tetapi juga menyenangkan!

Bagaimana memulai koleksi katalog MUSEUM (Belanda) dari para desainer paling penting dari abad lalu.

APA YANG DICARI

– fokus pada nama-nama besar dalam tipografi dan tata letak Belanda. Sandberg, Crouwel, Piet Zwart, Benno Wissing dan Paul Schuitema semuanya terkenal di seluruh dunia karena kualitasnya.
– selalu perhatikan kualitas barang yang ditawarkan. Barang-barang murni praktis tidak ada, tetapi mint dapat ditemukan. Lebih baik membayar beberapa dolar ekstra daripada mengumpulkan barang yang kurang sempurna.
– Museum yang lebih besar selalu berada dalam posisi untuk menugaskan katalog terbaik mereka kepada desainer terbaik.
– Ukuran edisi juga penting dan membuat publikasi lebih diinginkan dari pada saat edisi kecil. Harap dicatat bahwa banyak publikasi Museum dari ukuran edisi antara 500 dan 1700 yang sudah kecil. Anda dapat berharap bahwa banyak dari rangkuman berita akan dihancurkan dalam 50 tahun setelah disimpan dan hanya sejumlah kecil yang selamat.
– Katalog awal untuk pemula, tetapi sekarang artis terkenal, dicari dan pantas mendapatkan premium.
– salinan yang ditandatangani bahkan lebih dapat dikoleksi dan kadang-kadang ditandatangani dan diberi nomor dari edisi khusus yang membuatnya lebih langka dan sangat dapat dikoleksi.

– Lalu ada apa yang saya sebut “bahan rahasia” yang dalam banyak kasus tidak dikenali oleh orang lain. Desainer hebat ini termasuk dalam desain mereka terkadang seni asli. Silkscreens digunakan sebagai penutup. Kadang-kadang inlay khusus dengan litografi, etsa atau sablon dimasukkan. Dalam kasus terbaik ini ditandatangani yang membuat mereka langsung berharga, tetapi dalam banyak kasus bisa didapat di sebagian kecil dari harga sebuah karya seni asli. (contohnya adalah Escher, Miro, Calder dan Arp untuk katalog Museum Stedelijk dan publikasi lainnya).

Seperti disebutkan sebelumnya, museum-museum yang lebih besar menugaskan katalog terbaik ringkasan berita kepada para desainer terbaik.
Pertama, Anda harus fokus pada desainer yang bekerja dengan museum terbesar di Belanda ini.

DESAINER:

Mungkin yang paling penting dan terkenal adalah Willem Sandberg. Direktur dan desainer untuk Museum Stedelijk di tahun 50-an dan awal 60-an. Dikenal karena penggunaan hurufnya yang berani dan tata letak yang mudah dikenali dengan huruf berduri yang digunakan sebagai ilustrasi. Banyak katalog Sandberg yang dirancang telah menjadi klasik.

Sekitar 350 katalog dirancang untuk Museum Stedelijk oleh Sandberg

Kedua ada Wim Crouwel, yang bertanggung jawab atas banyak katalog dari tahun enam puluhan dan tujuh puluhan dan kemudian menjadi direktur Museum Boymans van Beuningen. Dia merancang sekitar 300 katalog untuk Museum Stedelijk.

Di Rotterdam juga ada Benno Wissing yang kemudian index media memulai dengan Wim Crouwel Total Design. Ada beberapa kesamaan antara Sandberg dan Wissing awal tetapi keduanya memiliki gayanya sendiri.

Piet Zwart dan Paul Schuitema dikenal karena tata letak mereka dengan kolase foto dan juga sangat mudah dikoleksi.

MUSEUM

Museum terbesar di Belanda adalah:

Stedelijk Museum Amsterdam, diterbitkan ca. 1100 katalog selama 60 tahun. Desainernya adalah Sandberg, Piet Zwart dan Wim Crouwel

Museum Boymans van Beuningen. Desainer utama adalah Benno Wissing dan 3VO

Haags Gemeentemuseum. Diterbitkan kira-kira 600 katalog selama 60 tahun. Desainernya adalah Foppe, Janssen, Lebbink ao.

Van Abbemuseum. Adalah museum kecil dengan desainer hebat. Wim Crouwel bekerja untuk mereka di masa-masa awal, tetapi jangan lupakan Jan van Toorn yang juga dikenal dengan desain pameran tahun 70-an.