January 24, 2021

Meninjau Opsi Oksigen Portabel

Salah satu hal terpenting bagi siapa pun yang menderita PPOK (Penyakit Paru Obstruktif Kronis) dan perlu mengonsumsi oksigen tambahan, adalah mobilitas. Meskipun Anda dapat memiliki aktivitas mental, kehidupan yang aktif menyiratkan kemampuan fisik untuk bergerak dan berpartisipasi dalam sejumlah aktivitas berbeda. Ini adalah bagian dari gaya hidup yang berhak diharapkan siapa pun. Ini adalah bagian hidup yang biasa sehingga kebanyakan orang tidak berpikir dua kali tentang mobilitas mereka. Ini bisa berubah dari jenis tindakan yang paling sederhana – dari berjalan ke atas, naik ke mobil atau hanya berjalan-jalan, ke tindakan lain yang menuntut lebih banyak tenaga.

COPD ditandai dengan kerusakan paru-paru, yang pada gilirannya membatasi asupan oksigen dari pernapasan normal dan oleh karena itu membatasi kemampuan untuk bergerak.

Kabar baiknya adalah model baru peralatan oksigen portabel sedang dirancang dengan mempertimbangkan kebutuhan mobilitas pasien. Tangki oksigen tua yang berat dan kaku sekarang menjadi masa lalu. Unit oksigen stasioner untuk rumah menggunakan tiga jenis pengiriman oksigen dan semua ini sekarang memiliki padanan portabelnya.

Tiga Pilihan Sistem Pengiriman Oksigen Portabel.

1. Oksigen Terkompresi

2. Oksigen Cair

3. Konsentrator Oksigen

Silinder Oksigen Terkompresi. Mereka telah digunakan untuk beberapa waktu sekarang tetapi dulunya berat dan besar, dengan suplai oksigen terbatas. Rangkaian baru silinder aluminium berarti Anda sekarang memiliki berbagai opsi untuk silinder portabel yang bobot dan desainnya membuatnya lebih mudah dibawa. Opsi pengangkut juga merupakan bagian dari manfaat, di mana Anda dapat menarik troli sederhana namun efektif, atau membawa tas travel ringan sendiri. Semua sistem pengiriman oksigen memiliki pengatur yang melepaskan oksigen pada kecepatan tertentu (liter per menit). Anda juga bisa mendapatkan “alat pengawet” yang melepaskan oksigen, pada pengaturan tertentu, pada awal penghirupan dan oleh karena itu oksigen yang terbuang berkurang untuk memperpanjang durasi tabung oksigen. Silinder, baik yang tidak bergerak maupun portabel harus diisi ulang.
Tangki Oksigen Cair. Secara umum, produsen sistem pengiriman oksigen telah memfokuskan upaya desain baru mereka di dua bidang: berat dan durasi oksigen. Jadi, tidak mengherankan jika perkembangan tabung oksigen terkompresi dan tangki oksigen cair sangat mirip. Oksigen disimpan dalam bentuk cair di dalam tangkinya dengan suhu -170 Celcius. Jumlah oksigen yang disimpan dalam tangki jauh lebih tinggi dalam bentuk cairnya daripada gas, karena sifat-sifatnya. Namun, oksigen cair menguap. Artinya, tangki oksigen cair yang dibiarkan semalam akan hilang dalam kisaran 0,5 hingga 1,5 liter – sebaliknya, oksigen terkompresi tidak akan menguapkan kebocoran. Ingatlah bahwa durasi tangki oksigen cair portabel akan, semuanya sama, lebih lama.
Konsentrator Oksigen. Konsentrator oksigen adalah sistem pengiriman oksigen yang digerakkan oleh listrik untuk mengekstraksi oksigen murni dari udara sekitarnya – oleh karena itu tidak perlu diisi ulang karena tidak ada oksigen yang disimpan di dalam unit. Selama konsentrator portabel diberi daya (baik dari baterai atau dengan dicolokkan) ini akan memasok oksigen. Konsentrator oksigen muncul sekitar tahun 2002 dan telah menerima banyak perhatian – baik oleh pengguna maupun desainer. Ada berbagai pabrikan di sekitar dan opsi portabel akan memiliki karakteristik yang berbeda – tetapi upaya utama juga pada berat dan portabilitas, serta durasi baterai.

Sumber Artikel: Isi Ulang Tabung Oksigen