September 24, 2021
optimasi seo website

Optimasi SEO Website Agar Naik Peringkat

Tahukah kamu bahwa dalam menaikkan peringkat website diperlukan yang namanya optimasi SEO website ? Rupanya, banyak faktor penting yang perlu dioptimasi agar website bisa maksimal dan mampu bersaing di halaman pertama mesin pencari.

Memiliki sebuah website bisnis online yang berada di halaman pertama mesin pencari Google hingga mampu meraup banyak keuntungan tentu menjadi tujuan utama setiap pengusaha bukan ?

Mereka lebih memilih mempromosikan produk atau jasanya melalui marketing digital dengan SEO website. Para pebisnis masa kini telah meninggalkan promosi konvensioanl yang dianggapnya tidak efektif lagi.

Dibutuhkan strategi marketing yang tepat agar promosi bisnis yang dilakukan bisa tepat sasaran. Bagaimana caranya ? Ya, dengan optimasi SEO website. Ini adalah satu-satunya cara yang terkenal paling efektif mampu mendatangkan banyak pengunjung potensial ke webiste. Ini juga akan membuat Anda menjadi pakar SEO yang berkualitas.

Era digital saat ini adalah zaman dimana semua teknologi serba canggih yang memudahkan penggunanya, tak terkecuali promosi bisnis melalui website. Saat ini website yang mobile-friendly digandrungi oleh para pemilik bisnis.

Pentingnya SEO Website

Kehadiran SEO memegang peranan penting bagi suatu website. Sehingga tak heran jika para pebisnis kini berlomba-lomba mempraktikann SEO bagi websitenya. Sementara bagi pemula, mereka pun mulai belajar memahami dasar-dasar dan teknik SEO website.

SEO atau Search Engine Optimization adalah salah satu teknik marketing online yang saat ini populer di dunia marketing digital. Menerapkan strategi SEO yang tepat sama artinya dengan menciptakan popularitas, karena akan membantu website bisnis dikenal oleh orang banyak.

Jika sebuah kata kunci semakin terkenal dan banyak digunakan oleh situs web, tentu persaingan yang terjadi akan semakin ketat. Dan saat kompetisi terbilang cukup ketat, tentu saja SEO website yang dibutuhkan pun juga semakin kompleks.

 

Nah, salah satu strategi pemasaran online yang perlu dipelajari oleh para pebisnis ialah strategi SEO terbaik yang banyak disukai pengguna. Dan kamu harus menggunakan optimasi SEO website yang mobile friendly agar situs webmu semakin dikenal oleh banyak orang.

Karena sejatinya, penerapan teknik SEO ini dilakukan untuk membantu para pebisnis untuk menjadikan situs webnya populer dan menjadi yang terbaik di mata mesin pencari Google. Namun bagi orang awam, praktek SEO ini mungkin terlihat begitu rumit.

Ya, SEO memang adalah investasi terbaik yang tidak semua orang handal untuk melakukannya. Apalagi bagi seorang pebisnis pemula seperti kamu yang baru mulai membuat webiste bisnis, tentu perlu tips sederhana untuk mengoptimalkan website.

Nah, sebagai langkah awal permulaan untuk mengoptimalkan website agar mobile friendly, disini kami akan membagikan berbagai teknik cara optimasi SEO website agar websitemu disukai oleh Google sheingga naik peringkat.

SEO memang memiliki teknik yang agak rumit dipahami. Namun ada teknik optimasi SEO website mobile friendly yang bisa membuat website memiliki page rank yang bagus. Apa saja teknik SEO website untuk menaikkan ranking website ? Yuk cek uraiannya di bawah ini.

Mengutamakan Tampilan Mobile untuk Optimasi SEO Website

Tips sederhana optimasi website pertama ialah dengan mengutamakan tampilan mobile. Dengan adanya Google Mobile First Index, mengharuskan kamu melakukan SEO webiste dengan mengutamakan versi mobile.

Mobile First Index merupakan cara Google melakukan crawl yang lebih mengutamakan versi tampilan mobile sebuah situs web untuk menentukan peringkat. Karena jumlah pengguna mobile yang semakin meningkat inilah yang menghadirkan kebijakan Mobile First Index.

Google Mobile First Index menjadikan versi mobile sebuah website harus dioptimasi seoptimal mungkin. Sebab, Google lebih mengedepankan nilai perfroma website dari crawling website versi mobilenya.

Ini artinya, kamu harus menghindarkan agar website memiliki nilai performa yang baik. Sebab, jika nilai performa website versi mobilenya buruk, maka akan berdampak buruk pula terhadap SEO dan peringkat website.

Lantas, bagaimana cara mengoptimasi website agar mobile friendly ? Mudah saja, pertama gunakanlah tema yang responsif dan mobile friendly. Buatlah tampilan versi mobile dengan desain yang bagus.

Selain itu, kamu juga harus meningkatkan kecepatan wordpress. Sebab, hal ini penting dilakukan agar tidak kehilangan banyak pengunjung. Inilah mengapa kamu harus meluangkwan waktu untuk melakukan optimasi kecepatan website.

Berikutnya, mintalah bantuan plugin wordpress seperti AMP for WP, Jetpack by WordPress atau Plugin Cache yang akan membantu optimasi website versi mobile lebih baik lagi.

Mengoptimasi Teknikal SEO dalam Website

Teknikal SEO adalah salah satu cara optimasi SEO website yang wajin dilakukan. Kamu bisa menggunakan berbagai tools yang tersedia untuk mendukung optimasi teknikal SEO. Bahkan melakukan audit SEO kini bukan lagi hal yang memberatkan.

Nah, untuk melakukan optimasi SEO website teknikal ini, kamu harsu menguasai dasar-dasar dari teknikal SEO. Salah satu syarat untuk meningkatkan SEO dan peringkat ialah pastikan bahwa situsmu memenuhi syarat sebagai website yang mobile-friendly.

Mengoptimasi Website Speed

Mengoptimasi website speed atau kecepatan wbesite kini penting dilakukan karena memberi pengaruh besar terhadap lalu lintas dan konversi. Banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk melakukan optimasi website speed.

Mengapa kecepatan website perlu dioptimasi ? Sebab hal ini akan mampu menciptakan user experience yang baik sehingga websitemu bebas dari loading lambat yang membuat pengalaman pengunjung menjadi buruk.

Bagaimana cara mengoptimasi kecepatan website ? Ini dia langkah-langkahnya :

Memilih Hosting yang Tepat untuk Optimasi SEO Website

Langkah pertama gunakan hosting yang tepat karena hal ini akan mempengaruhi kecepatan website. Hosting yang terbaik akan membuat website lebih cepat sehingga optimasi SEO pun mampu meningkatkan lalu lintas potensial.

Mengurangi Permintaan HTTP

Salah satu optimasi SEO website yang harus diminimalisir ialah dengan mengurangi permintaan HTTP. Cobalah minimalisir permintaan HTTP untuk berbagai halaman seperti gambar, CSS dan skrip.

Mengurangi Ukuran File untuk Website

optimasi seo website

Mengurangi ukuran file atau minify file disini berarti kamu harus mengkompres file yang ada seperti HTML, JS atau CSS. Lakukanlah bagian ini dengan baik karena akan mempengaruhi kecepatan webistemu.

Mengoptimasi User Experience Website

Apakah user experience memberi pengaruh bagi website bisnis ? Ya tentu saja. Inilah mengapa kamu perlu melakukan dan memastikan optimasi webmu memberikan user experience yang baik bagi setiap pengunjung.

Bagaimana cara mengoptimasi user experience website ? Optimasi ini mudah dilakukan dengan memahami apa saja yang dibutuhkan pengunjung saat mereka mampir ke laman webmu. Salah satu caranya ialah dengan membuat konten aratu artikel yang bermanfaat.

Pengguna internet yang berkunjung ke laman webmu pastilah mereka sedang emncari informasi atau produk. Dan jika websitemu mampu memberi apa yang diinginkan oleh pengunjung, maka mereka akan mendapatkan manfaat dari konten yang dibaca.

Inilah yang membuat user experience baik karena mereka memperoleh apa yang mereka cari dari konten yang kamu muat. Pengunjung merasa senang mengunjungi situs websitemu karena mereka menemukan konten berkualitas yang bermanfaat.

Demikianlah beberapa teknik optimasi SEO website yang bisa dilakukan untuk menaikkan peringkat website. Coba optimalkan websitemu menggunakan cara yang tepat seperti yang sudah dijelaskan pada uraian di atas agar mendapat ranking terbaik. Selain itu, bisa juga menggunakan jasa SEO yang berkualitas. Semoga informasi ini bermanfaat !