June 18, 2021
bio-bursa-4

Beberapa Pilihan Investasi Pasar Modal

Seperti udah kuceritakan di konten awal kalinya, lantaran sedih dengan hasil investasi di unit link yang tak optimal serta baca-baca rekomendasi perihal dunia investasi. Jadilah saya terbujuk buat main reksadana. Sebelumnya mulai cari tahu bagaimana buka tabungan reksadana.

Tetapi tidak hingga sampai terselenggarakan lantaran kebingungan harus membuka di mana? Arti bank kustodian, nilai aktiva bersih, dan seterusnya membuatku kebingungan harus membuka rekening di mana. Mana dana sekedar seiprit. Malas sekali amat petugas bank pengen mengurusin. Hehe

Untungnya saat ini saya mempunyai rekanan yang ‘pakar’ dalam dunia pasar modal serta bekerja di Danareksa Sekuritas. Tiada pikirkan panjang langsung membuka rekening dari sana. Rupanya buka rekening buat mulai investasi di pasar modal itu GRATIS!

Senangnya kembali, lantaran kantor Danareksa ini bertempat di universitas, menjadi petugasnya biasa hadapi nasabah ‘kere’ seperti saya. Haha. Koleksi buku-buku sekitar pasar modalnya pula cukupan . Sehingga landasan-landasan investasi di pasar modal dapat saya studi secara lengkap di sini.

Berikut beberapa pilihan investasi di pasar modal adalah sebagai berikut.

1. Obligasi

Menurut Wikipedia, obligasi merupakan satu pengakuan hutang dari penerbit obligasi terhadap pemegang obligasi bersama-sama janji buat bayar kembali primer hutang bersama-sama coupon bunganya kedepannya pada waktu tanggal jatuh termin pembayaran. Pada perubahannya, obligasi berkembang jadi 3 type:

a. ORI (Obligasi Pengecer Indonesia). Adalah obligasi yang diedarkan pemerintahan yang diperjualkan ke orang umum dengan bunga terdapat sifat fixed rate.

b. SBR (Savings Bond Pengecer). Adalah peningkatan dari ORI, di mana bunganya bisa bertambah kalau suku bunga dari LPS naik, karenanya bunga SBR pula naik.

c. Sukuk. Obligasi menurut dasar Syariah. Kalaupun obligasi berbentuk pengakuan hutang, sedang sukuk merupakan bukti pemilikan. Pada sukuk tak kenal bunga tapi buat hasil. Susunan yang mengontrol didalamnya harus terhindar dari yang riba serta haram.

2. Saham

Saham merupakan surat memiliki nilai jadi bukti pemilikan personal atau instansi pada sebuah perusahaan. Keuntungan main saham merupakan pada perselisihan harga membeli serta nilai jual. Fluktuasi harga saham ini tidak dikarenakan bagian gambling loh (maka tidak usah dipersamakan main saham dengan taruhan). Akan tetapi ada efek prinsipil serta teknikal yang mempunyai pengaruh pada turun naiknya harga saham. Kalaupun memanglah pengen main saham. Yok, studi dahulu terkait analisa prinsipil serta analisa tehnikal. Jangan pernah membeli saham dengan dasar untung-untungan. Lantaran ini bukanlah judi, semuanya mesti ada penilaian masak. ^_^

Seterusnya perihal saham baiknya dikupas di konten terpisah. Masalahnya satu analisa saja njelimet buat yang baru belajar sepertiku ini, hihi. Akan tetapi seperti tagline Bung Iyan di www.terusbelejarsaham.blogspot.com (entahlah mengapa saya tercerahkan sekali sama tulisan-tulisannya), “tak belajar, rugi, belajar, impas, lagi belajar, untung”. Nach saya sich masih babak impas, hihi

3. Reksadana

Nach reksadana ini ada 4 jenis.
a. Reksadana pasar uang
b. Reksadana penghasilan tetap
c. Reksadana saham
d. Reksadana gabungan

Rupanya yang sampai kini saya tahu perihal reksadana itu sekedar sedikit dari elemen pasar modal yang ada. Soal yang memilah reksadana dibandingkan ke-3  elemen pasar modal lain merupakan lantaran reksadana disatukan oleh pimpinan investasi yang bikin ‘paket produk’ pasar modal. Ada paket produk reksadana pasar uang buat himpunan investasi di pasar uang. Reksadana penghasilan tetap buat himpunan produk berbentuk obligasi.

Ada paket produk reksadana saham buat himpunan portofolio saham yang diinvestasikan. Serta produk reksadana gabungan yang setimbang elemen saham serta obligasinya. Masing-masing produk punyai dampak serta imbal balik investasi yang sesuai sama yang terjadi di pasar modal. Untuk yang baru memulai memanglah baiknya menunjuk reksadana dahulu. Agar perkenalkan dulu sama produk investasi di pasar modal.