September 24, 2021

Pengertian dan Manfaat Internal Link Pada Website

Para blogger atau orang yang mengelola suatu website pasti sudah familiar dengan istilah internal link. Namun, tidak semua orang akan memahami apa saja manfaat internal link pada blog yang digunakannya. Meskipun cara ini telah lama digunakan, efektivitasnya sudah tidak diragukan lagi untuk meningkatkan kualitas website.

Apa Itu Internal Link?

Banyak orang yang membahas tentang backlink dan kegunaannya. Arti dari internal link adalah suatu halaman yang nantinya digunakan untuk menuju ke halaman lain di sebuah blog yang berkaitan. Sering juga disebut sebagai artikel yang dapat menelusuri ke link atau artikel lain di blog tersebut. Para pemilik website sering menggunakan cara ini untuk mengurangi bounce rate.

Selain internal link, bounce rate memiliki arti penting bagi suatu website agar Google terbukti menilai website kamu dengan baik. Jika hal tersebut mengalami kenaikan, hal tersebut mengartikan pengunjung tidak betah berlama-lama di website pemilik. Waktu membaca pengunjung menjadi kunci utama untuk mengurangi tingkat bounce rate.

6 Manfaat Internal Link

Setelah mengenal apa itu internal link, berikut ini merupakan beberapa manfaat internal link yang perlu diketahui pemilik website. Khususnya, digunakan untuk meningkatkan views page dan juga rate dari website itu sendiri. Untuk melakukan internal link, Anda juga bisa menggunakan jasa artikel SEO terpercaya.

1.   Bermanfaat Untuk Crawling Situs

Ketika suatu website telah jadi dibuat dan memiliki beberapa jumlah postingan artikel, Google akan melakukan pengindeksan pada halaman tersebut. Bot selalu siap untuk mengunjungi situs yang ada secara berkala untuk melakukan crawl konten di setiap situs. Aktivitas ini dilakukan Google untuk memberikan ranking pada konten yang relatif atau memiliki kesamaan.

2.   Kesempatan Untuk Mendapatkan Backlink

Selain internal link, backlink juga sangat berguna bagi suatu website. Hal tersebut berguna untuk mengarahkan pengunjung ke bagian halaman home page. Page view juga otomatis akan semakin meningkat.

3.   Membuat Halaman Lain Lebih Kuat

Halaman yang ada di suatu website akan memiliki poin atau kegunaannya tersendiri. Manfaat internal link adalah memudahkan situs untuk memberi tanda pada Google, bahwa halaman tersebut yang lebih penting. Untuk itu, internal link sangat berguna bagi website Anda.

4.   Pengunjung Menjadi Lebih Ramai

Setelah melakukan internal link atau mengarahkan pengunjung ke halaman lain pada website, secara langsung situs akan menjadi lebih ramai kedepannya. Hal itu dikarenakan pengunjung akan tertarik untuk membaca konten yang berguna lainnya. Namun, usahakan jika konten yang disuguhkan selalu lengkap dan menarik.

5.   Meningkatkan Pageview di Website

Setiap pemilik website pasti menginginkan situsnya selalu ramai pengunjung dengan menggunakan cara apapun. Maka dari itu, melakukan aktivitas ini termasuk backlink pada website akan sangat berguna. Pageview website dijamin akan semakin melejit.

6.   Google Index

Ketika halaman pada suatu website semakin banyak dikunjungi, artinya internal link yang digunakan sudah optimal. Manfaat terakhir dari melakukan hal ini adalah memberikan kesempatan pada Google untuk melakukan indeks halaman. Ketika Google berhasil melakukan index, akan berdampak baik terhadap blog pengguna. Salah satunya adalah website atau artikel yang akan lebih sering muncul di hasil pencarian utama.

Aturan dan Jumlah Internal Link

Ketika akan melakukan backlink pada website, terdapat beberapa aturan tertentu agar SEO selalu terjaga dengan baik. Suatu artikel yang dijadikan internal link harus memiliki keterkaitan dengan artikel yang dibahas. Manfaat internal link adalah memberikan kesempatan pengunjung lain untuk memasuki artikel lain pada website. Namun, jumlah maksimal link yang digunakan pada suatu artikel hanya 3 saja.

Jika melebihi dari jumlah yang ditentukan, Google akan menganggap tindakan tersebut sebagai spam. Anchor text yang digunakan juga harus unik, agar pengunjung dapat tegoda untuk melakukan klik ke halaman yang dituju.