July 1, 2022
TEKNIK PENGOLAHAN PANGAN PANAS BASAH

PENJELASAN TEKNIK PENGOLAHAN PANGAN PANAS BASAH

Sebut dan terangkan tehnik pemrosesan pangan panas basah (Moist Heat) ? Pemrosesan bahan pangan sayur memakai tehnik yang serupa dengan pemrosesan bahan pangan buah. Di sini akan dirinci dengan singkat tehnik dasar pemrosesan pangan yang dibagi jadi 2 yakni, tehnik pemrosesan makanan panas basah (moist heat) dan tehnik panas kering (dry heat cooking).

TEKNIK PENGOLAHAN PANGAN PANAS BASAH
https://oriflameid.com/

Tehnik pertama pemrosesan pangan basah sebagai satu pemrosesan bahan makanan dengan memakai material dasar cairan untuk memperdalamnya. Berikut yang terhitung tehnik pemrosesan pangan panas basah.

1. Tehnik Rebus (Boiling)

Tehnik Pemrosesan Pangan Panas Basah (Moist Heat) dan Kering (Dry Heat Cooking)
Satu langkah memproses bahan makanan dalam cairan yang telah mendidih. Cairan yang dipakai salah satunya berbentuk air, kaldu, dan susu.

2. Tehnik Rebus Tutup Bahan Pangan (Poaching)

Langkah mengolah bahan makanan pada bahan cair hanya tutupi bahan makanan yang direbus dengan api yang kecil di bawah (titik didih 92º – 96º C). Bahan makanan yang dipakai umumnya berbentuk bahan pangan yang lunak atau halus dan tidak membutuhkan waktu yang lama dalam mengolahnya seperti buah-buahan, sayur, telur, dan ikan.

3. Tehnik Rebus dengan Sedikit Cairan (Braising)

Tehnik rebus bahan makanan dengan sedikit cairan, (kurang lebih 1/2 berbahan yang hendak direbus) di panci tertutup dengan api dikecilkan secara pelan-pelan. Langkah ini sama untuk menyetup bahan makanan supaya wewangian yang keluar bersatu dengan cairan bahan makanan dan jadi lebih lunak.

4. Tehnik Menyetup/Menggulai (Stewing)

Memproses bahan makanan dengan mengoseng bumbu terlebih dulu, dan diteruskan dengan rebusnya dengan sedikit cairan dengan api sedang. Pemakaian api sedang dan dalam saat yang sedikit lama teknik pengolahan makanan panas basah ditujukan supaya wewangian berbahan masakan keluar dengan prima.

5. Tehnik Mengukus (Steaming)

Tehnik mengolah bahan makanan dengan uap air mendidih. Saat sebelum mengukus bahan makanan alat pengukus yang telah berisi air harus dipanaskan lebih dulu sampai mendidih dan keluarkan uap, baru masukan bahan makanan pada alat pengukus. Dampak dari tehnik ini adalah jadikan makanan lebih lunak dan halus, dan nilai nutrisi bahan makanan sedikit yang lenyap karena tidak bersinggungan langsung sama air.

6. Tehnik Mendidih (Simmering)

Tehnik mengolah bahan makanan dengan sauce atau bahan cair yang lain yang dididihkan dulu, baru api dikecilkan di bawah titik didih dan direbus lama sampai ada gelembung-gelembung kecil pada permukaan atasnya. Tehnik ini umumnya dipakai untuk membikin kaldu yang keluarkan konsentrat dari daging yang direbus.

7. Tehnik Mengetim

Tehnik mengolah bahan makanan dengan memakai 2 buah panci yang lain ukuran di mana salah satunya panci lebih kecil.