September 28, 2022

Perbedaan cloth Galvalum dan Galvanis, Mana yang Lebih Awet?

Perbedaan cloth Galvalum dan Galvanis, Mana yang Lebih Awet?

Distributor besi beton – Perbedaan galvalum dan galvanis menjadi salah satu hal yang sedikit membingungkan terlebih bagi yang tidak mengetahui kedua material ini dan juga mengingat keduanya memiliki kelebihan serta kekurangannya sendiri. Dalam dunia konstruksi, penggunaan fabric berlapiskan galvalum maupun galvanis memang cukup umum dan populer, tapi apakah Anda sudah memahami kedua fabric ini secara mendalam? 

 

Fabric berlapis galvanis maupun galvalum memiliki perbedaan yang salah satunya adalah dari segi fabric lapisannya. Agar Anda tidak bingung ketika hendak memilih antara kedua material tersebut, simak artikel berikut ini yang akan menjelaskan tentang perbedaan galvalum dan galvanis yang perlu diketahui.

 

Galvalum

Galvalum atau yang bisa disebut sebagai zincalume adalah baja yang telah melalui proses pelapisan, untuk lapisannya tersusun dari kandungan aluminium 55%, seng (Zinc) 45% dan dan sisanya adalah silikon 1,5%. Karena dari susunan fabric itulah  yang menjadikan galvalum sebagai salah satu fabric yang dinilai sebagai anti karat (anti proses korosi). Masing-masing dari komposisi galvalum memiliki fungsi sendiri seperti ; Aluminium  berfungsi  secara alami dapat menahan proses korosi ; lapisan Seng berguna menghalangi kelembaban pada material, jadi lapisan ini dapat menghambat proses korosi dan yang terakhir Silikon, yaitu berfungsi meningkatkan rekat pada lapisan serta menjaga agar fabric galvalum tidak patah ketika digulung maupun ditekuk. Karena kandungan inilah kekuatannya dari material galvalum tidak perlu diragukan lagi. 

 

Galvanis

Lalu bagaimana dengan galvanis? Galvanis sendiri adalah material yang berlapiskan zinc atau seng dengan komposisi 98%, dan untuk sisa 2% adalah aluminium, namun pada beberapa sumber menjelaskan bahwa lapisan galvanis terdiri dari 97% seng, 1% aluminium dan sisanya adalah bahan lain. Biasanya fabric yang dilapisi oleh lapisan ini adalah besi. Tujuan dari pelapisan galvanis adalah agar cloth besi tidak mudah berkarat, hal ini juga tidak luput dari peranan zinc yang sangat penting karena dapat menahan proses korosi (karat).

 

Proses dari pelapisan galvanis atau yang disebut juga sebagai galvanisasi ini harus melalui berbagai tahapan, mulai caustic cleansing, lalu rinsing, kemudian pickling, rinsing kembali, baru akhirnya melewati proses flux solution.

 

 

Perbedaan Galvalum dan Galvanis 

Galvanis maupun galvalum memiliki perbedaan yang terlihat dari segi proses dan metode pelapisannya. Untuk galvalum memiliki kandungan aluminium serta zing yang dapat menahan proses korosi, sedangkan galvanis lapisan yang berfungsi sebagai penahan proses korosi adalah zinc saja, hal ini tentu mempengaruhi pada kekuatan cloth tersebut, bahkan di lingkungan sekitar pantai material galvalum tetap kuat dalam menahan korosi, hal ini berbeda dengan fabric galvanis yang tidak tahan terhadap lingkungan dengan kandungan garam yang tinggi. 

 

Tetapi yang galvalum juga memiliki kelemahan yakni tidak tahan terhadap semen, sebaliknya galvanis justru tidak memiliki kendala apabila dipadukan dengan material mortar (adukan semen) 

 

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari galvalum serta galvanis :

 

Kelebihan :

– Dapat menahan proses korosi terhadap air dengan kandungan garam yang tinggi (lingkungan pesisir pantai) 

– Kandungan aluminium yang tinggi sehingga lebih awet dan tahan lama 

– four kali lipat lebih tahan proses korosi dibandingan galvanis.   

– Dapat menahan proses korosi terhadap material adukan semen (mortar) 

– Apabila dilapisi dengan cat dapat bertahan hingga ±50 tahun

 

Kekurangan :

– Tidak tahan korosif terhadap mortar / adukan semen.

– Tidak dapat menahan proses korosi di lingkungan dengan kandungan air garam yang tinggi. 

 

Nah, itulah ulasan perbedaan dari fabric galvalum dan galvanis yang perlu Anda ketahui. Baik galvalum dan galvanis keduanya memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing, apabila Anda berencana menggunakan diantara kedua material tersebut ada jangan lupa untuk memilih cloth yang paling cocok bagi konstruksi Anda. 

 

Jika Anda membutuhkan material galvanis maupun galvalum, Distributor besi beton surabaya adalah jawaban yang tepat untuk anda. Kami menyediakan material besi dan baja untuk konstruksi Anda dengan harga terbaik dan tentu berkualitas. Segera hubungi advertising and marketing kami untuk mendapatkan penawaran dengan harga terbaik