July 1, 2022
Perbedaan Saham dengan Crypto

Perbedaan Saham dengan Crypto

Investasi adalah salah satu kegiatan yang benar – benar dipermudah kian berkembangnya teknologi. Hal tersebut ditandai dengan kehadiran berbagai bursa atau platform investasi yang kian mempermudah kegiatan berinvestasi. Salah satu platform terkenal untuk berinvestasi adalah Crypto Investment platform. Dimana, platform tersebut sangat aman dan unggul dalam berinvestasi. Namun, sebelumnya terdapat dua jenis instrmen yang wajib kamu pahami perbedaannya yaitu saham dan crypto.

Apa itu Crypto?

Crypto atau cryptocurrency adalah mata uang digital yang digunakan untuk berinteraksi terutama dalam melakukan pembelian secara digital. Crypto juga digunakan sebagai alat investasi sebab nilainya yang membawa keuntungan.

Apa itu Saham?

Saham adalah suatu lembaran atau bukti kepenunjukkan bahwa sang pemilik saham memiliki sebagian dari suatu perusahaan. Saham ditandai dengan berapa lot yang dimiliknya, dimana 1 lot terdiri atas 100 lembar saham. Saham memberikan keuntungan pula yaitu nilainya yang bisa diperjual belikan dan deviden.

Perbadaan Saham dengan Crypto

Sesuai dengan pengertian sebelumnya, terdapat beberapa perbedaan antara saham dan crypto. Adapun perbedaan saham dan crypto tersebut adalah sebagai berikut:

  • Cara Penggunaan Crypto dan Saham

Perbedaan pertama terletak pada cara penggunaan crypto dan saham. Crypto seperti pada pengertiannya digunakan untuk bertransaksi atau melakukan jual beli, sedangkan saham adalah bukti kepemilikan dari suatu perusahaan.

  • Keuntungan Crypto hanya Nilai sedangkan Saham ada Dividen

Dari segi keuntungan jelas saja kedua instrument ini berbeda. Crypto menekankan pada keuntungan dari hasil penjualan, sedangkan saham memiliki dua jenis keuntungan yaitu keuntungan pada hasil penjualan dan juga dividen dari perusahaan yang dibagikan sesuai periode yang bersangkutan.

  • Cara Investasi Crypto dan Saham Cukup Berbeda

Segi investasi juga berbeda bagi keduanya, dimana crypto memiliki cara investasi teknikal sedangkan saham memiliki cara investasi fundamental dan teknikal menggunakan Bitcoin investment platform. Hal ini jelas menunjukkan bahwa crypto bergantung pada keuntungan nilai, sedangkan saham bisa didasarkan pada keuntungan kepemilikan.

Dari perbedaan – perbedaan yang telah dijabarkan di atas tentu saja anda semakin memahami perbedaan dari keduanya. Jadi, instrument mana yang akan anda pilih untuk berinvestasi? ^^